Wajar Gak Sih Tidak Menstruasi Sebulan Penuh?
Laurier V Care Expert

Wajar Gak Sih Tidak Menstruasi Sebulan Penuh?

Wajar Gak Sih Tidak Menstruasi Sebulan Penuh?

24 Jun 2022

Wajar Gak Sih Tidak Menstruasi Sebulan Penuh?

Bagi wanita yang sudah menikah, ketika terlambat menstruasi hingga 1 bulan lebih, mungkin bisa menjadi pertanda baik. Sebab, terlambat menstruasi merupakan pertanda utama kehamilan. Namun, bagaimana ya jika yang mengalaminya adalah kamu yang belum menikah? Wah, pastinya akan merasa was was, kan?

Dalam kondisi normal, siklus menstruasi seseorang adalah antara 21-35 hari. Jadi, jika kamu baru terlambat selama 1 bulan atau sekitar 30 hari, sebenarnya tidak perlu khawatir. Apalagi, jika hal ini tidak hanya terjadi satu kali melainkan beberapa kali dan kamu baru mengalami menstruasi kurang dari 2 tahun.

Penyebabnya, pada rentang waktu tersebut masih terjadi perubahan hormon sehingga siklus menstruasi masih belum teratur. Tidak hanya bisa membuatmu terlambat menstruasi sampai 1 bulan saja, bahkan bisa jadi kamu mengalami menstruasi dua kali dalam satu bulan atau satu kali dalam dua bulan. Jadi, kamu tidak perlu panik.

Sementara, jika hal ini terjadi setelah kamu mengalami menstruasi lebih dari 2 tahun, maka hal ini bisa terjadi akibat beberapa hal berikut:

  • Obesitas

Berat badan berlebih pada tubuh akan menyebabkan terjadinya perubahan hormon, yaitu tubuh memproduksi hormon estrogen lebih banyak. Dampaknya adalah proses ovulasi terhambat dan lapisan endometrium menebal sehingga menstruasi tidak teratur. Jika hal ini yang kamu alami, maka ada baiknya mulai mengatur pola makan agar lebih sehat.

  • Berat badan turun

Selain obesitas, berat badan yang turun drastis juga bisa menyebabkan hal ini, lho. Hal ini biasanya terjadi jika penurunan berat badan terlalu cepat dan juga di bawah IMT (Indeks Massa Tubuh) yang normal. Untuk kamu yang mengalaminya, ada baiknya mengembalikan pola makan ke porsi normal. Namun, jika berat badan turun akibat adanya masalah psikologis atau kesehatan, segera lakukan konsultasi pada dokter.

  • Stres

Sudah bukan rahasia lagi bahwa stres bisa berdampak negatif pada tubuh, termasuk mengganggu siklus menstruasimu. Ketika kamu stres, produksi hormon gonadotropin dan kinerja hipotalamus akan mengganggu. Padahal, keduanya bertanggung jawab untuk mengatur siklus menstruasi.

  • Olahraga berlebihan

Olahraga memang baik untuk kesehatan. Namun, tahukah kamu bahwa jika dilakukan secara berlebihan bisa menyebabkan siklus menstruasi terganggu? Penyebabnya adalah karena tubuh akan kehilangan cadangan lemak secara mendadak dan kurangnya energi untuk menghasilkan hormon estrogen dan progesteron. Untuk mengatasinya, cobalah membuat jadwal olahraga yang wajar dan tidak berlebihan.

  • Masalah kesehatan

Jika kamu merasa tidak mengalami salah satu dari penyebab di atas atau kamu merasakan tidak nyaman pada tubuhmu akibat masalah ini, maka disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Sebab, ada beberapa masalah kesehatan yang bisa ditandai oleh keterlambatan menstruasi. Dengan memeriksakan diri ke dokter, kamu bisa mendapat keterangan lebih jelas mengenai kesehatanmu dan penyebab tidak teraturnya siklus menstruasimu.

Ketika siklus menstruasi terlambat, pasti akan membuatmu selalu was-was. Bagaimana jika tiba-tiba menstruasi datang saat kamu sedang pergi? Tapi jika harus memakai pembalut sepanjang hari saat sedang tidak menstruasi pasti juga terasa kurang nyaman.

Tidak perlu bingung, kamu bisa menggunakan pantyliner Laurier Natural Clean, yaitu pantyliner tipis dengan kandungan daun sirih yang mengusir bau, ekstrak daun sage yang dikenal sebagai anti jamur, dan antibac agent yang melawan pertumbuhan bakteri. Dengan menggunakan pantyliner ini, area kewanitaanmu akan tetap kering, bersih, bebas dari bau dan bakteri, serta nyaman sepanjang hari, jadi kamu bebas melakukan berbagai aktivitas. Jika nantinya saat di tengah bepergian ternyata kamu menstruasi, kamu hanya perlu menggantinya dengan pembalut yang biasa kamu pakai.

Related Articles
First Timer
14 Nov 2020

Sebagai Wanita Penting Mengetahui Siklus Haid

 Menstruasi pertama kali biasanya terjadi pada umur pubertas, yang dimulai umur 12 tahun yang s...
First Timer
21 Nov 2019

Olahraga VS Menstruasi

Saat menstruasi kamu pasti sering merasa lemas dan gampang capek kan, Girls? Hal ini yang bikin kamu...
First Timer
10 Jun 2019

Tips Simple Atasi Nyeri Haid

Kamu tau nggak, Girls, kalau sebenarnya nyeri yang dirasakan pas lagi haid itu nggak cuma terjadi di...
All Things Period
Period Facts

Cari tahu berbagai informasi seputar menstruasi di sini.

Adulthood

Break the taboo! Kenali lebih dalam mengenai kesehatan reproduksi dan juga tubuhmu.

First Timer

Sex education untuk kamu yang beranjak dewasa.

Motherhood

Seputar kehamilan, masa subur, dan tips edukasi menstruasi untuk para Ibu.

Body & Mind
Healthy Body

Kesehatan merupakan hal utama agar bisa menikmati hidupmu secara maksimal.

Healthy Mind

Feeling underwhelmed during your period? Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya.