Yuk, Persiapkan Menstruasi Pertamamu dengan Baik!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Yuk, Persiapkan Menstruasi Pertamamu dengan Baik!

Yuk, Persiapkan Menstruasi Pertamamu dengan Baik!

02 Dec 2019

Yuk, Persiapkan Menstruasi Pertamamu dengan Baik!

Mengalami menstruasi pertama adalah hal yang akan dialami setiap cewek di masa remaja. Pasti ada yang nggak sabar menunggu, karena udah banyak teman yang mengalaminya, iya kan, Girls? Tapi, ada juga yang cemas karena belum tau banyak info tentang menstruasi pertama ini. Nah, sebenarnya kamu juga bisa bertanya langsung sama mama, tante, atau kakak yang lebih dulu mengalaminya. Tapi, kalau kamu malu, berikut ini ada beberapa info tentang menarche yang bisa membantu menjawab pertanyaan yang ada di otakmu, Girls!

  • Arti menstruasi

Menstruasi adalah proses tubuh melakukan pembersihan dari jaringan yang nggak dibutuhkan lagi. Dari mana asalnya sih? Sepanjang siklus menstruasi yang lengkap, sebuah sel telur dilepaskan dari salah satu ovarium, dan menuju ke rahim melalui tuba falopi. Setelah seorang cewek mengalami menstruasi, berarti tubuhnya udah siap untuk mengandung bayi. Makanya, rahim membentuk lapisan untuk tempat perkembangan bayi itu. Kalau nggak ada bayi yang bertumbuh, maka lapisan tersebut harus dikeluarkan dari rahim. Proses pengeluaran lapisan dan pembersihan rahim inilah yang disebut sebagai menstruasi.

  • Terjadi secara teratur

Rata-rata seorang cewek mengalami menstruasi secara teratur setiap 27 - 31 hari. Sebenarnya pengulangan menstruasi ini berbeda pada setiap cewek. Secara normal, menstruasi bisa berulang setiap21 - 35 hari. Pengulangan menstruasi inilah yang dikenal sebagai siklus menstruasi.

Menstruasi berlangsung antara 3 - 10 hari, sekalipun rata-rata cewek mengalaminya 5 - 7 hari. Sebelum menstruasi, umumnya terjadi gejala fisik seperti nyeri pada perut, payudara lebih sensitif atau emosi yang nggak stabil. Kondisi ini relatif normal dialami, dan dikenal sebagai Pre-Menstrual Syndrome atau disingkat PMS.

  • Kebersihan

Selama menstruasi, sebaiknya jaga kebersihan diri supaya kamu tetap sehat, Girls. Ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan:

  1. Cuci tangan sebelum mengganti pembalut. Pembalut harus tetap steril sampai digunakan. Inilah sebabnya tanganmu harus bersih saat memasang dan mengganti pembalut.
  2. Ganti pembalut setiap 4 jam, atau setiap kali setelah BAK dan BAB. Pastikan area genitalmu nggak lembap, dengan mengeringkannya setiap kali BAK atau BAB.
  3. Mandi dua hali sehari, dan kenakan pakaian dalam yang bersih setiap kali setelah mandi. Kamu nggak perlu ragu untuk keramas pas lagi menstruasi ya, Girls! Karena hal ini bagian dari langkah menjaga kebersihan diri, dan tetap harus dilakukan pas kamu lagi menstruasi.
  4. Saat menstruasi udah selesai, bisa jadi masih akan ada bercak-bercak darah selama satu atau dua hari. Hal ini sangat normal kok. Kamu bisa menggunakan pantyliner supaya nggak lembap, dan mencegah celana terkena noda darah.

Sekarang udah tau kan, Girls, beberapa hal tentang menstruasi pertama dan apa aja yang harus kamu siapkan? Kalau kamu masih mau tau banyak info tentang menstruasi, kamu bisa cek di https://menstruasi.com ya! Makin lengkap info yang kamu tau, maka kamu juga bakal makin siap untuk menyambut menstruasi pertamamu nanti, Girls!

Yuk, ajak teman-teman cewekmu baca artikel ini, Girls! Supaya mereka juga bisa mempersiapkan menstruasi pertamanya dengan cermat

Related Articles

First Timer
20 Sep 2019

Menstruasi Bisa Bikin Happy kok!

Menstruasi mungkin jadi waktu yang bikin nggak happy buat cewek. Bukan cuma karena sering merasakan ...
First Timer
07 Oct 2019

Good Food, Good Mood

Bagi sebagian cewek, periode sebelum menstruasi dianggap sebagai masa yang bikin nggak nyaman karena...
First Timer
16 Dec 2019

I am a Big Girl

Kalau dulu sebelum puber tubuhmu masih biasa-biasa aja, tapi setelah mengalami masa puber tubuhmu ud...