Ubah Bad Mood Jadi Good Mood
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Ubah Bad Mood Jadi Good Mood

Ubah Bad Mood Jadi Good Mood

30 Aug 2019

Ubah Bad Mood Jadi Good Mood

Moody, sensi, gampang sedih dan marah adalah hal yang sering banget dialami para cewek menjelang dan selama menstruasi. Setuju nggak, Girls? Kalau udah begitu, pasti teman, adik atau bahkan pacarmu bakal kena omelanmu. Duh, suasananya jadi nggak nyaman deh! Kamu pasti berharapnya semoga nggak ada yang sakit hati pas kamu marah-marah. Kondisi ini nggak enak banget kan, kalau terjadi terus menerus. Hmm...kira-kira penyebabnya apa ya?

Kondisi emosi yang nggak terkendali itu terjadi karena kadar hormon reproduksi di dalam tubuhmu lagi berubah-ubah selama siklus menstruasi berlangsung, terutama hormon estrogen. Kadar estrogen mulai meningkat pelan-pelan setelah menstruasi, dan akan mencapai kadar tertingginya saat dua minggu setelah itu. Naik turunnya kadar estrogen inilah yang membuat kontrol emosimu jadi terganggu. Eits, tapi kamu jangan terbawa suasana dan membiarkan bad mood-mu berlangsung lama ya! Kamu bisa kok, bikin hari-harimu jadi lebih seru walaupun lagi merasakan gejala PMS. Gimana caranya ya?

  • Mandi dengan air hangat dan sabun aromaterapi. Hal ini bisa bikin badanmu segar dan mengembalikan mood-mu.
  • Makan cokelat, karena cokelat punya kandungan yang bisa bikin kamu jadi lebih relaks.
  • Mengonsumsi minuman hangat seperti teh atau cokelat juga bisa bikin kamu jadi lebih tenang.
  • Menonton film kesukaanmu sambil makan snack atau menghias kuku sesuai kreasimu bisa membuat kamu jadi lebih happy lho! Eits, tapi jangan lupa dihapus lagi ya, kalau udah selesai menstruasi supaya nggak kena marah guru di sekolah.
  • Berolahraga. Walaupun mungkin kamu merasa nggak nyaman, tapi berolahraga ringan pas menstruasi ternyata bisa meredakan ketegangan otot tubuhmu dan kamu bisa merasa lebih nyaman lho, Girls!
  • Hangout bareng teman-teman cewekmu seperti shopping sambil berbagi cerita juga bisa meredakan ketegangan dan stres karena gejala PMS. So, kamu bisa mencoba cara ini untuk balikin mood-mu.
  • Bergerak. Kalau kamu bergerak, tubuhmu akan menghasilkan lebih banyak hormon endorfin yang berfungsi memicu rasa bahagia, Girls. Lebih bagus lagi kalau kamu berolahraga. Tapi, kalau kamu susah atau nggak ada waktu untuk berolahraga maka kamu bisa melakukan kegiatan-kegiatan lain yang membuat tubuhmu tetap bergerak. Misalnya, membantu mama membereskan rumah seperti mencuci piring setelah makan malam. Intinya, jangan cuma diam aja supaya kamu nggak moody-an!
  • Kalsium. Sebuah penelitian menemukan kalau tambahan asupan kalsium sebanyak 500 mg dua kali sehari bisa meredakan emosi yang nggak stabil menjelang dan saat menstruasi lho! Jadi, jangan lupa tambahkan makanan yang mengandung kalsium selama kamu menstruasi ya, Girls!
  • Relaksasi. Kamu bisa melakukan relaksasi sebelum tidur malam atau setelah bangun di pagi hari. Nggak perlu waktu lama kok, kamu cukup lakukan relaksasi seperti mengatur napas sambil menghitung 1 – 10 dengan durasi 10 menit.
  • Jangan begadang. Di usia remaja, kamu butuh lebih banyak waktu tidur, minimal delapan jam saat tidur malam. Tidur ini bisa bikin kesehatan mentalmu jadi seimbang. So, kamu bisa tahan sama stres, mood stabil dan tubuhmu nggak bakal bereaksi secara berlebihan terhadap kadar hormon yang lagi naik turun menjelang menstruasi. Ingat ya, jangan begadang!
  • Tenang. Tugas sekolah yang datang dan nggak pernah habis ditambah ekskul, semua itu bisa bikin tubuh dan pikiranmu stres lho! Sebenarnya kondisi ini bisa diatasi kalau kamu merasa tenang. Untuk menenangkan diri dari kegiatan rutinmu menjelang menstruasi, kamu bisa coba lakukan dengan cara berolahraga, mendengarkan musik atau mandi air hangat pakai sabun aromaterapi.

Sebenarnya, saat kadar hormon lagi naik turun menjelang menstruasi, kontrol emosimu cenderung melonggar. Jadi sebelum kamu merasakan emosi yang nggak stabil, kamu bisa menandai hari pertama menstruasimu di kalender, hitung mundur sepuluh hari sebelumnya, lalu tandai lagi. Ini adalah waktu di mana tubuhmu mulai mengalami PMS dan ada kemungkinan emosimu mulai nggak stabil yang akhirnya bikin kamu merasa nggak nyaman.

Nah, setelah kamu tau cara mengatasi bad mood menjelang menstruasi, berarti kamu tinggal prepare deh! Simple banget kan, caranya? Mulai sekarang kalau kamu lagi merasakan gejala PMS, lakukan aja salah satu kegiatan di atas supaya bad mood-mu mereda dan nggak bakal bikin orang-orang di sekitarmu menjauh, Girls!

Kamu punya cara lain untuk mengatasi bad mood? Tulis di kolom komentar yuk! Jangan lupa juga ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka bisa mengatasi bad mood menjelang menstruasinya!

Related Articles

First Timer
04 Dec 2019

Bebas Mual Menstruasi

Girls, mual memang udah menjadi salah satu gejala pra-menstruasi atau PMS. Kondisi ini bisa membuatm...
First Timer
09 Oct 2019

Aku Telat Puber Nggak ya?

Kamu pasti udah sering dengar kata “puber” kan, Girls? Hmm….sebenarnya puber itu ...
First Timer
22 Sep 2021

7 Tanda Pubertas yang Perlu Kamu Ketahui

Puber atau pubertas adalah hal wajar yang akan dialami semua orang. Biasanya puber ini ditandai deng...