3 Kondisi Unik Pada Payudara
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

3 Kondisi Unik Pada Payudara

3 Kondisi Unik Pada Payudara

17 Sep 2019

3 Kondisi Unik Pada Payudara

Kondisi nggak nyaman di area payudara pasti sering membuatmu bertanya-tanya, apakah kondisi yang dialami tergolong normal, atau justru gejala dari gangguan kesehatan tertentu? Sebenarnya nggak aneh kok, kalau kamu kepo sama semua hal ini. Karena mengingat payudaramu yang lagi mengalami perubahan secara fisik.

Nah, ada 3 kondisi yang sering dialami payudara, dan juga sering menimbulkan pertanyaan nih, Girls. Apa aja sih?

  1. Puting mengeras dan menonjol saat dingin atau pagi hari

Puting payudara cenderung bereaksi terhadap udara dingin, sentuhan dan suasana tegang. Otot di area puting payudara berkontraksi dan memicu aliran darah ke area tersebut. Akibatnya puting payudara jadi mengeras, sehingga terlihat menonjol. Hal ini bisa dialami seorang cewek berulang-ulang dan tergolong wajar.

  1. Gatal di sekitar puting

Sensasi gatal adalah hal yang normal dialami saat pertumbuhan payudara. Saat kulit merenggang, biasanya payudaramu akan terasa gatal, Girls. Tapi, rasa gatal pada puting payudara cenderung sering dialami seminggu menjelang menstruasi. Hal ini disebabkan karena terjadi peningkatan produksi hormon-hormon reproduksi. Selain rasa gatal, seiring pertumbuhan payudara, menjelang menstruasi kamu juga akan merasakan nyeri dan payudara jadi lebih sensitif. Nah, supaya kamu bisa mengatasi kondisi ini, sangat disarankan untuk menggunakan bra yang tepat.

  1. Benjolan keras di balik areola dan puting

Benjolan keras di balik puting dan areola payudara di masa remaja itu sama sekali bukan kanker lho, Girls. So, kamu nggak perlu panik kalau tiba-tiba mengalaminya ya! Benjolan tersebut adalah kelenjar yang ada di dalam jaringan payudara yang cenderung membesar saat menstruasi, akibat reaksi terhadap hormon-hormon reproduksi.

Gimana, Girls? Sekarang kamu nggak perlu cemas lagi deh, kalau mengalami gejala-gejala unik seperti di atas. Semua gejala tersebut adalah bagian dari pertumbuhan di masa remaja, dan tergolong normal kok. So, don’t worry!

Jangan lupa share info ini ke teman-temanmu yang lain ya, biar mereka juga nggak panik kalau mengalami salah satu dari gejala-gejala di atas!

Related Articles

Healthy Body
12 Dec 2019

Melawan Insomnia

Kamu sering begadang buat mengerjakan tugas? Kamu harus tau nih, setiap remaja, baik cewek ataupun c...
Healthy Body
18 Jan 2020

Yuk, Cek Kondisi Tubuhmu Melalui Warna Darah Menstruasi!

Darah menstruasi yang keluar bisa saja memiliki warna yang bervariasi dari satu siklus ke siklus lai...
Healthy Body
20 Jun 2019

Undies Bersih, Miss V-ku Sehat!

Kamu masih ingat saat pertama kali mengalami menstruasi? Biasanya, ibulah yang mengajarkanmu memakai...