7 Cara Jaga Kesehatan Si “Miss V”
ask dr laurier

7 Cara Jaga Kesehatan Si “Miss V”

7 Cara Jaga Kesehatan Si “Miss V”

25 Oct 2019

7 Cara Jaga Kesehatan Si “Miss V”

Selama ini, kamu rajin menjaga kebersihan dan kesehatan vaginamu nggak, Girls? Ternyata menjaga kesehatan vagina nggak cuma memastikannya bersih dan kering setiap kali sehabis buang air kecil, atau nggak lembap selama menstruasi aja lho. Tapi, kamu juga harus mengubah pola hidupmu jadi lebih sehat seperti berikut ini:

  • Pastikan kamu selalu membawa tisu lembut tanpa pewangi untuk mengeringkan diri setelah menggunakan toilet di tempat umum. Cara mengeringkannya yaitu dengan gerakan menekan lembut, dan jangan mengusapnya dengan gerakan dari arah depan ke belakang berulang-ulang. Hal ini bisa menyebabkan bakteri dan kuman dari saluran pembuangan berpindah ke vaginamu.
  • Bawa semprotan antiseptik untuk membantu memperkecil risiko terjadinya infeksi yang disebabkan oleh penggunaan toilet bersama. Caranya dengan menyemprotkan di area duduk toilet, kemudian jangan lupa keringkan dengan tisu sebelum kamu menggunakan toiletnya.
  • Jangan menggunakan produk pembersih vagina, atau produk lain yang mengandung pewangi. Karena itu bisa menyebabkan terjadinya iritasi kulit. Kalau kamu mulai terganggu karena aroma vagina yang nggak wajar, lebih baik kamu segera periksakan ke dokter supaya mendapatkan obat yang tepat.
  • Saat kamu membersihkan area kulit di sekitar vagina, pastikan tanganmu bersih dan kuku nggak panjang, sehingga bisa membersihkan dengan baik tanpa meninggalkan luka goresan. Saat mandi sore, bersihkan lipatan-lipatan kulit di area vagina dengan air hangat. Jangan lupa keringkan dengan handuk sampai benar-benar kering setelah mandi. Membersihkan vagina dengan air hangat diketahui bisa membantu meredakan sensasi terbakar dan gatal pada saat terjadi infeksi lho, Girls.
  • Pastikan kamu mengonsumsi banyak air untuk mengencerkan urin. Hal tersebut dikarenakan urin mengandung unsur kimia yang bisa memicu iritasi di area kulit yang senstitif itu. Kamu juga harus selalu mengenakan pembalut yang berkualitas baik, bisa menyerap secara optimal, tapi nggak tebal sehingga nggak akan mengganggu sirkulasi udara di area tersebut.
  • Wajib mengganti pembalut setiap 4 jam, atau mengganti setiap kali kamu selesai buang air kecil dan setelah mandi pada saat menstruasi.
  • Jangan cukur habis bulu pubis. Kalau kamu memang mau merapikannya, cukup mengguntingnya dengan rapi.

Sekarang kamu jadi paham kan, gimana pentingnya menjaga kesehatan area vaginamu? Jangan malas untuk melakukan hal-hal di atas, supaya kesehatan dan kebersihan vaginamu tetap terjaga.  Be healthy, Girls!

Yuk, share info ini ke teman-temanmu juga, supaya mereka tau cara yang benar unutk menjaga kesehatan miss v-nya!

Related Articles
Healthy Body
10 Jan 2020

4 Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Vaginamu Cedera!

Girls, tanpa kamu sadari, perilaku yang kamu anggap wajar dan dilakukan sehari-hari, ternyata bisa m...
Healthy Body
24 Jun 2019

Diet Khusus Sembuhkan Kista Ovarium

Saat ini, kista indung telur adalah salah satu masalah reproduksi yang banyak dialami oleh perempuan...
Healthy Body
08 Sep 2021

9 Makanan untuk Lancarkan Siklus Menstruasi

Siapa diantara kamu yang sering mengalami menstruasi tidak teratur? Jika kamu salah satunya, bisa ja...