A-Z Tentang Kanker Payudara
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

A-Z Tentang Kanker Payudara

A-Z Tentang Kanker Payudara

05 Nov 2019

A-Z Tentang Kanker Payudara

Hal yang paling menakutkan tentang payudara adalah kalau berhubungan dengan kanker. Betul kan, Girls? Nggak heran kalau banyak cewek cemas saat merasa nyeri atau ada benjolan pada payudara ini.

Sekalipun bisa dialami oleh siapapun, kanker payudara relatif jarang dialami cewek di usia remaja lho, Girls. Risiko seorang perempuan mengalami kanker payudara cenderung meningkat setelah berusia 40 tahun. Salah satu faktor utama pemicu kanker payudara adalah genetis. Jadi, kalau ada anggota keluarga sekandung dari garis keturungan ibu pernah mengalaminya, maka sebaiknya kamu harus lebih waspada. Pemicu lain adalah gaya hidup yang nggak sehat, seperti; merokok, jarang olahraga, dan masih banyak lagi.

Eits, sebelum kamu panik, sebenarnya risiko kanker payudara bisa dicegah sejak kamu masih remaja lho! Gimana caranya ya?

  • Menjaga berat badan

Kelebihan berat badan akan meningkatkan risiko kanker payudara, karena pertambahan lemak tubuh. Hal ini bukan berarti kamu harus diet sampai tubuhmu sangat kurus. Tapi berat badan sebaiknya disesuaikan dengan index massa tubuh, bentuk tubuh dan stuktur tulang.

  • Konsumsi makanan sehat

Makanan sehat secara langsung memengaruhi kondisi keseluruhan tubuh menjadi sehat, dan menjaga dari berbagai kemungkinan gangguan, termasuk juga kanker payudara. Awalnya diyakini bahwa makanan rendah lemak bisa menghindarkan cewek dari ancaman kanker payudara. Tapi, penelitian terbaru membuktikan bahwa makanan rendah lemak nggak cuma melindungi payudara aja, melainkan seluruh tubuh. Minyak yang ada di dalam bahan makanan rendah lemak sangat menyehatkan. Buah segar, kacang-kacangan, dan ikan adalah bahan makanan rendah lemak yang baik untuk kesehatan.

  • Hindari junk food

Hindari mengonsumsi makanan cepat saji, karena mengandung terlalu banyak gula, yang menyebabkan tubuhmu jadi gampang mengalami gangguan kesehatan. Kalau kamu lagi diet, sebaiknya kurangi juga makanan khusus untuk program dietmu, karena unsur nutrisinya nggak bisa mencukupi kebutuhan tubuh.

  • Jangan merokok dan mengonsumsi alkohol

Rokok dan alkohol udah terbukti mengandung unsur berbahaya bagi tubuh dan memicu perubahan sel penyebab kanker, karena merusak jaringan tubuh.

  • Melakukan SADARI

SADARI atau Pemeriksaan Payudara Sendiri setiap kali setelah menstruasi bisa membantumu memastikan adanya gejala-gejala yang nggak biasa di payudara pada tahap dini. Kalau kamu menemukan ada sesuatu yang janggal, sebaiknya segera periksakan pada dokter supaya bisa dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan kondisimu.

  • Minun teh

Para ahli kesehatan menemukan bahwa teh bisa mencegah beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara. Jenis teh terbaik adalah teh hijau, teh oolong, dan teh hitam. Minum teh secukupnya secara teratur akan menjaga kesehatan payudaramu, Girls.

Ternyata nggak susah kan, menjaga kesehatan payudara? Asalkan kamu selalu menerapkan pola hidup sehat, maka kamu bisa mencegah terjadinya kanker payudara. Yuk, lakukan mulai dari sekarang!

Jangan lupa share info ini ke teman-temanmu yang lain ya, dan ajak juga mereka untuk melakukan tips-tips di atas supaya terhindar dari kanker! Be healthy, Girls!

Related Articles

Healthy Body
17 Jan 2022

Benarkah Long Covid Ganggu Siklus Menstruasi?

Apa kamu pernah dengar istilah Long Covid? Istilah ini biasanya cukup akrab di telinga para penyinta...
Healthy Body
15 Mar 2020

Cek yuk, Kamu Memiliki Gejala Infeksi pada Vagina atau Nggak!

Kamu pernah merasa gatal atau mengalami iritasi di area vagina? Eits, jangan-jangan kamu kena infeks...
Healthy Body
09 Jan 2020

Kenali Gejala Kanker Serviks Mulai Sekarang!

Girls, sampai saat ini, berdasarkan data WHO, kanker serviks adalah pembunuh no.2 setelah kanker pay...