Tidur Malam Nggak Pakai Ribet!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Tidur Malam Nggak Pakai Ribet!

Tidur Malam Nggak Pakai Ribet!

10 Sep 2019

Tidur Malam Nggak Pakai Ribet!

Kehebatan pembalut siang saat ini memang nggak perlu ditanyakan lagi, Girls. Selain daya serapnya tinggi, bentuknya juga super tipis jadi nggak mengganjal pas dipakai. Bikin kamu makin pede dan aktif sepanjang hari deh! Nah, makanya kamu juga pasti mau merasa nyaman seperti itu di malam hari kan, Girls? Terkadang kamu jadi mengandalkan pembalut siang untuk kamu pakai di malam hari. Benar nggak? Hmm….mending kamu sesuaikan pembalut malammu, karena saat siang dan malam hari posisi tubuhmu cenderung berbeda lho.

Persiapan tidur malam pas menstruasi memang lebih ribet. Biasanya karena kamu merasa lembap atau harus menjaga posisi tidur supaya nggak tembus, akhirnya tidurmu jadi nggak nyenyak deh. Belum lagi persiapan untuk melapisi area tidur supaya kalau tembus nggak mengotori spreimu. Kalau persiapan tidurmu seribet itu, pasti butuh waktu lama dan kamu juga jadi susah tidur selain di kamarmu. Benar nggak, Girls? Padahal tidur malam ini penting banget lho! Karena kalau tidur malammu cukup dan baik, maka tubuhmu akan segar untuk menjalankan aktivitas keesokan harinya. Selain itu, kamu juga bisa terhindar dari anemia pas menstruasi.

Hal lain yang perlu kamu tau adalah aliran darah menstruasi di siang dan malam hari sebenarnya berbeda. Berdasarkan penelitian, ditemukan kalau 81% kebocoran darah menstruasi pas tidur malam adalah ke bagian belakang dan 27% ke samping. Hal ini disebabkan karena saat tubuhmu dalam posisi tidur, aliran darah dari saluran vagina cenderung keluar ke arah belakang atau samping. Sedangkan, saat siang hari tubuhmu lebih banyak dalam posisi tegak yaitu berdiri, berjalan dan duduk, maka aliran darah menstruasi akan keluar secara tegak lurus.

Fakta itulah yang membuat pembalut siang dan malam didesain dengan bentuk yang berbeda. Kalau pembalut siang dibuat ramping, nggak terlalu tebal. Sedangkan untuk pembalut malam dibuat mengikuti bentuk tubuh cewek yang melebar di bagian belakang dan lebih panjang dari pembalut siang. Sama seperti pembalut siang, pembalut malam juga dibuat dengan daya serap yang tinggi kok. So, bisa bikin kamu tetap nyaman sepanjang malam, Girls!

Kamu nggak perlu khawatir saat ingin bersantai di rumah seperti duduk, selonjoran atau mengobrol dengan keluarga sambil tidur-tiduran, kalau kamu udah memakai pembalut malam setelah mandi sore. Karena pembalut malam akan menyerap darah menstruasimu secara optimal.

Gimana, Girls? Sekarang kamu tau kan, kalau aliran darah menstruasi di siang dan malam hari itu berbeda? Jadi, kamu bisa memilih jenis pembalut yang sesuai dengan kebutuhanmu. Mulai sekarang jangan lupa untuk memilih pembalut yang bisa menampung darah menstruasimu secara optimal ya, supaya aktivitasmu di siang hari nggak terganggu dan tidur malammu nggak ribet lagi, Girls!

Share artikel ini ke teman-temanmu yuk, supaya aktivitas dan tidur malamnya nggak terganggu pas menstruasi!

Related Articles

First Timer
05 Sep 2019

Bebas Aktif Menjelang Menstruasi

Girls, kamu sering mengalami gejala PMS menjelang menstruasi nggak? Kalau iya, jangan dibiarkan terl...
First Timer
17 Dec 2021

Lendir Serviks, Tanda Penyakit atau Masa Subur?

Berbicara soal organ intim wanita, perlu diketahui ada cairan yang biasa keluar dari vagina selain d...
First Timer
17 Sep 2019

Kenapa Aku Sering Bad Mood Pas Mau Menstruasi?

Banyak cewek yang mengalami serangan bad mood menjelang menstruasi. Kamu termasuk salah satunya ngga...