ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Berat Badan Naik Menjelang Menstruasi, Normal atau Tidak ya?

Berat Badan Naik Menjelang Menstruasi, Normal atau Tidak ya?

16 May 2023

Berat Badan Naik Menjelang Menstruasi, Normal atau Tidak ya?

Girls, tahu gak sih kalau ternyata berat badan yang naik bukan selalu karena banyak makan atau kurang olahraga saja, tetapi bisa juga terjadi saat menjelang menstruasi? Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kondisi ini hanya bersifat sementara dan berat badan akan normal kembali saat menstruasi datang.

Ada beberapa hal yang menyebabkan kenaikan berat badan terjadi menjelang menstruasi, di antaranya:

Perubahan Hormon

Menjelang menstruasi, terjadi perubahan hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh yang menyebabkan berat badan meningkat. Adanya perubahan hormon ini menyebabkan terjadinya retensi air, yaitu kondisi di mana tubuh mengalami kelebihan cairan.

Baca Juga: Apa Itu Terapi Hormon?

Kondisi ini terjadi karena hormon estrogen dan progesteron juga berperan untuk mengontrol air dalam tubuh. Ketika kedua hormon ini berfluktuasi, maka sel tubuh akan mengakumulasi air dalam jumlah lebih banyak. Salah satu gejala terjadinya retensi air yaitu adanya bagian tubuh yang membengkak karena akumulasi air, seperti bagian tangan, kaki, dan lainnya.

Meningkatnya Nafsu Makan

Meningkatnya hormon progesteron juga menyebabkan nafsu makan meningkat menjelang menstruasi, karena hormon progesteron berkaitan dengan nafsu makan. Sementara menurunnya hormon estrogen berdampak pada rendahnya serotonin dalam tubuh, yaitu neurotransmitter yang bertugas mengontrol moods dan mengurangi nafsu makan.

Sayangnya, bukan keinginan untuk mengonsumsi makanan sehat yang muncul, melainkan rasa ingin mengonsumsi makanan manis seperti kue. Penyebabnya, serotonin dalam tubuh rendah dan  makanan tinggi karbohidrat seperti makanan manis dapat membantu tubuh memproduksi serotonin.

Selain makanan manis, keinginan untuk mengonsumsi makanan asin seperti keripik atau pizza juga meningkat. Padahal, mengonsumsi makanan asin akan semakin meningkatkan risiko terjadinya retensi air sehingga berat badan juga meningkat.

Baca Juga: Nafsu Makan Berubah Menjelang dan Saat Menstruasi, Ini Penjelasannya!

Related Articles

Healthy Body
02 Sep 2020

Cat Rambut Pubis, Memang Boleh?

Kamu pernah punya ide ekstrem untuk mewarnai rambut pubis di area vaginamu nggak, Girls? Walaupun mu...
Healthy Body
14 Jun 2019

3 Unsur Pemicu Endometriosis

Endometriosis adalah gangguan kronis yang dialami perempuan pada organ reproduksi. Kondisi tersebut ...
Healthy Body
05 Nov 2019

A-Z Tentang Kanker Payudara

Hal yang paling menakutkan tentang payudara adalah kalau berhubungan dengan kanker. Betul kan, Girls...