ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

6 Cara Supaya Kamu Nggak Kena Kanker Payudara!

6 Cara Supaya Kamu Nggak Kena Kanker Payudara!

14 May 2019

6 Cara Supaya Kamu Nggak Kena Kanker Payudara!

        Kamu tau nggak sih, Girls, kalau ternyata perempuan yang berusia matang itu punya risiko yang lebih besar untuk terkena kanker payudara, dibanding sama perempuan berusia muda. Tapi, walaupun begitu, tetap ada risiko yang perlu diperhitungkan sama seorang perempuan dewasa muda yang punya riwayat kanker dari keluarganya.

        Sebenarnya selalu ada cara untuk mencegah kondisi ini, seperti yang dijelaskan oleh Debra Mangino, M.D, dari New York Memorial Sloan-Kettering Cancer Center, USA, di dalam salah satu artikel jurnal mereka, yaitu:

        1. Menjaga bobot tubuh

        Kegemukan bisa meningkatkan risiko kanker payudara dan mengurangi kesempatan untuk sembuh.

        2.  Olahraga

    Sebaiknya, kamu sempatkan waktu untuk berolahraga 45 menit sampai 1 jam, selama 5 hari dalam seminggu. Rutinitas ini bakal membantumu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi risiko obesitas, serta menurunkan kadar estrogen dan insulin. Jadi, hal ini bisa menekan risiko kanker payudara.

        3.   Kurangi konsumsi alkohol

      Penelitian sudah menemukan bahwa minum dua gelas alkohol setiap hari bakal meningkatkan risiko kanker payudara sebanyak 21%. Sebaiknya, cobalah untuk mengonsumsi anggur. Karena penelitian juga menemukan bahwa resveratrol yang ada pada anggur, bisa menurunkan kadar estrogen, yang berarti juga bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara.

        4.   Mengonsumsi sayuran

     Makanan rendah lemak bisa menurunkan risiko kanker payudara, tapi untuk perlindungan yang lebih baik, disarankan mengonsumsi sayuran yang mengandung antioksidan tinggi, seperti: brokoli. Karena brokoli mengandung sulforaphane, yang bisa mencegah sel kanker menjadi berlipat ganda.

        5.   Pemeriksaan rutin

      Setiap perempuan harus melakukan pemeriksaan payudara paling nggak setiap 3 tahun sebelum berumur 40 tahun, dan setiap tahun disertai mammogram setelah berumur lebih dari 40 tahun. Perempuan dengan riwayat kesehatan keluarga yang mengalami kanker payudara, sebaiknya melakukan pemeriksaan pada usia 10 tahun lebih muda dari usia anggota keluarga yang terkena kanker payudara.

        6.   Tes DNA

       Kanker yang saat ini umumnya dialami sama perempuan muda, berhubungan erat dengan mutasi BRCA. Dua faktor yang paling dominan pada seseorang adalah punya darah Eropa Timur dan Yahudi, atau ada riwayat keluarga yang pernah mengalami kanker payudara atau kanker indung telur. Kalau dalam keluarga ada salah satu faktor ini, sebaiknya kamu harus melakukan tes DNA sejak awal.

    Nah, sekarang kamu udah tau kan, Girls, gimana caranya untuk mencegah kanker payudara. Alangkah lebih baiknya kalau kamu mencegah sejak dini, dibanding kamu menyesal di akhir. Betul, kan?

    Jangan lupa share artikel ini ke teman-temanmu ya, supaya mereka juga bisa tau tentang info penting ini dan mencegah terkena kanker payudara! ‘Cause sharing is caring!

Related Articles

Healthy Body
05 Dec 2019

3 Jenis Ruam di Area Vagina

Girls, pernah nggak sih, merasa gatal di area kulit sekitar vagina? Kalau rasa gatal tersebut berleb...
Healthy Body
13 Nov 2019

Waspadai Gejala dari Gangguan Penebalan Dinding Rahim!

Kamu tau nggak sih, Girls? Ternyata dinding rahim memiliki tingkatan batas normal ketebalannya. Kond...
Healthy Body
28 Jun 2021

Apakah Minum Kopi Dilarang Saat Menstruasi? 

Tidak jarang orang menyukai kopi, termasuk perempuan. Bahkan beberapa diantaranya menjadikan kopi se...