Warna Kecokelatan Setelah Menstruasi, Apa tuh?
ask dr laurier

Warna Kecokelatan Setelah Menstruasi, Apa tuh?

Warna Kecokelatan Setelah Menstruasi, Apa tuh?

27 Nov 2019

Warna Kecokelatan Setelah Menstruasi, Apa tuh?

Biasanya setelah kamu selesai menstruasi, kamu akan berpikiran nggak perlu pakai pembalut lagi, iya kan, Girls? Tapi, nggak jarang ada juga yang tiba-tiba mengalami keluarnya cairan bercampur warna kecokelatan setelah menstruasinya selesai. Kamu pernah mengalaminya nggak? Mestinya sih, ini bukan menstruasi ya, Girls. Tapi, kondisi yang kamu alami bisa aja disebabkan karena hal lain nih.

Saat darah menstruasi mengalir keluar dari tubuhmu melalui saluran vagina, ada sel darah yang menyangkut dan menempel di dinding saluran vagina tersebut. Sel darah ini nantinya berubah warna menjadi kecokelatan, dan saat cairan vagina diproduksi cukup banyak, maka sel darah itu akan terbawa keluar dari saluran vagina. Inilah yang terlihat sebagai cairan kecokelatan, Girls. Tapi tenang ya, kondisi ini sangat normal karena termasuk sebagai proses reproduksi.

Tapi kalau cairan kecokelatan yang keluar cukup banyak, disertai gatal di kulit sekitar vagina, dan kadang-kadang terasa nyeri di saluran vagina, maka sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter, Girls. Kondisi ini menandakan terjadinya infeksi di saluran vaginamu. Sebaiknya, jangan mengatasi kondisi ini sendirian ya! Karena cuma dokter yang bisa meresepkan obat antiinfeksi jenis ini. Infeksi di saluran vagina perlu diobati sampai tuntas, supaya nggak memicu gangguan kesehatan reproduksi yang lebih serius.

So, kamu harus waspada kalau mulai merasakan gejala seperti di atas ya! Supaya kamu nggak risih dan pakaian dalammu bersih dari noda, sebaiknya kamu rajin memakai pantyliner, Girls. Tapi, jangan lupa selalu menggantinya setiap 4 jam ya, supaya area vaginamu tetap nyaman dan kering, Girls!

Yuk, ajak teman-teman cewekmu untuk baca artikel ini! Supaya mereka nggak panik kalau melihat bercak kecokelatan selesai menstruasi!

Related Articles
First Timer
28 Nov 2019

Nyeri Pas PMS Bisa Hilang Nggak ya?

Girls, nyeri menstruasi atau yang lebih dikenal sebagai dysmenorrhea bisa dialami kamu sejak menstru...
First Timer
31 Aug 2019

4 Gejala Menstruasi yang Bikin Panik Para Cewek

Girls, kalau menstruasimu tiba-tiba nggak teratur pasti bikin kamu jadi bingung atau khawatir, benar...
First Timer
29 Aug 2019

Kok, Punyaku Masih Rata?

Girls, payudara adalah salah satu bagian tubuh cewek yang akan terbentuk di usia puber. Pertumbuhan ...