ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Yuk, Selalu Siap Sedia Pembalut!

Yuk, Selalu Siap Sedia Pembalut!

30 Sep 2019

Yuk, Selalu Siap Sedia Pembalut!

Kamu pernah nggak sih, Girls, kehabisan stock pembalut pas lagi menstruasi? Alhasil kamu memakai pembalut persediaan punya mama atau kakakmu, iya kan? Sebenarnya nggak jadi masalah kalau pembalutnya sama, tapi kalau beda, nanti malah bikin kamu nggak nyaman memakainya. Biar kejadian ini nggak terulang lagi, kamu bisa pakai beberapa cara di bawah ini supaya nggak kekurangan pembalut selama menstruasi, Girls!

  • Siapkan cadangan

Selain persediaan pembalut di rumah, kamu juga perlu punya cadangan pembalut di dalam tasmu, Girls. Satu aja cukup kok, untuk berjaga-jaga. Sekarang ini, udah banyak banget pembalut yang dikemas dalam plastik pembungkus yang rapi dan bersih. Jadi, akan tetap aman untuk kamu bawa kemana-mana dalam tasmu. Kalau menstruasi tiba-tiba datang, kamu nggak akan panik lagi deh!

  • Jumlah yang cukup

Para cewek disarankan banget untuk mengganti pembalutnya setiap empat jam sekali, terutama saat beraktivitas. Hal ini bukan karena pembalut akan penuh, tapi karena flora kulit, seperti jamur, bakteri, atau virus yang akan berubah sifat kalau ada sumber kelembapan di sekitar kulitmu, dan menyebabkan infeksi, iritasi, serta gatal-gatal.

Berarti di siang hari kamu perlu mengganti paling sedikit tiga pembalut, sedangkan untuk malam hari dua pembalut, yaitu setelah mandi dan sebelum tidur. Artinya, kamu perlu lima pembalut dalam satu hari. Setelah itu, kamu tinggal kalikan aja sama durasi menstruasimu, misalnya lima hari. Maka, pembalut yang kamu butuhkan adalah 25 buah selama menstruasi. Simple kan?

  • Pembalut siang dan malam

Selain rajin mengganti pembalut, cewek juga disarankan untuk memakai pembalut sesuai dengan kebutuhannya. Di hari pertama menstruasi, saat volume darah yang keluar lagi banyak, pakailah pembalut yang bersayap (wings) supaya pembalutmu nggak gampang bergeser dan bisa membuatmu lebih nyaman untuk beraktivitas. Saat malam hari, pakailah pembalut yang ukurannya lebih panjang. Karena posisi tidurmu biasanya terlentang, makanya perlu pembalut yang lebih panjang dan lebar di bagian belakang serta samping supaya nggak tembus selama kamu tidur, Girls.

Mulai sekarang persiapkan pembalutmu supaya nggak kurang selama menstruasi ya, Girls! Karena kalau stock pembalutmu kurang, kamu sendiri yang repot harus mendadak beli pembalut, apalagi kalau lagi beraktivitas di luar rumah. So, happy shopping, Girls!

Share artikel ini ke teman-temanmu yuk, supaya mereka bisa mempersiapkan pembalutnya dengan baik!

Related Articles

First Timer
10 May 2021

Boleh Gak Sih Terima Vaksin Covid-19 Pas Lagi Menstruasi?

Hai girls, sebentar lagi kita semua bakal menerima vaksin Covid-19 dari pemerintah lho! Tapi mungkin...
First Timer
05 Dec 2019

Demam Menjelang Menstruasi, Kenapa ya?

Menjelang menstruasi, kamu pernah mengalami demam nggak, Girls? Kalau iya, kamu nggak perlu panik ka...
First Timer
06 Aug 2019

Penyebab Susah Tidur Pas Lagi Menstruasi

Girls, kamu pernah nggak sih, mengalami susah tidur pas lagi menstruasi? Hati-hati ya, hal ini bisa ...