ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

3 Fakta Tentang Rambut Pubis yang Harus Kamu Tau!

3 Fakta Tentang Rambut Pubis yang Harus Kamu Tau!

09 Jan 2020

3 Fakta Tentang Rambut Pubis yang Harus Kamu Tau!

Girls, kamu pasti pernah kan, membicarakan bulu tubuh yang tumbuh di area genital? Pastinya dengan sesama perempuan seperti mamah, tante, teman atau kakak perempuanmu, iya kan? Hal yang paling sering dibicarakan yaitu mulai dari fungsi sampai cara merawatnya. Hmm…sebenarnya ada fakta menarik lainnya yang perlu kamu tau tentang hal ini, lho, Girls!

  • Gunting, Jangan dicukur

Kulit di area tulang pubis, yang menjadi tempat tumbuh rambut pubis itu, lebih tipis dibandingkan kulit di area tubuh lainnya. Jadi, kalau rambut pubis dirapikan dengan cara mencukur, akan ada risiko terjadi luka. Padahal, karena area kulit di situ lebih lembap, lebih banyak flora kulit  bakteri dan jamur yang hidup di sana. Luka terbuka dapat terinfeksi oleh flora kulit itu. Jadi, sebaiknya kamu hanya merapikan rambut pubis dengan gunting.  Pastinya sama sekali nggak bisa habis, tapi memang sebaiknya jangan dihabiskan, karena rambut pubis memiliki fungsi untuk menyaring kotoran, juga melembapkan area kulit di sekitar vagina, agar kesehatannya terjaga.

  • Rambut pubis nggak terus tumbuh

Hasil pengamatan ilmiah menemukan bahwa setelah mencapai panjang tertentu, rambut pubis akan berhenti tumbuh. Kemudian rambut pubis akan gugur, dan akan tumbuh rambut baru. Batas tumbuh rambut pubis setiap orang berbeda. Tapi, rata-rata mencapai panjang 5cm. Seiring pertambahan usia, dan semakin berkurangnya hormon reproduksi, rambut pubis akan menipis.

  • Warna rambut pubis nggak sama dengan rambut

Berdasarkan fakta ilmiah, warna rambut pubis seseorang tidak sewarna dengan rambut, dan biasanya setingkat lebih muda. Warna rambut pubis diketahui lebih mirip warna alis lho, Girls.

So, sekarang kamu udah tau kan, Girls, 3 fakta lainnya tentang rambut pubis? Kalau kamu mendengar fakta lain tentang rambut pubis dari sumber yang nggak jelas, sebaiknya di pastikan dulu kebenarannya ya, Girls. Supaya kamu bisa berhati-hati dengan apa yang boleh dilakukan dan yang nggak boleh dilakukan terhadap rambut pubis.

Ajak teman-temanmu yang lain baca artikel ini yuk, Girls! Supaya mereka juga bisa mengetahui fakta lain tentang rambut pubis!

Related Articles

Healthy Body
12 Jan 2024

Pingsan saat Menstruasi, Apakah Berbahaya?

Menstruasi adalah hal normal yang pasti dialami oleh setiap perempuan. Pada saat menstruasi datang, ...
Healthy Body
28 Aug 2019

Pedulikah Kamu Dalam Menjaga Kebersihan Daerah Kewanitaan?

Girls, kamu termasuk yang rajin menjaga kebersihan daerah kewanitaanmu nggak nih? Eits, jangan ngaku...
Healthy Body
17 Jul 2020

Cara Aman Hilangkan Rambut di Area Payudara

Mungkin kamu merasa aneh dan risih dengan rambut yang tumbuh di area payudaramu, tapi ternyata kondi...