Yuk, Pahami Proses Pertumbuhanmu!
ask dr laurier

Yuk, Pahami Proses Pertumbuhanmu!

Yuk, Pahami Proses Pertumbuhanmu!

01 Sep 2019

Yuk, Pahami Proses Pertumbuhanmu!

Kamu pasti sadar kan, pertumbuhan fisik cewek bakal terlihat jelas kalau udah usia remaja? Tapi, kadang hal ini suka bikin kamu bingung, benar nggak, Girls? Nah, ini bisa terjadi kalau kamu belum paham sama urutan pertumbuhan fisikmu sendiri. Supaya kamu nggak ribet menunggu dan bisa memantau sendiri perubahan fisikmu dengan baik, coba pahami urutan pertumbuhan cewek di usia remaja berikut ini yuk!

  • Tinggi badan

Pertumbuhan cewek yang paling nyata terlihat di masa remaja adalah pertambahan tinggi badan. Biasanya kamu akan melihat tungkai kaki dan tangan semakin memanjang.

  • Tumbuh payudara

Kamu juga akan menemukan terjadinya pertumbuhan payudara. Awalnya cuma seperti tonjolan kecil di dada dan kadang disertai sedikit rasa nyeri. Kebanyakan cewek menemukan perbedaan kondisi pada kedua payudaranya. Sisi satu terasa sedikit keras, sedangkan sisi yang lain biasa aja. Tenang, Girls, kondisi ini wajar kok. Hal penting yang perlu kamu ingat adalah jangan mencemaskan pertambahan ukurannya, karena pertumbuhan payudara akan terus berlangsung sampai usiamu 18 tahun.

  • Cairan vagina mulai diproduksi

Setelah kamu menemukan kalau vaginamu mengeluarkan cairan, lebih baik langsung bilang sama mamamu untuk dibelikan pantyliner ya. Kenapa? Pantyliner ini bisa menyerap cairan vaginamu yang keluar relatif banyak. Karena saat cairan lagi banyak, kulit di sekitar vaginamu cenderung lembap dan bisa mengakibatkan iritasi atau gatal-gatal.

  • Tumbuh bulu pubis

Setelah tubuhmu memproduksi cairan vagina, maka akan tumbuh bulu-bulu pubis di area kulit sekitar vaginamu. Eits, tapi kamu nggak perlu panik, karena kondisi ini normal kok, Girls. Kamu cukup pastikan untuk selalu membersihkan area yang ditumbuhi bulu pubis ini setiap mandi sore dengan air hangat.

  • Wajah berminyak dan gampang jerawatan

Biasanya, setelah bulu pubis tumbuh, kamu akan menemukan wajahmu jadi lebih berminyak dan gampang ditumbuhi jerawat. Hal ini disebabkan karena kelenjar minyak di bawah kulitmu menjadi aktif. Ada juga dampak lain dari kondisi ini, yaitu aroma tubuhmu yang mulai berubah.

Sekarang kamu paham kan, apa aja yang dilewati tubuhmu saat masa pertumbuhan? Proses pertumbuhan yang terjadi pada bagian-bagian tubuhmu ini bisa membuat tubuhmu jadi lebih berbentuk dan berlekuk. Makanya, pertumbuhan fisik seorang cewek akan terlihat jelas. Kalau udah paham, kamu nggak akan bingung lagi kalau ada perubahan dalam dirimu, iya kan, Girls? Mulai sekarang kamu harus pantau perubahan fisikmu ya, supaya kamu tau udah sampai tahap mana fisikmu berubah. Jangan lupa juga untuk selalu mengatur pola hidup sehatmu ya!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka tau info tentang ini!

Related Articles
First Timer
03 Sep 2019

Malu Pas Menstruasi? Lakukan 4 Hal Ini yuk!

Sama halnya seperti perubahan tubuh yang berlangsung selama masa puber, menstruasi juga kadang bikin...
First Timer
31 Aug 2019

Kenapa Cuma Cewek yang Menstruasi?

Kamu punya sahabat cowok dari kecil nggak, Girls? Wah, pasti seru deh! Di masa remaja saat kamu mula...
First Timer
22 Nov 2019

7 Fakta Tentang Sel Telur

Kalau kamu selama ini menganggap tubuhmu baru bisa memproduksi sel telur pas mulai menstruasi, maka ...