ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

5 Fakta Tentang Indung Telur yang Harus Kamu Tau!

5 Fakta Tentang Indung Telur yang Harus Kamu Tau!

10 Jan 2020

5 Fakta Tentang Indung Telur yang Harus Kamu Tau!

Kamu tau nggak, Girls, kalau indung telur atau ovarium memang bukan organ yang populer dibicarakan. Tapi, sepasang organ berukuran sebesar kenari ini memiliki peranan penting untuk menyeimbangkan kesehatan tubuh, karena memproduksi berbagai hormon yang dibutuhkan tubuhmu, Girls. Hmm…sebenarnya indung telur itu seperti apa sih?

  • Penghasil berbagai hormon. Ovarium menghasilkan hormon estrogen dan progesteron. Dua hormon penting yang bertanggung jawab terhadap proses perkembangan fisik perempuan selama masa puber, antara lain, pertumbuhan payudara, menstruasi, dan pembentukan rongga panggul. Estrogen dan progesteron juga membantu rahim mempesiapkan pembuahan. Kalau keduanya nggak dihasilkan cukup banyak serta seimbang, akan menyebabkan gangguan pembuahan. Indung telur juga menghasilkan testosteron dalam kadar yang relatif sedikit dibandingkan estrogen.
  • Berubah ukuran. Indung telur nggak seperti umumnya organ tubuh lain, ukuran indung telur senantiasa berubah sepanjang siklus reproduksi dan sepanjang hidup kita. Kondisi ini disebabkan karena dari bulan ke bulan, ovarium akan membentuk kista-kista kecil dan kemudian melepaskan sel telur matang. Inilah sebabnyak kantong yang rata-rata berdiameter 3-5 cm ini bisa membesar. Perubahan ukuran ini akan berhenti kalau seorang perempuan mengalami menopause, karena saat itu nggak ada lagi hormon dan sel telur yang dilepaskan oleh ovarium.
  • Bisa alami stres. Ovulasi dapat dipengaruhi stres. Ketika tubuh kamu merasakan adanya tekanan, ketidaknyamanan, seperti perubahan hidup pindah ke kota baru atau perubahan fisik penyusutan berat badan, maka ovarium akan berhenti melepaskan telur. Ini metode alami tubuhmu untuk mencegah terjadinya pembuahan selama kamu mengalami masa transisi, atau belum stabil.
  • Berulah memicu jerawat. Karena ovarium memainkan peran penting dalam keseimbangan hormon, mereka bisa menyebabkan berbagai masalah tubuh yang dipicu gangguan hormonal, antara lain sindrom ovarium polikistik, jerawat, pertumbuhan rambut tubuh berlebih, atau bobot tubuh yang bertambah nggak terkendali. Kalau hal ini terjadi, berkonsultasilah dengan dokter, untuk mendapatkan obat yang membantu mengendalikannya.
  • Mereka menyukai pil kontrasepsi. Gangguan serius yang mungkin dialami ovarium adalah kanker. Berdasarkan penelitian para ahli, kondisi ini bisa diantisipasi dengan konsumsi pil kontrasepsi yang mengandung estrogen dan progesteron. Diketahui risiko terjadinya kanker ovarium dapat ditekan hingga 50% kalau seorang perempuan mengonsumsi pil kontrasepsi secara teratur, di bawah pengawasan dokter.

So, udah tau kan, Girls, 5 fakta tentang indung telur? Karena indung telur berperan untuk menyeimbangi kesehatan tubuh. Maka kamu juga jangan lupa untuk tetap jaga pola makan, istirahat yang cukup, konsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan juga olahraga teratur. Supaya nggak ada gangguan yang terjadi pada tubuhmu. Stay healthy, Girls!

Jangan lupa ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini ya, Girls! Supaya mereka juga bisa mengetahui 5 fakta tentang indung telur!

Related Articles

Healthy Body
11 Jul 2019

Ada Apa Aja di Organ Reproduksi?

Ada banyak hal menjadikan kita, wanita, spesial. Selain sifat dasar senang merawat, lebih peka dan c...
Healthy Body
02 Aug 2022

Diare saat Menstruasi, Kenapa Bisa Begitu, ya?

Apa saja tanda-tanda menstruasi (atau premenstrual syndrome) yang biasa kamu alami sebelum menstruas...
Healthy Body
14 May 2019

6 Cara Supaya Kamu Nggak Kena Kanker Payudara!

        Kamu tau nggak sih, Girls, kalau ternyata perempuan ...