Ini daftar pembalut yang pas buat kamu
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Yuk, Cari Pembalut yang Pas Buatmu!

Yuk, Cari Pembalut yang Pas Buatmu!

21 Aug 2019

Yuk, Cari Pembalut yang Pas Buatmu!

Maxi, mini, slim, overnight, heavy flow, regular, wings. Wah, banyak banget jenis pembalut yang bisa kamu pilih! Biasanya kamu pakai yang mana nih, Girls? Saat menstruasi, sebaiknya kamu pilih pembalut (pad) yang berdaya serap tinggi dan terbuat dari lapisan katun supaya bisa menyerap cairan menstruasimu secara optimal. Sekarang hampir semua pembalut punya materi ekstra di bagian samping (wings) untuk dilipat dan ditempelkan ke sisi celana dalam supaya pembalut nggak bergeser dan mencegah terjadinya bocor ke samping.

Saat memilih pembalut, hal pertama yang harus kamu tau adalah karakteristik menstruasimu. Karena menstruasi setiap cewek pasti beda-beda, Girls. Bahkan setiap bulannya, menstruasimu sendiri bisa beda-beda lho. Kadang banyak atau sedikit, dan waktunya lebih lama atau cepat. Makanya, pembalut juga tersedia bermacam-macam ketebalannya supaya kamu bisa menyesuaikan dengan banyaknya cairan menstruasi. Selain itu, kamu juga harus yakin kalau perubahan jadwal dan volume menstruasimu masih dalam kondisi yang normal. Siklus menstruasi yang normal sekitar 21 - 35 hari dengan durasi 2 - 10 hari, dan rata-rata banyaknya cairan menstruasi yang keluar adalah 4 - 12 sendok teh.

Selain karakteristik menstruasimu, kamu juga harus memerhatikan tingkat kenyamananmu saat memakai pembalut, Girls. Nah, supaya kamu lebih gampang dalam memilih pembalut, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini yuk!

  • Volume darah menstruasi yang keluar pada siang dan malam hari

Walaupun kamu menemukan aliran darah menstruasi yang sama di siang dan malam hari, tapi lebih baik kamu tetap memerhatikan penggunaan pembalutmu. Untuk malam hari, ada pembalut khusus, yaitu overnight. Karena pas lagi tidur, kamu pasti banyak bergerak dan bikin pembalutmu sering bergeser yang bisa menyebabkan pakaian atau sprei tempat tidurmu terkena noda darah menstruasi. Jenis pembalut malam ini dibuat dengan bentuk khusus yang memiliki pelindung samping dan bagian belakang yang lebar karena aliran darah menstruasi cenderung mengalir ke arah belakang saat kamu tidur, Girls.

  • Volume darah menstruasi dari hari pertama sampai terakhir

Kalau menjelang akhir menstruasi volume darah menstruasimu cenderung berkurang, maka kamu disarankan untuk memakai pembalut yang lebih tipis dan kecil, seperti jenis mini, slim atau regular supaya kulit di sekitar vaginamu nggak terlalu tertutup sama pembalut. Sedangkan, kamu bisa memakai pembalut maxi atau heavy flow untuk menemani hari-harimu yang “berat”, yaitu saat cairan menstruasi yang keluar sangat banyak.

  • Banyak aktivitas yang harus dilakukan

Sekolah, berolahraga, menari sampai latihan cheers harus kamu jalani selama menstruasi. Hmm...kalau kamu semakin aktif berarti kamu juga perlu pembalut yang bisa dipercaya nih, Girls. Pembalutmu harus bisa menyerap cairan dengan cepat dan menguncinya dengan baik di dalam, supaya nggak kembali lagi ke permukaan yang akhirnya bisa menyebabkan terjadinya bocor. Selain itu, pembalut yang kamu pakai juga jangan yang mengganggu gerak tubuhmu supaya kamu tetap lincah selama menstuasi, Girls.

Kamu boleh kok, Girls, mencoba-coba berbagai jenis pembalut supaya bisa menemukan pembalut yang cocok dan pas. Di tahun ketiga atau keempat, kamu pasti bakal lebih pintar membaca karakteristik menstruasimu. Misalnya, memakai pembalut maxi dengan wings di tiga hari pertama, lalu memakai jenis slim non-wings di hari-hari terakhir. Jangan lupa juga untuk ganti pembalutmu setiap empat jam sekali supaya mencegah timbulnya bakteri dan bau yang nggak sedap di area vaginamu, Girls!

Ingat ya, jangan pernah membuang pembalut bekas pakai langsung ke toilet! Cara membuang pembalut yang benar adalah membungkusnya dengan tisu, lalu buang ke kotak pembuangan khusus pembalut. Kalau nggak ada, robeklah lapisan luar pembalutmu dan buang isi kapasnya ke kloset. Lalu bungkus lapisan luarnya dengan kertas koran dan buang ke tempat sampah.

Gimana, Girls? Sekarang kamu jadi tau caranya memilih pembalut yang pas dan sesuai sama menstruasimu kan? Ada banyak jenis pembalut yang bisa kamu pakai untuk menemani red day-mu dan bisa bikin harimu tetap nyaman! Intinya, kenyamanan saat memakai pembalut itu cuma bisa diukur sama dirimu sendiri. Makanya, kalau menurut orang lain merek pembalut ‘a’ itu nyaman, belum tentu menurutmu juga nyaman. So, happy shopping, Girls!

Jangan lupa juga untuk share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka bisa memilih pembalut yang pas untuk menstruasinya!

 

Related Articles

First Timer
14 Jan 2022

Iritasi Saat Menstruasi dan Pencegahannya

Setiap hari, kamu wajib banget menjaga kebersihan area kewanitaan terutama saat menstruasi. Menjaga ...
First Timer
16 Sep 2019

Resep Sehat Buat PMS Minggat

Menjelang menstruasi, cewek biasanya mengalami gejala PMS seperti kembung, kram, moody dan merasa ng...
First Timer
04 Jun 2021

Jerawatan Saat Menstruasi? Normal atau Bahaya?

“Duh sebel muka jerawatan lagi deh” “Beli serum penghilang bekas jerawat dimana ya...