Tips Ngobrol Santai Tentang Menstruasi Sama Mama
ask dr laurier

Tips Ngobrol Santai Tentang Menstruasi Sama Mama

Tips Ngobrol Santai Tentang Menstruasi Sama Mama

29 Nov 2019

Tips Ngobrol Santai Tentang Menstruasi Sama Mama

Saat menstruasi, kamu masih suka merasa bingung nggak, Girls? Misalnya, “kenapa menstruasiku lama ya?” atau “kenapa ya, pas menstruasi sering pipis?” Kalau kamu udah merasa terganggu dan penasaran karena perubahan yang terjadi pada tubuhmu, berarti udah saatnya nih, kamu bicara pada mama. Meski terkadang mengobrol tentang menstruasi, dan seks atau reproduksi sama mama buat kamu nggak nyaman dan nggak terbiasa bahas topik ini secara terbuka, tapi mama adalah sumber informasi yang sangat baik tentang hal ini lho. Nah, biar nggak kaku pas ngobrol sama mama tentang topik ini, ada beberapa cara yang bisa kamu coba nih, Girls!

  • Santai. Membayangkan kamu duduk bersama mama dan membicarakan tentang seks, menstruasi dan perubahan tubuh di masa puber pastinya menegangkan, iya kan? Cara yang paling baik adalah memulai percakapan dengan santai. Bertanya tentang kondisi mama misalnya, “Ma, dulu pertama menstruasi umur berapa?” Pertanyaan ini bisa membuka diskusi menjadi lebih serius, tanpa kamu harus berpanjang-panjang bertanya.
  • Tertulis. Bila kamu sulit berbicara langsung, cobalah bertanya dengan cara menulis. Inti pesan itu adalah meminta mama menyediakan waktu untuk berbicara, seperti: “Mama, perutku sakit sekali saat menstruasi belakangan ini, aku butuh saran mama. Boleh kita mengobrol malam nanti?” Dengan cara ini, maka mamalah yang akan mengajakmu bicara. Kamu nggak perlu memulai percakapan yang membuatmu nggak nyaman itu.
  • Langsung. Sebaiknya saat bertanya, kamu langsung menyatakan perasaanmu. Contohnya, “Aku merasa nggak nyaman, dan ingin bertanya tentang menstruasi.” Cuma dengan cara ini, mama langsung mengerti inti masalah yang kamu hadapi. Tanpa memandang benar atau salah pertanyaanmu, pastikan pada mama bahwa yang mau kamu ketahui adalah hal-hal yang berhubungan dengan tubuhmu.

Sekarang kamu udah tau kan, Girls, gimana caranya bicara sama mama tentang menstruasi dan reproduksi? Sebenarnya untuk hal-hal kecil, mama pasti bisa memberi sarannya kok, seperti gimana mengatasi kram saat menstruasi. Bisa jadi sebenarnya mama juga punya masalah itu saat masih remaja dulu, dan tentu aja sangat senang kalau ada yang menanyakannya.

Tapi, kalau kamu tetap merasa nggak nyaman bicara pada mama, kamu bisa bertanya pada anggota keluarga lain, seperti kakak, sepupu atau tante. Mereka juga nggak akan sengaja menyesatkan dengan informasi yang nggak benar.

Yuk, share info ini ke teman-teman cewekmu, Girls! Supaya mereka juga merasa nyaman berbicara seputar menstruasi ke mamanya!

Related Articles
First Timer
05 Sep 2019

Jerawat Pas Menstruasi? NO WAY!

Girls, kamu pernah nggak sih, pas bangun di pagi hari tiba-tiba ada jerawat tumbuh di wajahmu? Duh, ...
First Timer
04 Sep 2019

‘Kecelakaan’ di Sekolah

Girls, kamu sering nggak sih, melihat temanmu ‘kecelakaan’ pas menstruasi di sekolah? Du...
First Timer
17 Dec 2019

6 Tips Simple Usir Badmood Saat Menstruasi

“Duh! Kenapa ya hari ini bawaannya pengen marah-marah mulu!” kamu pernah seperti ini ngg...