ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Tanda - tanda PMS yang Nggak Biasa!

Tanda - tanda PMS yang Nggak Biasa!

20 Nov 2019

Tanda - tanda PMS yang Nggak Biasa!

Girls, pasti kamu berpikiran kalau selama ini tanda-tanda PMS cuma kram, ingin ngemil, atau gampang marah dan sensitif, iya kan? Sebenarnya nggak juga lho, Girls, karena nggak semua cewek mengalami hal itu. Ternyata ada banyak tanda-tanda PMS lain yang nggak pernah kamu duga sebelumnya lho, Girls! Mungkin bisa aja tanpa disadari kamu pernah mengalami tanda-tanda PMS seperti di bawah ini:

  • Gangguan BAB

Menjelang menstruasi, beberapa cewek memang ada yang mengalami gangguan BAB, Girls. Hal ini disebabkan karena kontraksi otot rahim yang terjadi memengaruhi dan menekan usus. Sehingga terjadi pengumpulan cairan atau udara yang memicu susah BAB dan perut terasa kembung. Tapi, pada puncak naik turunnya hormon, cewek justru akan mengalami diare lho, Girls.

  • Susah berkonsentrasi

Menjelang menstruasi, pasti kamu akan malas mengerjakan PR dan kadang susah buat fokus saat belajar kan, Girls? Hal ini terjadi karena naik turunnya kadar aktivitas hormon neotransmitters yang memengaruhi otakmu, sehingga menganggu kemampuan berpikirmu, Girls.

  • Gerakan tubuh kaku

Sikap ceroboh yang sering dialami cewek pas lagi menstruasi, pemicunya memang belum bisa dipastikan, Girls. Tapi, para ahli menduga bahwa kadar hormon estrogen yang tinggi menyebabkan hati menghasilkan sejenis enzim yang membuat ginjal menahan cairan. Makanya nggak heran kalau pas menstruasi, gerakan tubuhmu jadi kaku, Girls.

  • Panik

Selain sedih dan gampang tersinggung, salah satu PMS yang bersifat psikologis adalah panik. Biasanya cewek memang jadi gampang panik menjelang menstruasi. Bahkan ada yang cuma ingin sendiri, karena merasa nggak nyaman saat berada di antara banyak orang.

  • Tangan atau kaki membengkak

Hal ini memang cenderung dialami kamu menjelang menstruasi, Girls. Tangan, kaki, bahkan lingkar pinggangmu bakal cenderung membesar akibat pengumpulan cairan di dalam tubuh menjelang menstruasi.

  • Susah tidur

Tepat sebelum menstruasi, kamu akan berpotensi mengalami gangguan tidur nih, Girls. Hal ini disebabkan karena kadar estrogen dan progesteron dalam tubuhmu. Sehingga memicu peningkatan suhu tubuh yang membuat tidurmu jadi nggak nyaman dan menyebabkan insomnia juga, Girls.

  • Panca indera lebih tajam

Menjelang menstruasi, sensitivitas panca inderamu cenderung akan meningkat lho, Girls. Akibatnya, kamu akan merasa lebih gampang terganggu akibat bau-bauan atau suara yang agak berisik.

Girls, tanpa disadari pasti kamu pernah mengalami tanda-tanda PMS seperti di atas kan? Kalau kamu tiba-tiba mengalami salah satu dari tanda-tanda tersebut, sebaiknya langsung cek kalender menstruasimu, mungkin aja sebentar lagi waktunya kamu menstruasi. So, hear your body, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu baca artikel ini, Girls! Supaya mereka tau tanda-tanda PMS yang nggak terduga seperti di atas!

Related Articles

First Timer
12 Dec 2019

Tetap Ceria Saat PMS Datang di Hari Raya

Moody saat menjelang menstruasi pas di Hari Raya Lebaran, pasti bikin kamu nggak nyaman kan, Girls? ...
First Timer
12 Sep 2019

Kenapa ya, Dadaku Nyeri Menjelang Menstruasi?

Dalam istilah medis, rasa nyeri di daerah payudara disebut dengan mastalgia. Kondisi ini merupakan g...
First Timer
29 Nov 2019

Muncul Bercak Cokelat Padahal Nggak Menstruasi, Kenapa ya?

Girls, kamu pernah nggak menemukan bercak kecokelatan di pakaian dalammu, tapi terjadi di luar siklu...