Tanggal Berapa ya, Menstruasiku?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Tanggal Berapa ya, Menstruasiku?

Tanggal Berapa ya, Menstruasiku?

04 Dec 2019

Tanggal Berapa ya, Menstruasiku?

Girls, para ahli kesehatan udah menyarankan semua cewek supaya mereka memantau masa menstruasinya. Hal ini dilakukan supaya kamu tau kalau kondisi tubuhmu itu sehat atau nggak. Selain itu, kamu juga bisa makin aware sama waktu menstruasimu datang. Jadi, kamu bisa atur rencana untuk pergi liburan sama teman-temanmu pas lagi nggak menstruasi deh! Tapi gimana ya, cara memantau masa menstruasi yang baik?

  • Kenali gejala tubuhmu

Cara paling gampang untuk menentukan menstruasimu adalah dengan mengenali gejala fisikmu seperti nyeri perut, gampang capek atau mood swing. Semua gejala tersebut terjadi karena beberapa saat sebelum menstruasi kadar hormon reproduksimu lagi berubah-ubah. Akibatnya, seluruh sistem dan organ tubuhmu bereaksi untuk menyeimbangkan hormon tersebut, dan akhirnya kamu mengalami gejala-gejala tadi. Biasanya gejala pra-menstruasi akan terlihat sejak seminggu sebelum menstruasi datang.

  • Bikin catatan

Sebenarnya kamu bisa menandai kalender setiap hari pertama sampai hari terakhir menstruasimu. Catatan tersebut bisa membantumu untuk menghitung siklus menstruasimu. Walaupun belum menetap, tapi pola siklus menstruasi udah terbentuk saat kamu memasuki masa puber. Siklus menstruasi adalah jumlah hari sejak hari pertama menstruasimu sampai hari pertama menstruasi selanjutnya. So, kalau kamu udah mencatat siklus menstruasimu maka kamu bisa tau kapan menstruasimu datang setiap bulannya.

  • Kalender menstruasi

Kalau kamu mau pakai cara yang lebih praktis, Laurier punya kalender menstruasi yang namanya Menstrual Diary. Kamu tinggal isi data-data yang diperlukan, lalu submit deh! Maka secara otomatis kamu akan dapat tanggal yang bertepatan sama hari pertama menstruasimu di bulan berikutnya. So, kamu bisa siap-siap untuk menghadapi gejala PMS yang akan muncul, Girls!

Gimana? Sekarang kamu tau kan, cara-cara yang bisa dilakukan untuk memantau masa menstruasimu? Kalau kamu udah bisa memantau menstruasimu, maka kamu bisa tau kondisi tubuhmu, terutama saat gejala PMS datang. Jangan lupa juga untuk ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka lebih aware sama siklus menstruasinya ya!

Related Articles

First Timer
27 Feb 2020

Yakin Kamu Udah Dewasa? Buktikan yuk!

Girls, masa transisi dari remaja menuju dewasa biasanya disebut sebagai puber, di masa inilah kamu b...
First Timer
26 Jan 2022

Tipe Spider-man yang Mana Kamu?

[SPOILER ALERT] Buat kamu yang belum nonton Spider-man: No Way Home, artikel ini mengandung spoiler....
First Timer
27 Aug 2019

Menstruasi Nggak Teratur di Usia Remaja? Wajar kok!

Kamu sering merasa cemas nggak sih, kalau menstruasimu nggak teratur? Pasti pikiran kamu udah negati...