ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Bolehkah Melakukan Pemeriksaan Payudara saat Sedang Menstruasi?

Bolehkah Melakukan Pemeriksaan Payudara saat Sedang Menstruasi?

20 Nov 2023

Bolehkah Melakukan Pemeriksaan Payudara saat Sedang Menstruasi?

Meskipun begitu, bukan berarti kamu bisa mengabaikannya begitu saja, ya! Segera setelah kamu mendeteksi adanya perubahan atau munculnya rasa sakit, kamu tetap disarankan segera melakukan konsultasi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dokter yang selanjutnya akan melakukan berbagai pemeriksaan mendetail untuk mengetahui masalah sebenarnya, serta melakukan pengobatan yang tepat sesuai hasil pemeriksaan.

Baca Juga: Ukuran Payudara Tidak Sama, Apakah Ini Hal yang Normal?

Waktu Tepat Melakukan SADARI

SADARI disarankan dilakukan secara rutin selama satu bulan sekali. Namun, kapan ya waktu pasti yang paling tepat untuk melakukannya? Apakah boleh melakukannya kapan saja termasuk saat menstruasi?

Pada perempuan yang telah menopause, SADARI sebaiknya dilakukan pada tanggal yang sama setiap bulannya. Jadi, sebaiknya pilihlah satu tanggal yang paling mudah diingat. Sementara, untuk perempuan yang menggunakan kontrasepsi oral, maka SADARI disarankan dilakukan setiap memulai paket pil baru.

Untuk  perempuan yang masih mengalami menstruasi, SADARI bisa dilakukan beberapa hari hingga satu minggu setelah menstruasi berakhir. Jangan pernah melakukan SADARI menjelang tanggal menstruasi atau saat menstruasi berlangsung. Alasannya, karena pada masa tersebut terjadi perubahan hormon dalam tubuh, sehingga payudara seperti membengkak atau menggumpal. Jadi, hasil pemeriksaan ini tidak akan akurat.

Begitu pula jika kamu berencana untuk melakukan pemeriksaan payudara di lembaga kesehatan, seperti rumah sakit maupun laboratorium. Hindari pemeriksaan pada masa tersebut karena perubahan hormon yang terjadi akan membuat hasilnya menjadi tidak akurat. Jadi, disarankan kamu sudah mengetahui cara menghitung siklus haid sebelum melakukan pemeriksaan, sehingga tidak salah dalam memilih waktu.

Jika saat ini kamu sedang memasuki masa menjelang menstruasi, maka kamu bisa coba mencari informasi lebih lanjut mengenai SADARI terlebih dahulu. Selain itu, jangan lupa mempersiapkan diri dengan pembalut yang tepat untuk kamu gunakan selama menstruasi, yaitu Laurier Relax Night.

Laurier Relax Night merupakan pembalut yang dilengkapi dengan Fiber Dry Tech, sehingga dapat menyerap cairan lebih banyak dan lebih cepat. Selain itu, Laurier Relax Night dilengkapi juga dengan inti penyerap instan yang dapat menyerap cairan dan gumpalan dengan maksimal serta memiliki pelindung belakang yang lebar dengan struktur bebas celah, cegah bocor pada posisi tidur apapun.

Varian Gathers pada Laurier Relax Night dilengkapi juga dengan extra pelindung samping 3D, melindungi bocor samping dan pas menempel di tubuh sehingga membuatmu bebas bocor 10 jam apapun posisi tidurmu.               .

Setelah menstruasi berakhir, saatnya kamu untuk mulai melakukan SADARI. Memang SADARI tidak bisa secara langsung mendeteksi kanker payudara. Namun, dengan mendeteksi adanya masalah sejak awal, kamu bisa segera memeriksakan diri ketika menemukan masalah sehingga penanganan yang tepat bisa dilakukan.

Related Articles

Healthy Body
09 Jan 2020

3 Pemicu Cairan Vaginamu Mengental

Girls, kamu tau nggak? Sebenarnya setiap hari cairan vagina yang kamu hasilkan, fungsinya adalah seb...
Healthy Body
17 Jun 2019

Kabar Tentang Ukuran Payudara

Payudara mulai bertumbuh beberapa saat sebelum seorang cewek mengalami menstruasi, di periode puber,...
Healthy Body
25 Oct 2019

7 Cara Jaga Kesehatan Si “Miss V”

Selama ini, kamu rajin menjaga kebersihan dan kesehatan vaginamu nggak, Girls? Ternyata menjaga kese...