Tebal Bukan Jaminan!
ask dr laurier

Tebal Bukan Jaminan!

Tebal Bukan Jaminan!

29 Aug 2019

Tebal Bukan Jaminan!

Saat menstruasi nggak cuma masalah PMS seperti kram atau nyeri perut aja yang harus dialami para cewek, tapi rasa takut “tembus” juga sering dipikirkan kalau darah menstruasi yang keluar lagi banyak. Betul nggak, Girls? Salah satu cara yang biasanya dilakukan beberapa cewek untuk mencegah tembus adalah memakai pembalut yang tebal. Hmm...sebenarnya tindakan ini belum tentu benar lho. Karena nyatanya, pembalut yang tebal punya beberapa dampak buruk untuk tubuhmu, Girls! Kira-kira apa aja ya?

  • Pembalut yang tebal bisa menyebabkan aliran udara ke permukaan kulit di sekitar vaginamu jadi terhambat selama menstruasi. Kondisi ini bisa meningkatkan kelembapan, sehingga area vaginamu gampang terkena infeksi kulit, ruam dan iritasi.

  • Pembalut yang tebal lebih mengganjal dan mengganggu saat kamu bergerak.

  • Ada risiko bentuk dari pembalut yang tebal itu terlihat saat kamu memakai celana atau baju yang ketat.

Saat ini udah banyak pembalut yang dibuat dengan teknologi yang lebih baik, Girls! Sehingga pembalut yang super tipis juga bisa menyerap cairan menstruasimu lebih banyak dan cepat. Jenis pembalut yang tipis akan lebih nyaman kamu pakai karena nggak mengganjal, menghambat gerak ataupun membatasi pilihan outfit-mu. Jadi kamu nggak perlu khawatir bentuk pembalutmu terlihat dari luar, Girls! Lebih penting lagi adalah pembalut tipis nggak akan menghambat sirkulasi udara ke area vaginamu, sehingga kulitmu selalu kering dan bebas dari lembap.

Solusi terbaik yang bisa kamu lakukan supaya nggak tembus pas menstruasi adalah memakai pembalut bersayap dengan ukuran yang panjang. Selain bermanfaat untuk melindungi sisi undies dari noda darah, sayap ini juga dibuat supaya pembalut berada di posisi yang benar selama kamu pakai. Pasanglah pembalut dengan benar, yaitu lipat sayap pembalut dengan rapi dan kuat, sehingga pembalut bisa melindungi seluruh permukaan undies-mu dengan baik.

Hal lain yang juga perlu kamu perhatikan adalah saat aliran darah menstruasimu lagi deras. Aliran darah menstruasi yang normal cenderung menderas beberapa hari di awal menstruasi, maka kalau kamu perlu perlindungan ekstra, kamu bisa pakai pembalut yang tebal pada masa-masa ini, Girls. Selanjutnya, kamu bisa memakai pembalut yang tipis supaya area vaginamu bebas lembap dan nggak muncul ruam. Kalau kamu pakai pembalut yang pas dan nyaman selama menstruasi, pasti kamu jadi bisa beraktivitas dengan bebas tanpa merasa terganggu!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka nggak keseringan memakai pembalut yang tebal pas menstruasi!

Related Articles
First Timer
14 Jan 2020

Duh, Kenapa Pas PMS Selalu ada “Pengganggu”?

Setiap menjelang menstruasi, hampir sebagian besar cewek kedatangan ‘pengganggu’ atau ya...
First Timer
05 Dec 2019

Banyak Makan Pas PMS? Wajar Nggak sih?

Menjelang menstruasi sebagian cewek umumnya ingin mengemil dan makan lebih banyak dari porsi yang bi...
First Timer
24 Jun 2022

Wajar Gak Sih Tidak Menstruasi Sebulan Penuh?

Bagi wanita yang sudah menikah, ketika terlambat menstruasi hingga 1 bulan lebih, mungkin bisa menja...