ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Tembus?! Nggak Usah Panik!

Tembus?! Nggak Usah Panik!

24 Sep 2019

Tembus?! Nggak Usah Panik!

Di usia remaja, saat hormon reproduksi di dalam tubuh belum seimbang, biasanya volume darah menstruasi yang keluar itu nggak stabil, kadang sedikit atau sebaliknya. Iya kan, Girls? Jadi nggak heran deh, kalau para cewek merasa khawatir terjadi risiko ‘tembus’. Eits, tenang dulu, Girls! Kejadian tembus ini bisa kamu atasi kok, lakukan aja cara-cara di bawah ini:

  • Langsung ganti. Kalau kejadian tembus ini kamu alami di rumah, langsung rendam pakaian yang terkena noda darah supaya bisa langsung memudar dan gampang dibersihkan.

  • Minta tolong teman. Kalau lagi di sekolah, minta tolong temanmu untuk menutupi bagian yang terkena tembus, lalu pergi ke toilet.

  • Cuci noda menstruasi yang menempel di rok atau celana dengan air dingin supaya noda darah memudar. Jangan siram noda bekas tembus di pakaianmu dengan air panas, karena hal itu justru akan mengikat noda darah di kain dan susah hilang.

  • Tutupi dengan cardigan. Kalau kamu atau temanmu lagi pakai cardigan atau sweater, lingkarkan di pinggangmu untuk menutupi noda tembus di rokmu.

Intinya, kamu harus tetap tenang saat mengalami kejadian tembus, karena kalau panik kamu jadi nggak bisa berpikir dan bingung, Girls. Kamu juga nggak perlu malu, kejadian tembus ini nggak cuma kamu yang mengalaminya kok. Pasti hampir semua cewek juga pernah mengalaminya, karena memang susah untuk diperkirakan, apalagi saat volume darah menstruasi yang keluar lagi nggak stabil dan tiba-tiba deras. Ingat, menstruasi adalah salah satu hal yang menandakan kalau tubuhmu sehat. So, kamu harus tetap happy pas menstruasi, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca info ini supaya mereka bisa mengatasi tembus saat menstruasinya!

Related Articles

First Timer
12 Aug 2019

Pembalut Aman Bikin Tidur Jadi Nyaman

Walaupun kamu udah sering mengalami menstruasi, tapi kalau lagi tidur di malam hari pasti kamu juga ...
First Timer
25 Nov 2019

Darah Menstruasiku Sedikit atau Banyak ya?

Girls, semua tentang menstruasi yang udah pernah kamu alami, pasti udah nggak asing lagi, iya kan? K...
First Timer
13 Sep 2019

PDKT Sama Pembalut yuk!

Kamu pasti udah tau kan, kalau pembalut itu salah satu sahabat para cewek pas menstruasi? Tapi, kamu...