ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Beginilah Ciri-Ciri Vagina yang Sehat. Cari Tahu, yuk!

Beginilah Ciri-Ciri Vagina yang Sehat. Cari Tahu, yuk!

04 Aug 2022

Beginilah Ciri-Ciri Vagina yang Sehat. Cari Tahu, yuk!

Ciri-ciri vagina yang sehat

Lalu, bagaimana cara mengetahui apakah vagina kamu sehat atau tidak? Sederhananya, berikut adalah tanda atau ciri-ciri vagina sehat :

  • Keputihan yang normal

Mengalami keputihan tidak selalu berarti buruk. Sebab, cairan atau lendir yang diproduksi oleh kelenjar di vagina dan leher rahim ini punya fungsi untuk menjaga kebersihan dan kelembapan vagina sekaligus melindunginya dari infeksi.

Nah, vagina sehat itu pasti memiliki keputihan yang normal. Dilansir dari situs Health Shots, keputihan yang normal biasanya jernih atau seperti susu, memiliki bau samar yang tidak busuk ataupun wangi, serta tidak menimbulkan rasa gatal. Selain itu, apabila terjadi perubahan warna pada keputihan, seperti menjadi kuning, hijau kekuningan, ataupun hijau, kamu perlu periksa ke dokter. Soalnya, ini adalah tanda infeksi jamur atau bakteri vagina.

  • Memiliki aroma yang khas

Semua vagina memiliki aroma. Meski tidak semua perempuan bisa mengenali baunya, setiap vagina yang sehat punya aroma tertentu dari satu waktu ke waktu. Aroma ini juga akan berbeda antara satu perempuan dengan perempuan lainnya.

Pada umumnya, aroma khas vagina itu bisa seperti wangi fermentasi atau aroma asam dengan tingkat yang beragam. Selama vagina kamu tidak mengeluarkan aroma tidak wajar, seperti bau busuk, tandanya vagina kamu berada dalam kondisi yang sehat. Namun jika ada bau tak sedap itu, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke obgyn.

  • Tidak gatal

Kesehatan vagina yang terjaga tidak akan membuat kamu merasakan gatal sedikit pun pada area kewanitaanmu. Rasa gatal di vagina itu umumnya berasal dari infeksi, menopause, zat yang mengiritasi, kelainan kulit tertentu, atau penyakit menular seksual.
Sering kali, rasa gatal pada vagina yang tidak sehat juga menimbulkan sensasi terbakar dengan kemerahan pada kulit dan pembengkakan di area dalam vagina.

  • Tidak sakit saat berhubungan seksual

Vagina sehat juga memiliki ciri tidak menyakitkan saat kamu melakukan aktivitas seksual. Soalnya, vagina yang baik dan normal mampu menghasilkan pelumas alami dan beradaptasi saat berhubungan seksual.

Related Articles

Healthy Body
12 Jan 2024

Pingsan saat Menstruasi, Apakah Berbahaya?

Menstruasi adalah hal normal yang pasti dialami oleh setiap perempuan. Pada saat menstruasi datang, ...
Healthy Body
14 Jun 2019

Tips Supaya Nggak Males Bangun Pagi!

“Kukuruyuuuk!!!” Wuaaah, males banget pagi-pagi udah dengar bunyi alarm si jago! Buru-bu...
Healthy Body
09 Oct 2020

Apakah Aku Mengalami Body Blues?

Gejala body blues sebenarnya agak mirip dengan PMS. Makanya, beberapa cewek nggak langsung menyadari...