Tips Mandi Saat Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Tips Mandi Saat Menstruasi

Tips Mandi Saat Menstruasi

03 Oct 2019

Tips Mandi Saat Menstruasi

Mandi adalah saat paling pribadi untuk setiap orang, termasuk para cewek yang lagi menstruasi. Selain bisa menyegarkan dan membersihkan diri, mandi juga bisa bikin kamu merasa lebih nyaman dan bersemangat. Setuju nggak, Girls? Tapi kamu tau nggak sih, apa aja yang harus kamu lakukan supaya mendapatkan manfaat yang optimal kalau mandi saat menstruasi? Lakukan hal-hal di bawah ini yuk!

  • Sebelum mandi, siapkan celana dalam bersih yang udah dipasangi pembalut. Letakkan di tempat bersih dan gampang kamu jangkau supaya kamu bisa langsung memakainya setelah mengeringkan badan sehabis mandi.

  • Sesaat sebelum mandi, pastikan untuk buang air kecil dulu. Urine yang keluar melalui saluran kemih bisa membantu mendorong sisa sel darah menstruasi yang ada di ujung saluran vagina, sehingga menjadi bersih.

  • Suhu air mandi saat menstruasi juga penting untuk kamu perhatikan. Saat menstruasi, kondisi otot di seluruh tubuhmu cenderung menegang akibat kontraksi otot perut yang terjadi saat akan mengeluarkan darah menstruasi. Makanya, kamu disarankan untuk menggunakan air hangat saat mandi. Suhu air yang lebih tinggi dari suhu tubuhmu bisa membuat otot lebih relaks, sehingga pegal dan nyeri bisa mereda.

  • Pakai sabun atau bath foam beraroma supaya tubuhmu semakin relaks. Kamu juga bisa pilih aroma yang kamu suka, Girls.

  • Setelah memakai sabun, usap bagian luar bibir vagina supaya bersih. Area tersebut cenderung lembap karena cairan menstruasi dan sirkulasi udara yang kurang selama menstruasi.

  • Keringkan area vagina sampai benar-benar kering sebelum menggunakan celana dalam yang udah dipasangi pembalut sebelumnya. Jangan sampai membiarkan area kulit di sekitar vaginamu lembap karena bisa memicu infeksi.

Sebagian dari kegiatan di atas pasti udah pernah kamu lakukan kan, Girls? Kalau memang ada yang belum, kamu bisa coba melakukannya dari sekarang supaya tubuhmu selalu sehat dan bersih selama menstruasi. Mandi adalah kegiatan rutin yang pasti kamu lakukan, kalau pas menstruasi, kamu tinggal tingkatkan lagi dengan cara-cara di atas. Selain sehat dan bersih, kamu juga akan merasa segar selama menstruasi, Girls!

Jangan lupa share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka tau info tentang ini!

Related Articles

First Timer
21 Jul 2022

Pendarahan di antara Menstruasi, Normalkah?

Siklus menstruasi rerata perempuan berkisar pada rentang 21–35 hari. Artinya, seorang perempua...
First Timer
14 Nov 2019

Apa yang Salah Sama Gigi dan Gusiku?

Girls, kamu sadar nggak sih, kalau menjelang menstruasi pasti gusimu jadi gampang berdarah dan gigi ...
First Timer
10 Sep 2019

Siang dan Malam Tetap Nyaman!

Cewek memang nggak bisa lepas dari ‘sahabat’ bulanan, yang namanya menstruasi. Selama me...