3 Gangguan Kesehatan yang Bikin Miss V Gatal
ask dr laurier

3 Gangguan Kesehatan yang Bikin Miss V Gatal

3 Gangguan Kesehatan yang Bikin Miss V Gatal

13 Nov 2019

3 Gangguan Kesehatan yang Bikin Miss V Gatal

Kamu tau nggak sih, Girls? Kalau organ genital perempuan yang sering disebut miss v ini, ternyata terdiri atas jaringan lunak yang bisa membersihkan dan menjaga kesehatannya sendiri lho. Miss v memroduksi sejenis cairan bening yang nggak berbau yang bertujuan untuk membersihkan. Kondisi miss v yang sehat dan bersih, sebenarnya merupakan kondisi seimbang antara bakteri baik dan jahat. Makanya, nggak heran kalau miss v kamu seringkali gatal dan lebih lembap iya kan, Girls? Hal itu disebabkan karena cairan tersebut. Kamu nggak perlu cemas ya, kondisi ini wajar dan nggak berlangsung lama kok.

Hal yang perlu kamu antisipasi adalah kalau miss v-mu gatal dalam waktu yang lama, dan terkadang sangat intens. Kondisi ini biasanya dipicu iritasi akibat gesekan antara kulit di sekitar miss v-mu, atau karena infeksi akibat lembap yang berlebih. Tapi, ternyata selain lembap dan infeksi, ada beberapa pemicu lain yang bisa menyebabkan gangguan ini lho, Girls!

  • Perubahan kadar hormon.

Seiring pertambahan usia, kamu akan mengalami penurunan kadar estrogen, hal ini juga dialami oleh ibu yang menyusui. Kadar estrogen yang turun ini menyebabkan dinding saluran miss v menipis sehingga kulit menjadi sensitif, mudah mengalami iritasi dan terasa gatal. Gejala ini hanya dapat diatasi kalau kadar estrogen kembali normal. Caranya, kamu bisa mengonsumsi suplemen atau menjalani pola hidup sehat. Sedangkan untuk ibu menyusui, kondisi ini akan segera normal setelah periode menyusui selesai.

  • Parasit.

Girls, jenis parasit yang bisa hidup di area miss v adalah kutu. Biasanya, parasit ini hidup di area kulit yang tertutup rambut pubis dan lembap. Setelah terkontaminasi parasit ini, seseorang akan merasakan miss v gatal yang nggak tertahankan. Cara menghilangkan parasit ini sebenarnya mudah kok. Pertama, pastikan area rambut pubismu bersih. Lalu, basuh rambut pubis setiap kali mandi, dan keringkan sampai benar-benar kering supaya kulit nggak lembap. Kulit miss v yang lembap akan lebih mudah teriritasi dan memicu ruam yang membuat miss v gatal, Girls. Rapikan rambut pubis dengan gunting sehingga nggak terlalu lebat dan menghambat aliran udara ke kulit miss v. Kulit yang terpapar udara akan lebih sehat karena bebas lembap lho, Girls.

  • Lichen sclerosus.

Kalau miss v-mu gatal nggak tertahankan, tanpa ada gejala lain selain bercak putih di permukaan kulit, maka kondisi ini perlu penanganan khusus. Kondisi miss v gatal seperti ini dikenal Lichen sclerosus, dan sampai saat ini nggak bisa dijelaskan pemicunya oleh para ahli kesehatan. Kondisi ini sama sekali nggak berhubungan dengan lembap dan iritasi. Kondisi ini harus diobati sampai tuntas, karena bisa menyebabkan miss v gatal berubah menjadi luka parut, bisul, nyeri bahkan kanker.

Saat menstruasi, tingkat kelembapan akan bertambah di area miss v, seseorang dengan gangguan kesehatan tersebut akan merasakan gatal yang luar biasa. Bukan hanya karena cairan menstruasi. Tapi, pembalut yang digunakan dan menutupi permukaan kulit yang menghambat aliran udara juga akan membuat kulit semakin lembap. Supaya kondisi ini nggak berkembang semakin parah, langkah bijak yang bisa dilakukan adalah dengan memilih pembalut yang tepat. Pembalut yang dimaksud  bukan hanya menyerap cepat dan nggak bocor, melainkan juga menjaga kesehatan kulit area kewanitaanmu, Girls.

Saat ini, satu-satunya pembalut yang pas untuk kondisi ini adalah Laurier Healthy Skin. Pembalut ini memiliki permukaan 3D pori bergelombang, sehingga meningkatkan 80% sirkulasi udara ke area permukaan kulit area kewanitaan.  Jadi, pembalut tetap kering, kulit bebas lembap dan juga mencegah terjadinya iritasi. Miss v yang gatal seringkali dianggap bukan gangguan serius. Tapi, kalau kamu nggak menyadarinya dengan cepat, kemudian menggaruk atau membiarkannya tanpa ditangani secara tepat, maka gangguan akan berlanjut dan bahkan bisa semakin parah lho, Girls. Pastinya kamu nggak mau mengalami hal ini terus-terusan kan? Untuk info lebih lanjut, kamu bisa cek https://dontgetirritated.id/  #DontGetIrritated ya, Girls!

Nah, sekarang kamu udah tau kan, Girls? Kalau kamu mengalami kondisi ini sebaiknya kenali gangguannya seperti di atas ya, Girls. Supaya kamu bisa mengatasinya dengat tepat. Kalau gatal yang kamu rasakan nggak hilang juga, sebaiknya segera periksakan ke dokter, untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Keep your miss v clean and healthy ya, Girls!

Yuk, jangan lupa ajak teman-temanmu baca artikel ini, Girls! Supaya mereka juga bisa mengetahui gangguan kesehatan yang bikin miss v gatal dan bisa mengatasinya dengan tepat!

Related Articles
Healthy Body
10 May 2019

6 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Memilih Bra

Kamu pernah ngerasa gak nyaman pakai bra karena salah beli? Iiiih… Pasti gak enak banget ya! ...
Healthy Body
03 Dec 2019

Rawat Payudara Sesuai Umurmu yuk!

Kamu tau nggak, kalau seiring bertambahnya usia, akan terjadi perubahan fisik yang berdampak sama pe...
Healthy Body
03 Dec 2019

9 Langkah Supaya Area Vaginamu Tetap Bersih dan Sehat!

Kamu sadar nggak sih, Girls, kalau area genital cewek itu punya bentuk yang khas banget. Terdiri dar...