5 Fakta Tersembunyi Tentang Payudara!
ask dr laurier

5 Fakta Tersembunyi Tentang Payudara!

5 Fakta Tersembunyi Tentang Payudara!

02 May 2019

5 Fakta Tersembunyi Tentang Payudara!

Kalau ngomongin tentang payudara, pasti nggak ada abisnya! Bener nggak, Girls? Mulai dari ukuran, bentuk, sampai keindahan selalu jadi topik seru buat diobrolin. Ya, kaaan? Bahkan sejak puber, cewek udah terbiasa mengamati pertumbuhan payudaranya. Tapi sayangnya nih, fungsi dan kesehatannya malah cenderung diabaikan. Daripada telat, mending kamu pelajari fakta di bawah ini yuk, supaya kamu lebih paham tentang payudara.

1. Merokok adalah penyebab no.1 payudara kendor

Zat yang ada di dalam asap rokok yang terhirup ke dalam tubuh dan mengenai kulit, ternyata bisa merusak sejenis protein yang bernama elastin. Protein ini berfungsi menjaga elastisitas kulit. Kalau elastisitas kulit rusak, termasuk kulit di sekitar payudara, maka otomatis bentuknya nggak bakal kencang lagi, dan kelihatan seperti menggelayut.

2.  Posisi tidur bisa memengaruhi bentuk payudara

Para ahli menemukan bahwa tidur dengan posisi terlentang, sangat baik untuk payudara. Hal ini karena berat payudara di-support secara penuh oleh dada. Sementara, tidur dengan satu sisi tubuh, bisa bikin payudara jadi cepat mengendor, karena posisinya menggantung, bahkan menarik otot penopang payudara dengan rongga dada. Sedangkan, tidur tengkurap itu sangat buruk karena payudara mendapatkan tekanan dari seluruh rongga dada. Akibatnya, bentuk payudara malahan jadi buruk.

3.  Payudara seorang cewek yang keliatan besar, belum tentu ukurannya besar

Selama ini, orang menentukan ukuran besar payudara berdasarkan besarnya cup bra. Padahal kalau dua orang cewek yang punya ukuran cup bra yang sama disejajarkan, maka cewek yang punya payudara dengan posisi menghadap ke depan, dan tengah bakalan keliatan lebih besar.

4.  Payudara tetap berkembang sampai nggak lagi menstruasi

Walaupun perkembangan payudara dimulai dari awal masa puber, bukan berarti setelah masa puber payudara bakalan berhenti terbentuk. Ternyata puting dan areola payudara baru mulai terbentuk di usia 20 tahun, lho, Girls! Nggak cuma itu aja, payudara juga cenderung berubah selama menstruasi, masa kehamilan, dan pas lagi menyusui.

5.   Nggak ada payudara yang simetris

Ditemukan bahwa rata-rata bentuk dan ukuran payudara kiri cenderung lebih besar dibanding payudara kanan.

Ternyata banyak banget ya, fakta tersembunyi dari payudara. Kira-kira ada nggak salah satu di antara fakta itu yang baru kamu tau, Girls? Mulai sekarang, lebih peduli sama kesehatan payudaramu yuk! Jangan lupa ajak juga teman-teman kamu, dengan share info ini ke mereka, supaya mereka jadi lebih paham tentang payudara!

Related Articles
Healthy Body
25 Oct 2019

Mengenal Organ Genital

Kamu tau nggak sih, ternyata organ genitalmu adalah bagian dari keseluruhan sistem reproduksimu lho,...
Healthy Body
02 Dec 2019

Kenapa Jerawat Tumbuh di Tubuhku?

Kamu tau nggak sih, menjelang menstruasi akan terjadi perubahan kadar hormon dalam tubuhmu? Ternyata...
Healthy Body
27 Jun 2019

3 Hal Penting Merawat Payudara

Di usia remaja, saat menjalani masa puber, payudaramu pasti lagi bertumbuh. Selain bentuk dan ukuran...