ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Bahaya Terlalu Kurus

Bahaya Terlalu Kurus

Author: Tim Edukasi Laurier

12 Dec 2019

Bahaya Terlalu Kurus

Girls, pernah nggak sih, mau punya tubuh super langsing seperti model-model di majalah fashion? Eits, jangan buru-buru jadikan mereka role model dan berdiet ketat biar tampil selangsing mereka ya! Kenapa? Berdasarkan data medis, tubuh yang terlalu kurus cenderung mengalami berbagai gangguan kesehatan lho! Beberapa di antaranya, yaitu:

  • Lemah, nggak bersemangat

Tau nggak sih, tubuh yang terlalu kurus menyebabkan kamu jadi gampang capek lho! Kamu jadi mau males-malesan aja, dan nggak bersemangat mengikuti berbagai aktivitas.

  • Kekurangan gizi

Saat tubuhmu terlalu kurus, maka bisa dipastikan tubuhmu kekurangan unsur nutrisi yang dibutuhkan selama masa pertumbuhan, Girls. Misalnya, saat tubuhmu kekurangan Kalsium yang sangat penting untuk kesehatan tulang, maka risiko terkena osteoporosis akan meningkat lho! Kandungan zat besi di dalam tubuh memang sangat penting, Girls. Apalagi pas kamu lagi menstruasi, kandungan tersebut akan keluar bersama darah. Akibatnya, tubuh yang kurus akan semakin kekurangan zat besi. Kekurangan nutrisi juga bisa menyebabkan kulitmu kering dan rambut menjadi tipis lho, Girls!

  • Sistem kekebalan tubuh terganggu

Saat berat tubuhmu di bawah angka normal, maka sistem kekebalan tubuh juga nggak bakal bekerja optimal 100%. Akibatnya, kamu jadi lebih gampang terkena infeksi, seperti pilek atau batuk.

  • Tertundanya menstruasi

Cewek yang punya tubuh terlalu kurus ternyata cenderung mengalami menstruasi pertama lebih lama dibandingkan yang berat tubuhnya sesuai rata-rata lho, Girls. Atau kalau udah pernah mengalami menstruasi, maka siklusnya menjadi jarang atau nggak teratur. Hal ini disebabkan oleh hormon reproduksi yang nggak cukup, sehingga sistem pengaturan menstruasi jadi nggak bisa bekerja secara sempurna, Girls.

Nah, supaya hal ini nggak terjadi padamu, mulai sekarang jaga berat badanmu dengan baik yuk! Pastikan berat badanmu ideal dengan pengukuran BMI. Jangan lupa selalu jaga kesehatanmu ya, biar menstruasimu kembali lancar!

Yuk, share info ini ke teman-temanmu yang lain, biar mereka nggak sibuk mau diet dan tau pentingnya menjaga berat badan!

Related Articles

Author: Tim Edukasi Laurier
10 Jan 2020

Yuk, Pastikan Kesehatan Payudaramu dengan Gerakan SADARI!

Girls, kamu tau nggak, kalau sebenarnya ada gerakan untuk mencegah kanker payudara lho, yaitu dengan...
Author: Tim Edukasi Laurier
03 Dec 2019

Berapa Kali Aku Harus Melakukan Paptest?

Para ahli kesehatan udah lama banget menganjurkan supaya perempuan selalu melakukan paptest (atau di...
Author: Tim Edukasi Laurier
08 Jan 2020

Benar Nggak sih, Air Dingin Bisa Menyebabkan Kanker Rahim?

Kamu tau nggak, Girls, saat ini kepedulian perempuan Indonesia terhadap kesehatan reproduksi, terleb...