Tampil Fresh Pas Menstruasi? Gampang Banget!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Tampil Fresh Pas Menstruasi? Gampang Banget!

Tampil Fresh Pas Menstruasi? Gampang Banget!

31 Aug 2019

Tampil Fresh Pas Menstruasi? Gampang Banget!

Salah satu reaksi hormon pertumbuhan yang nggak bisa kamu hindari kalau udah memasuki masa puber adalah munculnya aroma khas dari tubuhmu. Tapi, sebenarnya kondisi ini bisa kamu hindari lho, Girls! Caranya adalah kamu harus tau area tubuh mana aja yang perlu kamu bersihkan dengan benar dan lebih sering, terutama pas lagi menstruasi. Karena cara ini bisa menjaga tubuhmu tetap sehat dan terhindar dari aroma darah menstruasi yang khas. Biasanya gimana sih, cara kamu menjaga kebersihan dan kesehatan dirimu selama menstruasi? Mungkin setiap cewek punya rutinitas yang berbeda-beda ya. Nah, supaya tubuhmu bersih dan sehat secara optimal, coba lakukan cara-cara di bawah ini yuk!

  • Mandi

Kegiatan yang satu ini pastinya udah jadi hal yang wajib kamu lakukan setiap hari kan, Girls? Mandi adalah cara untuk membersihkan semua permukaan kulitmu dari kotoran, minyak, debu dan bau nggak sedap. Bagian tubuh yang harus dibersihkan dengan teliti adalah ketiak, area pangkal paha dan saluran pembuangan. Mandilah minimal dua kali sehari, yaitu di pagi dan sore hari. Untuk mandi sore, kamu bisa pakai air hangat supaya tubuhmu terasa lebih relaks, sehingga malamnya kamu nggak bakal susah tidur. Ingat ya, jangan mandi lebih dari lima menit dan terlalu sering karena bisa menyebabkan kelembapan alami di kulitmu hilang!

  • Sikat gigi

Gigi dan rongga mulut adalah salah satu organ tubuh yang mengandung banyak bakteri. Makanya perlu kamu perhatikan banget kesehatannya. Seperti mandi, menyikat gigi juga minimal dilakukan dua kali sehari yaitu pagi dan malam sebelum tidur. Hal ini dilakukan supaya gigimu bersih dari sisa-sisa kotoran makanan dan mulut terasa lebih segar. Waktu yang disarankan setiap kamu menyikat gigi adalah dua menit. Jadi kalau dihitung, gigimu yang umumnya berjumlah 32 akan disikat empat detik setiap satu gigi.

  • Ganti pembalut

Saat menstruasi, jangan lupa untuk mengganti pembalut minimal empat jam sekali atau setelah BAK dan BAB. Hal ini dilakukan supaya area vaginamu nggak lembap dan terhindar dari iritasi kulit yang disebabkan karena pemakaian pembalut yang terlalu lama. Untuk malam hari, sebaiknya pakailah pembalut yang panjang supaya bisa menyerap cairan menstruasi secara optimal dan mencegah terjadinya ‘bocor’.

  • Cuci tangan

Tangan adalah bagian tubuh yang paling penting dan harus selalu dijaga kebersihannya, karena selama menstruasi kamu akan sering mengganti pembalut. Cuci tanganmu dengan sabun setiap sebelum dan setelah mengganti pembalut, serta basuh di bawah air mengalir selama 15 – 20 detik supaya tanganmu benar-benar bersih dari kuman atau bakteri.

  • Tidur siang dan malam

Seorang remaja butuh waktu delapan sampai sembilan jam untuk tidur malamnya. Kalau kurang malah bisa bikin kamu lesu dan nggak semangat untuk beraktivitas keesokan harinya. Tidur siang juga nggak kalah penting untuk memulihkan energimu lho. Tidur siang selama 20 – 30 menit udah cukup kok. Jadi pastikan waktu tidurmu teratur ya, Girls!

  • Sisir rambut

Rambut yang rapi bisa bikin kamu terlihat menarik dan mood jadi lebih baik lho, Girls! Nggak ada aturan tentang ini kok, kamu bisa melakukannya kapan aja sesuai kemauanmu.

  • Pakai deodorant

Setiap cewek akan berkeringat selama beraktivitas dan pasti berbeda antara satu dan yang lain. Makanya, pakailah deodorant setiap selesai mandi dan pilih jenis deodorant yang bisa memberi perlindungan maksimal supaya kamu nggak bau keringat, Girls.

  • Keramas

Kebutuhan keramas setiap orang berbeda-beda karena beberapa faktor seperti tekstur dan ketebalan rambut. Semakin besar dan tebal batang rambut seseorang, maka dia bisa nggak terlalu sering keramas. Faktor lainnya adalah produksi sebum dan keringat. Kalau kamu tipe orang yang sering berkeringat berarti kamu harus lebih sering keramas. Rata-rata cewek berkeramas dua hari sekali. Terlalu sering berkeramas juga nggak baik karena bisa bikin rambutmu jadi kering lho! Menurut medis, keramas bukanlah hal yang bisa mengganggu menstruasimu. So, kamu harus tetap berkeramas walaupun lagi menstruasi supaya rambutmu tetap bersih ya, Girls!

Simple banget kan? Cara-cara di atas pasti udah pernah kamu lakukan atau bahkan udah jadi rutinitas yang nggak pernah kamu lewatkan. Betul nggak? Kalau iya, berarti tinggal kamu pertahankan aja nih. Karena kebersihan diri, terutama saat menstruasi adalah hal yang sangat penting supaya kamu selalu merasa nyaman pas beraktivitas. Nggak cuma itu aja, kalau kamu malas merawat diri, bukan cuma kamu yang merasa nggak nyaman, tapi orang di sekitarmu juga bisa terganggu lho! So, jangan malas untuk merawat kebersihan tubuhmu ya, Girls!

Kamu punya rutinitas lain untuk menjaga kebersihan tubuhmu? Tulis di kolom komentar yuk! Jangan lupa juga ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka lebih rajin menjaga kebersihan tubuhnya selama menstruasi!

Related Articles

First Timer
13 Aug 2019

Proses Siklus Menstruasi Itu Gimana sih?

Girls, mungkin di antara kamu udah ada yang tau gimana proses siklus menstruasi yang terjadi setiap ...
First Timer
31 Aug 2019

3 Pertanyaan yang Sering Muncul di Tahun Pertama Menstruasi

Girls, kamu pasti udah tau banget dong, kalau menstruasi adalah peristiwa yang akan dialami setiap c...
First Timer
03 Sep 2019

Lagi Menstruasi? Enjoy Aja!

Menjelang menstruasi emang bisa jadi waktu yang paling nggak nyaman untuk para cewek. Hal ini dikare...