5 Jenis Makanan yang Bisa Cegah Kanker Payudara
ask dr laurier

5 Jenis Makanan yang Bisa Cegah Kanker Payudara

5 Jenis Makanan yang Bisa Cegah Kanker Payudara

09 May 2019

5 Jenis Makanan yang Bisa Cegah Kanker Payudara

Girls, kamu tau nggak sih, bahayanya kanker payudara? Semua cewek pasti nggak mau kan, kena kanker payudara? Ya iyalah! Kalau bisa sehat, kenapa harus sakit? Betul, dooong?

Nah Girls, menjelang bulan Oktober yang dikenal dengan Bulan Peduli Kanker Payudara Internasional, WHO sebagai badan kesehatan dunia di bawah naungan PBB, melansir data bahwa di Kanada setiap tahunnya dipastikan ada 23.000 kasus kanker payudara baru. Fakta ini membuat para ahli dan peneliti berusaha menemukan berbagai cara untuk mencegah pertambahan angka itu. Salah satunya dengan menyarankan jenis-jenis makanan yang diketahui bisa mencegah terjadinya kanker. Apa aja, ya?

1.      Jamur

Sebuah artikel di jurnal Nutrition and Cancer yang terbit pada tahun 2010 telah mempublikasikan hasil penelitian yang menemukan bahwa mengonsumsi banyak jamur bisa mengurangi risiko kanker payudara seseorang, apalagi yang ada di akhir usia produktif (setelah 35 tahun). Jenis jamur yang disarankan adalah Cremini, Oyster dan Shiitake, karena mengandung antioksidan seperti L-ergothioneine yang bisa mencegah terbentuknya sel kanker.

Saran praktis: Tambahkan potongan jamur ke kocokan telur dadar atau potongan daging cincang pas kamu lagi bikin burger atau bakso.

2.      Delima

Menurut para ahli dari City of Hope's Beckman Reserach Institute, Amerika Serikat, biji delima yang renyah mengandung Ellagic acid, yaitu jenis antioksidan yang sangat kuat bekerja untuk menekan enzim pemicu sel kanker payudara. Selain itu, delima juga sangat berkhasiat bagi jantung.

Saran praktis: Delima sangat bermanfaat kalau dibuat jus atau dicampurkan ke dalam es teh, bisa juga dijadikan bahan pembuat salad.

3.      Bayam

Bayam nggak cuma bisa bikin Popeye kuat aja lho, tapi ternyata juga bisa mencegah kanker payudara. Hal ini disebabkan karena bayam banyak mengandung vitamin B yang membantu sel tetap sehat, mencegah perubahan sifat sel menjadi ganas, dan membentuk kanker payudara.

Saran praktis: Tambahkan bayam saat membuat pasta, telur dadar atau jus dan smoothies (dengan sedikit gula).

4.      Telur

Kandungan telur yang paling penting adalah Choline, karena bisa menekan risiko kanker payudara sampai 24%, berdasarkan hasil penelitian para ahli di Amerika yang melibatkan 3.000 responden perempuan. Kandungan nutrisi penting ini ditemukan di dalam kuning telur, yang bermanfaat untuk memastikan sel berfungsi dengan baik. Para peneliti dari The U.S. Institute of Medicine menjelaskan bahwa perempuan disarankan mengonsumsi 425 mg choline per hari, karena kandungan choline pada sebutir telur besar rata-rata 126 mg. Bahan makanan lain yang mengandung choline adalah ikan, daging unggas, daging sapi, brokoli dan gandum.

Saran praktis: Telur bisa direbus matang dan dijadikan snack saat sore hari pas kamu lagi ngerasa laper, tapi nggak mau makanan yang terlalu berat.

5.      Blueberry

Penelitian telah membuktikan kalau pterostilbene, sejenis phytonutrisi yang ada di dalam blueberry, bisa mencegah pertumbuhan sel kanker payudara dengan cara memicu sel melakukan proses perusakan diri yang dikenal sebagai apoptosis. Blueberry yang segar ataupun yang sudah dikemas, tetap memiliki khasiat yang sama.

Saran praktis: Blueberry bisa dibuat smoothies, dicampurkan dengan oatmeal, yogurt atau pancake saat sarapan.

Siapa sangka kanker payudara bisa dicegah dengan cara yang enak plus gampang? Yuk, jaga kesehatan payudara dan share informasi ini ke temen-temen cewek kamu!

Related Articles
Healthy Body
16 Oct 2019

Lebih Peka Kenali Gejala Endometriosis

Dalam banyak kasus, endometriosis sering banget nggak dijadikan sebagai masalah yang serius sama pen...
Healthy Body
14 Nov 2020

Pentingnya Kesehatan Reproduksi Buat Cewek

Kesehatan reproduksi pada wanita merupakan yang hal penting untuk dijaga. Walau kadang sering dilupa...
Healthy Body
02 Dec 2019

Kapan Cewek Perlu Bra?

Bra atau yang biasa dikenal dengan beha adalah salah satu kebutuhan yang muncul seiring pertumbuhan ...