Tips Mudah Memutihkan Selangkangan
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Tips Mudah Memutihkan Selangkangan

Tips Mudah Memutihkan Selangkangan

23 Dec 2021

Tips Mudah Memutihkan Selangkangan

Selangkangan yang menghitam mungkin bikin kurang pede bagi sebagian wanita. Belum lagi kalau ditambah dengan rasa gatal. Sebenarnya kenapa sih selangkangan bisa menghitam? Bagaimana cara mengatasinya? Simak infonya di artikel berikut ini ya, girls! 

Selangkangan adalah salah satu area tubuh yang selalu dalam keadaan tertutup. Selangkangan biasanya tertutup oleh lebih dari satu lapis pakaian. Hal ini yang biasanya membuat kondisi area selangkangan menjadi lebih hangat dibandingkan bagian tubuh lainnya. 

Nah, kalau kamu gak rajin merawat kebersihan maka area tersebut mudah berkeringat dan akan menjadi lembap. Belum lagi ditambah dengan adanya rambut kemaluan yang membuat keringat, sel kulit mati, dan kuman yang mungkin bisa berkembang dengan cepat. Hal inilah yang menyebabkan kamu mengalami gatal di selangkangan.

Selain gatal, area selangkangan biasanya menghitam karena struktur kulit bagian paha dalam menghasilkan melanin berlebihan. FYI, melanin adalah pigmen yang memberi warna pada kulit. Nah, jika melanin berlebihan, hal ini akan membawa pada kondisi yang disebut dengan hiperpigmentasi kulit. Perubahan warna paha bagian dalam yang menggelap bahkan juga bisa melebar ke daerah luar vagina atau selangkangan.

Kenapa selangkangan bisa hitam? 

Perlu diketahui bahwa perubahan warna pada kulit, terutama perubahan ke arah yang lebih gelap atau hiperpigmentasi dapat dicetuskan oleh beberapa faktor. Misalnya saja, perubahan kondisi hormonal, wanita pengguna pil KB, kurang terjaganya kebersihan, atau seringnya terjadi gesekan antar kulit. 

Jika kondisi kulit yang menghitam itu terjadi di selangkangan, maka pemicunya ada dua, yaitu kurang terjaganya kebersihan dan gesekan antarkulit. Efek gesekan pada kulit hingga membuatnya menghitam disebut sebagai chafing. 

Nah, efek chafing biasanya lebih nyata selama menstruasi, karena area vagina dalam keadaan lembap dalam waktu yang lama. Kombinasi dari gesekan antarkulit dan kain celana plus area kelamin yang lembap dapat membuat selangkangan menghitam.

Sebelum kulit akhirnya menghitam, gesekan antara kulit dengan kain yang kasar dan ketat akan menciptakan sensasi terbakar. Setelah itu, kulit akan mengalami iritasi dan lecet. Akhirnya, kulit menjadi lebih tipis, gatal, lalu berubah warna menjadi lebih gelap atau kehitaman.

Cara memutihkan selangkangan 

cara memutihkan selangkangan

Ada beberapa cara memutihkan selangkangan. Ada yang dengan menggunakan krim instan, ada juga yang menggunakan bahan-bahan alami. Kalau kamu lebih suka dengan bahan-bahan alami, ada beberapa bahan yang bisa dicoba. Berikut ini penjelasannya. 

1. Minyak kelapa dan lemon

Lemon merupakan buah tinggi vitamin C yang bisa membantu mengatasi hiperpigmentasi. Sementara itu, minyak kelapa berfungsi sebagai pelembap dan dapat membantu menjaga paha kamu tetap lembap sekaligus menjaga elastisitas kulit. Gimana cara membuat racikan pemutih selangkangan dengan minyak kelapa dan lemon? Ini dia nih caranya:

  • Campurkan beberapa sendok makan minyak kelapa dengan perasan setengah buah lemon.

  • Gosokkan adonan ke area selangkangan tapi berhati-hatilah agar jangan sampai terkena alat kelamin.

  • Pijat dengan lembut selama 10 menit atau lebih.

  • Cuci bersih area selangkangan.

Penelitian menunjukkan bahwa bahan alami yang mengandung vitamin C lebih efektif mencerahkan kulit daripada bahan kimia lain.

2. Gula

Gula dapat membantu eksfoliasi kulit. Eksfoliasi adalah suatu cara mengangkat atau mengikis sel-sel kulit mati yang berada di lapisan terluar kulit.  Eksfoliasi pada area kulit yang gelap bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Lalu, gimana cara memutihkan selangkangan dengan gula? Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu simak. 

  • Campurkan 1 buah jus lemon segar, satu sendok teh gula, dan satu sendok makan madu.

  • Gosok lembut campuran ke paha bagian dalam.

  • Bilas area selangkangan hingga bersih untuk menghilangkan scrub.

3. Oatmeal dan yogurt

Oatmeal gandum dipercaya bisa digunakan untuk mengobati masalah kulit kering yang meradang, seperti penyakit kulit eksim (dermatitis atopik). Sementara itu, yogurt mengandung asam laktat yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Asam laktat sendiri yaitu sisa metabolisme tubuh yang dihasilkan di sel otot dan sel darah merah. 

Tertarik memutihkan selangkangan dengan oatmeal dan yogurt? Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan: 

  • Campurkan 3 sendok makan yogurt dan 3 sendok makan oatmeal.

  • Aduk hingga rata dan membentuk pasta.

  • Oleskan scrub ke area kulit yang gelap dan gosok dengan lembut.

  • Bersihkan pasta yogurt dan oatmeal ini dari area selangkangan.

4. Baking soda

Baking soda (soda kue) bisa membuat kulit lapisan luar kamu mengelupas. Namun, kamu harus berhati-hati karena terlalu banyak menggunakan baking soda bisa membuat kulit jadi lecet dan akhirnya menimbulkan luka. Kalau kamu ingin mencoba menggunakan baking soda, berikut panduannya.

  • Tuang setengah sendok teh baking soda dan campurkan dengan 1 sendok teh air.

  • Oleskan tipis-tipis ke paha bagian dalam, seperti Anda akan memoleskan masker wajah atau tubuh.

  • Biarkan selama setidaknya 15 menit lalu bilas hingga bersih.

5. Lidah buaya

Gel lidah buaya atau produk pelembap dengan bahan dasar lidah buaya dapat merelaksasikan kulit yang lecet atau teriritasi. Lidah buaya mengandung zat aloin, yang kemungkinan bisa mencerahkan kulit. Penasaran ingin tahu gimana cara pakainya? Berikut ini penjelasannya. 

  • Oleskan seperti lotion, dan biarkan produk meresap ke kulit. 

  • Setelah itu kamu gak perlu membilasnya. 

6. Kentang

Menggosok kentang di kulit sudah lama menjadi cara tradisional untuk menyamarkan bintik gelap yang muncul di wajah atau area lain. Katekolase, enzim yang terkandung dalam kentang, diyakini bisa membantu mencerahkan kulit. Nah, berikut ini adalah cara memutihkan selangkangan dengan bahan utama kentang.

  • Iris kentang.

  • Gosok irisan kentang di atas area selangkangan selama 15 menit atau lebih lama.

  • Cuci bersih dengan lembut area tersebut.

Dari sekian cara mudah memutihkan selangkangan tersebut, yang mana yang kamu mau atau pernah kamu coba? Buat kamu yang selangkangannya belum menghitam, ada baiknya selalu menjaga area vagina tak lembap ya. 

 

Laurier

Salah satu cara menjaga area vagina gak lembap dengan memilih pembalut Laurier Healthy Skin. Pembalut ini memiliki inovasi baru 3D Pori Bergelombang yang menyerap cairan seketika dan meningkatkan 80% sirkulasi udara sehingga pembalut tetap kering. Cegah lembap, cegah iritasi!

 

Related Articles

First Timer
22 Nov 2019

Sariawan Pas PMS, Nyebelin Banget!

Kamu pasti udah nggak asing lagi sama gangguan menstruasi yang tiba-tiba muncul seperti jerawatan, m...
First Timer
23 Sep 2022

Darah Menstruasi Menggumpal, Berbahayakah?

Sama seperti warna darah menstruasi, konsistensi atau tekstur darah menstruasi kamu juga bisa berbed...
First Timer
10 Dec 2019

Pakaian Dalam Bersih, Bebas Noda Darah

Pernah mengalami menstruasi yang tiba-tiba datang di malam hari nggak, Girls? Alhasil pas kamu bangu...