4 Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Vaginamu Cedera!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

4 Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Vaginamu Cedera!

4 Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Vaginamu Cedera!

10 Jan 2020

4 Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Vaginamu Cedera!

Girls, tanpa kamu sadari, perilaku yang kamu anggap wajar dan dilakukan sehari-hari, ternyata bisa menyebabkan organ genital kamu cedera lho, Girls. Sebaiknya saat kamu sedang membersihkan area intimmu, selalu berhati-hati supaya hal ini nggak terjadi sama kamu, Girls!

  • Tisu yang digunakan kasar. Saat menggunakan toilet di area umum, seperti cineplex, mall, kamu akan menggunakan tisu yang tersedia, dan pasti nggak memerhatikan kondisinya, iya kan? Bisa jadi serat tisu relatif kasar bagi kulit di area vagina yang sensitif. Hindari mengeringkan dengan gerakan mengelap. Sebaiknya lakukan gerakan menepuk-nepuk. Selain itu hindari juga gerakan membersihkan yang berulang-ulang dari arah belakang ke depan, karena akan memindahkan bakteri dari saluran pembuangan ke area vagina.
  • Cairan pembersih. Sekalipun dibuat khusus untuk membersihkan kulit di sekitar vagina, dan diiklankan dapat menjaga kebersihan vagina, pada dasarnya vagina dan kulit di sekitarnya hanya disarankan untuk dibersihkan dengan air bersih. Selain itu, di saat mandi sore atau malam hari, gunakan air hangat untuk membersihkan area kulit di sekitar vagina sehari sekali.
  • Nggak minum cukup air. Kalau kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, maka urin menjadi nggak terlalu kental. Urin senantiasa mengandung berbagai hormon tubuh yang bisa menyebabkan kulit di sekitar vagina yang sensitif menjadi lebih mudah teriritasi.
  • Bercukur. Membersihkan bulu pubis dengan cara mencukur, dapat menyebabkan gangguan kulit di area vagina. Luka akan menjadi sulit sembuh karena permukaan kulit di area ini relatif lembap. Oleh karena itu, kalau kamu ingin merapikan bulu pubismu disarankan hanya dilakukan dengan gunting ya, Girls.

Nah, sekarang udah tau kan, Girls, kebiasaan sehari-hari yang bisa bikin cedera vagina kamu? Tapi, kamu nggak perlu khawatir. Cukup pastikan supaya kamu lebih memerhatikan hal-hal tersebut, dan nggak mengulanginya, supaya kulit di area vagina kamu menjadi cukup sehat, dan bebas cedera ya, Girls!

Yuk, ajak teman-teman kamu baca artikel ini, Girls! Supaya mereka juga bisa mengetahui kebiasaan sehari-hari yang bisa menyebabkan vagina cedera!

Related Articles

Healthy Body
18 Mar 2022

Kenapa Sih Vagina Jadi Becek Saat Menstruasi?

Saat sedang menstruasi beberapa wanita biasanya merasakan vagina terasa lebih lembap. Hal ini biasan...
Healthy Body
09 Jan 2020

3 Fakta Tentang Rambut Pubis yang Harus Kamu Tau!

Girls, kamu pasti pernah kan, membicarakan bulu tubuh yang tumbuh di area genital? Pastinya dengan s...
Healthy Body
27 Jun 2019

Kenapa Bisa Muncul Stretch Marks?

Garis-garis cokelat atau kemerahan pada kulit di bagian tubuh tertentu, dikenal sebagai stretch mark...