Benar Nggak sih, Air Dingin Bisa Menyebabkan Kanker Rahim?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Benar Nggak sih, Air Dingin Bisa Menyebabkan Kanker Rahim?

Benar Nggak sih, Air Dingin Bisa Menyebabkan Kanker Rahim?

08 Jan 2020

Benar Nggak sih, Air Dingin Bisa Menyebabkan Kanker Rahim?

Kamu tau nggak, Girls, saat ini kepedulian perempuan Indonesia terhadap kesehatan reproduksi, terlebih kanker arahim, meningkat. Kamu nggak usah heran, hal ini disebabkan karena mengingat jenis kanker tersebut yang menyebabkan kematian perempuan tertinggi di dunia, dan menurut laporan WHO, setiap tahunnya terdeteksi 40.000 perempuan Indonesia yang ditemukan mengidap kanker rahim lho, Girls. Tapi, sayangnya pengetahuan tentang penyebab kanker rahim ini masih rendah. Ada beberapa perempuan yang masih terprovokasi kabar yang nggak benar mengenai penyebab kanker jenis ini.

Nah, tapi baru-baru ini mulai tersebar berita kalau seorang perempuan sering mengonsumsi air dingin saat menstruasi, dapat menyebabkan kanker rahim. Hmm…benar nggak ya? Dasar dari pemikiran berita itu pasti karena, ketika air dingin yang diminum sampai ke rongga perut, maka darah menstruasi akan membeku, sehingga sulit keluar dan mengendap. Kabar endapan inilah yang menyebabkan kanker rahim. Kalau penjelasannya yang mendetail seperti itu, pastinya bikin kamu panik kan, Girls?

Sebenarnya ada hal yang perlu dicermati dari penjelasan di atas, yaitu kalau berita tersebut menyatukan dua sistem tubuh yang berbeda, Girls. Sistem reproduksi yang berhubungan dengan menstruasi, dan sistem pencernaan yang berhubungan dengan proses penyerapan asupan untuk tubuhmu.

Kedua proses tersebut terpisah dan nggak saling memengaruhi secara langsung. Sedangkan setelah memasuki saluran pencernaan, paling awal adalah mulut, maka suhu asupan (baik makanan ataupun minuman) akan segera mengalami penyesuaian berdasarkan suhu tubuh. Jadi secara medis nggak benar kalau proses pembekuan darah menstruasi dapat terjadi hanya karena suhu air dingin yang kamu minum ya, Girls.

Sekarang udah paham kan, Girls? Sebenarnya hal yang perlu kamu ingat adalah selalu peka tentang kesehatan reproduksi yang sangat penting bagi perempuan. Tapi, jangan lupa juga untuk mencari fakta yang sebenarnya dari berita yang beredar ya, Girls. Hal ini bisa bikin kamu jadi nggak panik lagi, dan informasi yang benar bisa kamu sebarkan ke teman-temanmu atau kerabat, yang pastinya mereka akan berterimakasih atas infomu, Girls.

Yuk, ajak teman-teman kamu baca artikel ini, Girls! Supaya mereka juga bisa mengetahui fakta dari air dingin yang bisa menyebabkan kanker rahim.

Related Articles

Healthy Body
11 Oct 2019

Herpes Kelamin, Si “Penyakit yang Nggak Mau Pamit”

Girls, kamu sebelumnya pernah dengar penyakit herpes kelamin nggak sih? Herpes kelamin itu merupakan...
Healthy Body
05 Nov 2019

Tips Biar Miss V Bebas Gatal!

Selain PMS, perempuan sering mengeluhkan miss v gatal saat menstruasi. Kamu pernah mengalaminya ngga...
Healthy Body
12 Dec 2019

Melawan Insomnia

Kamu sering begadang buat mengerjakan tugas? Kamu harus tau nih, setiap remaja, baik cewek ataupun c...