ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

3 Jenis Ruam di Area Vagina

3 Jenis Ruam di Area Vagina

05 Dec 2019

3 Jenis Ruam di Area Vagina

Girls, pernah nggak sih, merasa gatal di area kulit sekitar vagina? Kalau rasa gatal tersebut berlebihan, biasanya menyebabkan bentol-bentol di permukaan kulit. Secara medis, gejala ini disebut dengan ruam. Kalau sering digaruk, permukaan kulitmu malah akan membengkak dengan pola tertentu, terlihat kemerahan, kadang bersisik, dan cenderung kering, sehingga gampang iritasi.

Ternyata ruam di permukaan kulit bisa berbeda-beda lho! Hal tersebut tergantung dengan pemicunya, Girls. Beda pemicu, beda juga namanya. Hmm….apa aja ya?

  1. Urticaria

Gejala selain gatal adalah demam dan peningkatan suhu tubuh yang mulai terasa beberapa hari setelah kulit terasa gatal. Kondisi ini adalah pertanda gangguan kesehatan karena reaksi alergi tubuh terhadap obat-obatan atau alergen (penyebab alergi), seperti serangga, debu, serbuk bunga atau makanan tertentu.

  1. Iritasi

Kamu pernah mengalami iritasi, Girls? Iritasi biasanya dipicu akibat kulit tersentuh materi tertentu yang bersifat sangat keras, seperti bahan kimia, tumbuhan beracun atau paparan sinar matahari.

  1. Eksim

Ruam ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan biasanya menyebar berkelompok pada bagian kulit, Girls! Eksim sering dialami di bagian kulit lipatan tubuh, seperti sekitar siku, lutut, lipatan paha. Selain itu, juga bagian tubuh yang lembap, seperti selangkangan, belahan dada, atau ketiak. Biasanya bagian kulit yang mengalami eksim akan terlihat kering dan membengkak lho!

Kalau kamu menemukan ruam pada bagian tubuhmu, nggak usah panik! Kamu cukup lakukan beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya:

  • Jangan digaruk. Ingat ya, ruam yang digaruk justru membutuhkan lebih banyak waktu untuk sembuh. Luka akibat garukan juga bisa memicu infeksi lho, Girls!
  • Beri salep antigatal. Kalau kamu merasa gatalnya nggak kunjung hilang, sebaiknya segera kasih tau mama dan minta membawamu ke dokter. Nantinya dokter pasti akan memberikanmu salep antigatal untuk mengatasi ruam tersebut.
  • Kalau ruam terdeteksi sebagai eksim, biasanya dokter akan memberi salep khusus. Sedangkan kalau ruam itu dipicu oleh alergi, dokter biasanya akan memberikan obat antialergi.

Sebenarnya, cara mencegah ruam di kulit itu gampang banget lho! Kalau ruam timbul karena iritasi dan alergi, berusahalah untuk menghindari pemicunya. Sedangkan, kalau ruam dipicu oleh eksim, pastikan kebersihan dan kelembapan kulitmu selalu terjaga. Jangan lupa untuk usapkan lotion di seluruh bagian tubuhmu setelah mengeringkannya setiap kali habis mandi ya!

Yuk, share info ini ke teman-temanmu, supaya mereka bisa mengatasi dan mencegah terjadinya ruam di area miss v-nya!

Related Articles

Healthy Body
15 Apr 2024

Adakah Pengaruh Klamidia Pada Menstruasi dan Risiko Komplikasinya

Klamidia adalah salah satu penyakit menular seksual yang cukup umum terjadi. Salah satu penyebabnya ...
Healthy Body
11 Jul 2019

Ada Apa Aja di Organ Reproduksi?

Ada banyak hal menjadikan kita, wanita, spesial. Selain sifat dasar senang merawat, lebih peka dan c...
Healthy Body
10 May 2021

Olahraga Saat Menstruasi Amankah?

Hai girls, tentu dari kalian semua setiap bulannya mengalami siklus menstruasi. Di saat si bulan lag...