Tetap Ceria Saat PMS Datang di Hari Raya
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Tetap Ceria Saat PMS Datang di Hari Raya

Tetap Ceria Saat PMS Datang di Hari Raya

12 Dec 2019

Tetap Ceria Saat PMS Datang di Hari Raya

Moody saat menjelang menstruasi pas di Hari Raya Lebaran, pasti bikin kamu nggak nyaman kan, Girls? Apalagi kalau saat itu kamu harus bertemu dengan orang banyak dan bisa-bisa saat itu emosimu muncul nggak terkendali. Hmm…kondisi emosi ini terjadi karena nggak seimbangnya kadar hormon reproduksimu, terutama estrogen yang terjadi sepanjang siklus menstruasi. Kadar estrogen mulai meningkat perlahan setelah menstruasimu berakhir, dan kemudian meningkat hingga mencapai kadar tertinggi dua minggu setelah itu. Ketidakseimbangan kadar estrogen ini menyebabkan kontrol emosimu terganggu. Kalau kamu mengalami hal ini, jangan panik ya, Girls, sebaiknya kamu lakukan tips di bawah ini!

  • Bergerak. Diketahui kalau tubuh kamu akan menghasilkan lebih banyak hormon endorphins yang bertugas memicu rasa bahagia,  kalau kamu bergerak. Idealnya sih berolahraga. Tapi, karena nggak mungkin lagi, maka disarankan kamu melakukan sesuatu di rumah yang membuat tubuhmu tetap bergerak. Bantu mama beres-beres acara makan keluarga, cuci piring, nganterin sajian buat tamu. Apapun aktivitasnya, lakukan supaya tubuhmu bergerak ya, Girls.
  • Calcium. Sebuah penelitian di tahun 2009 telah menemukan bahwa tambahan Calcium dua kali sehari sebanyak 500mg dapat meredakan ketidakyamanan emosi menjelang atau pada saat menstruasi.
  • Relaksasi. Sesekali melipir ke kamar, lalu nikmati waktumu. Nggak perlu lama-lama. Kamu cukup melakukannya 10 - 15 menit, teangkan dirimu, tarik nafas dalam-dalam lalu hembuskan, sambil memeriksa penampilan sudah cukup tenang atau belum.

Nah, kamu udah tau kan, sekarang? Coba deh kamu lakukan tiga tips di atas, supaya mood yang kamu rasakan bisa terkendali, Girls. Jadi, kamu udah siap deh buat ketemu orang banyak dan siap menebar senyum manis lagi ketika bertemu kerabat. Keep smile, Girls!

Yuk, ajak teman yang lain buat baca artikel ini, Girls! Supaya mereka juga bisa tetap ceria walau sedang mengalami PMSnya.

Related Articles

First Timer
26 Jul 2021

10 Mitos Menstruasi yang Perlu Kamu Ketahui, No. 10 Sering Terjadi!

Hai, girls! Siapa nih yang sering denger kalau lagi menstruasi itu gak boleh keramas karena pas mens...
First Timer
30 Jul 2019

Bahaya Nggak ya, Kena Diare Pas Menjelang Menstruasi?

Kamu pernah kena diare sebelum menstruasi? Pasti rasanya nggak enak banget, deh. Tapi kamu tau nggak...
First Timer
07 Oct 2019

PMS Bukan Penyakit!

Pre-Menstrual Syndrome atau gejala sebelum menstruasi adalah berbagai gangguan yang dialami cewek se...