ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Beginilah Ciri-Ciri Vagina yang Sehat. Cari Tahu, yuk!

Beginilah Ciri-Ciri Vagina yang Sehat. Cari Tahu, yuk!

04 Aug 2022

Beginilah Ciri-Ciri Vagina yang Sehat. Cari Tahu, yuk!

Menjaga kesehatan vagina itu penting dilakukan oleh setiap perempuan. Sebab, alat reproduksi yang baik dan normal akan menghindarkan kamu dari masalah kesuburan, masalah keinginan untuk berhubungan seksual, kemampuan untuk mencapai orgasme, stres, persoalan hubungan, sampai masalah kepercayaan diri. Untuk itu, yuk cari tahu informasi seputar vagina sehat dalam artikel ini!

Faktor-faktor yang memengaruhi kesehatan vagina

Tahukah kamu kalau vagina yang sehat itu bukan sekadar bersih dan tidak berpenyakit? Yap, kesehatan vagina seorang perempuan juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lain, seperti:

  • Aktivitas seksual. Menurut laman Mayo Clinic, aktivitas seksual dapat menjadi medium infeksi seksual menular pada vagina, apabila dilakukan tanpa pengaman. Selain itu, berhubungan seksual secara paksa ataupun yang membuat area panggul cedera dapat pula menyebabkan trauma pada vagina. Pada akhirnya, vagina bisa luka atau menjadi tidak sehat.
  • Masalah psikologis. Kesehatan vagina seorang perempuan juga dapat terimbas oleh masalah psikologisnya. Sebab, kecemasan dan depresi – termasuk trauma seksual lainnya – dapat menurunkan gairah, yang kelak dapat membuat aktivitas seksual menjadi tidak nyaman dan vagina mengalami trauma.
  • Alat kontrasepsi dan produk kebersihan wanita. Faktor terakhir yang memengaruhi kesehatan vagina adalah penggunaan alat kontrasepsi dan produk kesehatan wanita. Sebab, kondom, spermisida dan semacamnya, semprotan vagina, ataupun deodoran vagina dapat menyebabkan atau malah memperparah iritasi pada vagina.

Related Articles

Healthy Body
26 Jun 2023

Fibroid Rahim, Seberapa Bahayakah Kondisi Ini?

Fibroid rahim atau yang lebih dikenal dengan nama miom adalah salah satu bentuk gangguan pada organ ...
Healthy Body
19 May 2022

Benarkah Polimenorea Bisa Sebabkan Susah Hamil?

Menurut National Institutes of Health (NIH) siklus menstruasi normal seorang wanita adalah 21-35 har...
Healthy Body
09 Jan 2020

Hal yang Akan Dialami Tubuhmu Setelah Ovulasi

Girls, kamu tau nggak? Sebenarnya setelah tubuh kamu berovulasi, indung telur melepaskan sel telur m...