Yuk, Pahami Siklus Menstruasimu!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Yuk, Pahami Siklus Menstruasimu!

Yuk, Pahami Siklus Menstruasimu!

22 Aug 2019

Yuk, Pahami Siklus Menstruasimu!

Girls, siklus menstruasi yang terjadi setiap bulan memang harus kamu pahami nih, supaya kamu tau apa aja perubahan yang terjadi sama tubuhmu. Misalnya, saat menstruasimu telat atau datang lebih cepat karena stres dan kecapekan. Selain itu, kamu juga bisa memperkirakan kapan datangnya gejala PMS seperti moody yang biasanya terjadi beberapa hari menjelang menstruasi.

Kalau kamu pernah berpikir siklus menstruasi yang normal cuma berulang dalam rentang waktu 28 hari, berarti kamu salah nih, Girls. Karena siklus menstruasi setiap cewek pasti berbeda-beda. 28 hari adalah hasil dari perhitungan rata-rata siklus menstruasi cewek. Faktanya, siklus menstruasi yang normal akan berulang antara 21 – 35 hari. Selain itu, ada juga siklus menstruasi terpendek, yaitu 15 hari dan yang paling lama adalah 45 hari.

Siklus menstruasi yang nggak teratur di awal menstruasi adalah hal yang wajar dialami sama setiap cewek. Karena tubuhmu perlu waktu untuk menyesuaikan kebiasaan baru. Jadi, bisa aja siklus menstruasimu stabil di tiga bulan pertama, lalu berubah di bulan selanjutnya atau malah nggak menstruasi selama sebulan. Tapi tenang aja, Girls! Setelah beberapa tahun, siklus menstruasimu pasti semakin teratur kok! Karena siklus menstruasi biasanya akan teratur dengan sendirinya, kalau kamu udah berusia lebih dari 20 tahun, Girls. Asalkan siklus menstruasimu berlangsung selama rentang waktu yang seharusnya, itu masih normal.

Siklus menstruasi seorang cewek dihitung dari hari pertama menstruasi sampai hari pertama menstruasi di bulan selanjutnya. Jadi, kalau kamu menstruasi di tanggal 2 September dan menstruasi berikutnya di 31 Oktober, maka siklus menstruasimu berlangsung selama 29 hari. Sekarang kamu udah mengerti kan, Girls? So, biasakan untuk menandai kalender di hari pertama menstruasimu setiap bulannya ya, supaya kamu bisa menghitung siklus menstruasimu sendiri. Tapi, kamu juga bisa pakai cara yang lebih praktis dengan menggunakan aplikasi dari Laurier, yaitu Menstrual Diary yang bisa kamu download di HP-mu.

Selama menstruasi, darah dan lapisan dinding rahim akan keluar melewati vagina, termasuk sel telur yang mati karena nggak dibuahi sama sperma. Durasi menstruasi setiap cewek juga berbeda-beda. Mulai dari dua, tiga sampai delapan hari. Selama durasi menstruasimu masih dalam rentang waktu 2 – 10 hari, kamu nggak perlu khawatir karena itu hal yang normal kok, Girls.

Tepat di hari terakhir menstruasi, tubuhmu akan melepaskan hormon yang memerintahkan rahim untuk menerima sel telur baru dari ovarium. Rahimmu juga akan menebalkan dindingnya lagi dengan darah dan nutrisi-nutrisi yang diperlukan sel telur supaya bisa berkembang. Proses ini akan berlangsung pada hari ke-14 atau pas di pertengahan siklus menstruasimu.

Setelah semua proses itu, barulah terjadi ovulasi. Ovulasi adalah pelepasan sel telur dari ovarium ke rahim melalui saluran tuba fallopi. Selama beberapa hari (biasanya sampai hari ke-21) sel telur akan melakukan perjalanan menuju rahim sambil menunggu dibuahi sperma. Saat inilah yang dikenal sebagai masa subur.

Gimana, Girls? Sekarang kamu jadi lebih paham tentang siklus menstruasimu kan? Selain siklus menstruasi, pastikan juga untuk mencatat berbagai gejala yang kamu rasakan supaya datamu lebih lengkap. Data ini penting banget dan bisa dijadikan info tambahan untuk dokter kalau tiba-tiba kamu sakit. So, keep your healthy, Girls!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka paham tentang siklus menstruasinya!

Related Articles

First Timer
11 Nov 2021

Benarkah Obesitas Bisa Ganggu Siklus Menstruasi?

Kebijakan bekerja dan sekolah dari rumah membuat beberapa orang jarang olahraga ke luar rumah dan le...
First Timer
10 Aug 2019

Usir Nyeri Menstruasi dengan Pijat, Tanpa Minum Obat

Kamu sering mengalami nyeri menstruasi nggak, Girls? Pasti di antara kamu masih ada yang mengandalka...
First Timer
03 Sep 2019

Lagi Menstruasi? Enjoy Aja!

Menjelang menstruasi emang bisa jadi waktu yang paling nggak nyaman untuk para cewek. Hal ini dikare...