Menstruasi Bikin Badan Jadi Bau?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Menstruasi Bikin Badan Jadi Bau?

Menstruasi Bikin Badan Jadi Bau?

16 Jul 2021

Menstruasi Bikin Badan Jadi Bau?

Hai, girls! Bau badan yang kurang enak memang jadi salah satu hal yang paling gengges ya. Tapi, kamu tahu gak sih kalau bau badan atau ketiak pada wanita disebabkan oleh banyak hal? Biar makin tahu, cek informasi penyebab bau badan di bawah ini ya. 

 

Penyebab Bau Badan 

  1. Tubuh Terlalu Gemuk
    Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, termasuk berat badan. Orang dengan berat badan berlebih memiliki risiko untuk mengalami bau badan yang lebih besar karena tumpukan keringat di bagian lipatan tubuh sehingga memicu kelembaban dan munculnya bakteri untuk berkembang biak.
     

  2. Infeksi Kulit
    Permukaan kulit yang infeksi ternyata dapat membuat bau badan. Hal ini terjadi karena infeksi dapat memicu keringat mengandung urea berlebih yang membuat badan menjadi bau.
     

  3. Diet
    Siapa nih di sini yang suka diet? Usahakan kamu melakukan diet sehat dan mengkonsumsi makanan dengan zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Diet berlebihan terutama sampai kekurangan zat gizi zinc dan magnesium dapat meningkatkan risiko bau badan karena zat gizi tersebut dapat meminimalisir bau badan.
     

  4. Makanan dengan Aroma Kuat
    Ada beberapa makanan yang dengan aroma kuat yang dapat meningkatkan risiko bau badan seperti bawang, daging kambing, keju, dan kafein yang dikonsumsi secara berlebihan.
     

  5. Jorok
    Orang yang malas membersihkan tubuh dan jarang mengganti pakaian dapat meningkatkan risiko bau badan. Kalau kamu jarang mandi, tubuh akan menjadi lebih lembap dan dapat menjadi tempat perkembangbiakan bakteri. Bakteri-bakteri itulah yang membuat badan menjadi bau. Apalagi kalau kamu malas mengganti pakaian, bakteri akan menempel di baju dan menghasilkan bau menyengat.
     

  6. Metabolisme yang Terganggu
    Orang dengan penyakit seperti diabetes, leukemia, dan hipertiroidisme, memiliki risiko untuk mengalami bau badan karena terganggunya metabolisme dalam tubuh. Selain itu, bau badan yang dialami juga jauh lebih menyengat dibanding orang yang sehat.
     

  7. Menstruasi
    Siapa yang sangka ternyata menstruasi bisa mempengaruhi bau badan/ketiak wanita lho. Dikatakan bahwa saat memasuki masa menstruasi, bau badan dan ketiak wanita jadi lebih menyengat dan kuat, serta memiliki intensitas atau jangka waktu yang lama. Dari penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Ethanology, bau yang dihasilkan oleh wanita dalam fase folikuler hari pertama menstruasi menjadi lebih intens dan khas. 
     

Hubungan Menstruasi dan Bau Badan

Pada saat wanita menstruasi, terjadi perubahan hormon di dalam tubuhnya. Perubahan hormon inilah yang membuat tubuh wanita mengalami beberapa gejala seperti nyeri pada perut, perubahan mood, nafsu makan yang meningkat, rasa gatal pada kulit, dan bau badan. Efek menstruasi terhadap bau badan ini terjadi secara alami. Jadi tidak perlu khawatir pada yang satu ini ya. 

 

Menghilangkan Bau Badan Saat Menstruasi

  1. Gunakan Parfum 
    Ada beberapa cara menghilangkan bau badan yang bisa kamu lakukan saat menstruasi lho. Saat menstruasi, wanita mengalami perubahan mood yang drastis, beberapa diantaranya menjadi bad mood. Agar gak bad mood mengatasi bau badan saat menstruasi, kamu bisa menggunakan parfum kesukaan kamu. Parfum yang disarankan adalah parfum dengan aroma segar atau buah-buahan agar lebih fresh dan segar.

  2. Cara Herbal: Meminum Jamu 
    Selain itu, ada bahan alami untuk mencegah bau badan lho, yaitu rempah. Kamu dapat meminum jamu seperti jamu beras kencur, jamu mentimun, kunyit asam, brotowali, dan daun sirih. Daun sirih digunakan untuk menghilangkan bau badan yang menyengat karena kandungan fenol dan flavonoid yang bersifat anti-bakteri. Kamu bisa meminum daun sirih sebagai jamu atau menggunakan air rebusannya untuk mandi.

  3. Menjaga Kebersihan Tubuh
    Menjaga kebersihan tubuh juga diperlukan untuk menghilangkan bau badan. Kamu bisa mandi dengan teratur 2 kali sehari, menggunakan sabun anti-bakterial, menggunakan deodoran setelah mandi, dan mengganti pakaian bersih dan berbahan sejuk.

  4. Hindari Makanan Beraroma Tajam
    Dikarenakan bau badan saat menstruasi biasanya lebih intens dan tajam, sebaiknya hindari makanan yang beraroma kuat dan perbanyak minum air putih 2-3 liter setiap harinya.

  5. Kelola Stress
    Ternyata dalam situasi grogi dan kondisi pikiran yang stres, tubuh kamu dapat menjadi lebih bau. Ketika tubuh dalam kondisi stres dan grogi, sistem saraf simpatik tubuh bereaksi dan aktif. Sebagai contoh, kondisi stres memicu detak jantung berdetak lebih kencang dari biasanya dan membuat produksi keringat berlebih. Saat badan berkeringat, tubuh menjadi lembab dan rentan timbul bakteri yang membuat badan menjadi bau. Bau ini akan lebih intens ketika sedang menstruasi. 

  6. Mencukur Bulu Ketiak
    Untuk menghilangkan bau badan terutama saat menstruasi, dapat dilakukan dengan mencukur bulu ketiak. Bulu ketiak bisa menghambat penguapan keringat dan menjadi sarang berkumpulnya bakteri. Kamu bisa waxing atau mencukurnya ya untuk meminimalisir bau badan saat menstruasi. 
     

Nah, itu dia penjelasan mengenai bau badan saat menstruasi. Perlu diingat bau badan bisa terjadi kapan saja dan pada siapa saja. Bukan hanya saat menstruasi, bau badan juga biasa terjadi pada saat pertumbuhan di usia remaja. Bau badan di usia remaja biasanya disebabkan oleh bakteri yang hinggap di bagian tubuh karena produksi keringat berlebih akibat aktivitas di sekolah. Sedangkan, pada orang dewasa, bau badan biasanya terjadi karena kondisi hormon ataupun penyakit degeneratif. Jadi, siapa pun kamu bisa mulai menjaga kebersihan tubuh untuk menghindari bau badan berlebih. 

Bukan hanya bau badan yang terkadang membuat mood jadi berantakan, rasa lembab dan kekhawatiran iritasi saat menstruasi juga bisa bikin perasaan jadi tidak nyaman. Eits, tapi kamu jangan khawatir, karena ada Laurier Healthy Skin yang dapat digunakan pada siang hari ataupun malam hari untuk menjaga kesehatan area kewanitaan karena memiliki inovasi 3D pori yang bergelombang untuk menyerap cairan seketika dan meningkatkan 80% sirkulasi udara sehingga pembalut tetap kering. Pembalut ini mudah dicuci dan tersedia dengan panjang 22 cm, 25 cm, 30 cm, dan 35 cm yang bisa kamu sesuaikan untuk aktivitas di siang dan malam hari. 

 

Related Articles

Healthy Body
24 Oct 2019

Kenapa Payudaraku Terasa Nyeri?

Kamu pasti tau kan, betapa pentingnya payudara bagi seorang cewek? Selain sebagai salah satu organ t...
Healthy Body
24 Oct 2019

Jenis dan Ciri Kista di Ovarium

Girls, apa kamu pernah dengar tentang kista ovarium? Kista ovarium adalah kista yang tumbuh di dalam...
Healthy Body
03 Jan 2019

Body Blues Mengganggu Banget, sih!

    Mungkin kamu sering dengar yang namanya baby blues, tapi kalau body blues ki...