Tampil Bersih dan Sehat Selama Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Tampil Bersih dan Sehat Selama Menstruasi

Tampil Bersih dan Sehat Selama Menstruasi

05 Dec 2019

Tampil Bersih dan Sehat Selama Menstruasi

Saat menstruasi, hal pertama yang kamu pikirkan pasti pembalut andalan yang bisa bikin kamu nyaman dan tetap bebas beraktivitas, iya kan, Girls? Tapi, kamu juga seringkali melupakan hal yang sangat dibutuhkan lebih dari pembalut.  Sebenarnya kamu perlu menjaga kebersihan dirimu juga lho, Girls. Jadi, selama menstruasi kamu tetap bisa beraktivitas dengan nyaman dan masih tetap OK juga setelah menstruasi. Gampang baget kok, cara menjaga kebersihan diri selama periode menstruasi, Girls!

  • Teratur mengganti pembalut.

Darah adalah cairan, kalau dibiarkan berlama-lama pada pembalut, akan menyebabkan lembap. Kondisi pembalut yang lembap dan dibiarkan berlama-lama bersentuhan dengan kulit kamu, cenderung akan memicu perubahan sifat bakteri, virus dan jamur yang ada di permukaan kulit, yang semula "tenang" menjadi merusak kulit. Dampaknya adalah iritasi dan bisa saja memicu infeksi. Inilah yang menyebabkan kamu perlu mengganti pembalut paling lama setiap 4 jam pada saat menstruasi.

  • Bersihkan diri secara teratur dan benar

Organ genital kamu terdiri dari banyak lipatan, dan darah menstruasi bisa saja terperangkap dalam lipatan itu, Girls. Karenanya perlu membersihkan area vagina secara tepat setiap kali selesai BAK, BAB, atau akan mengganti pembalut baru. Pastikan selalu saat membersihkan area vagina, gerakan yang dilakukan adalah dari arah depan ke belakang, agar menghindari risiko berpindahnya bakteri dari saluran pembuangan ke area vagina ya, Girls!

  • Hindari sabun dan cairan pembersih

Cara yang tepat membersihkan vagina hanyalah dengan air bersih. Sabun atau cairan pembersih cenderung mengandung zat yang mengganggu keseimbangan pH vagina sehingga bisa memicu berbagai gangguan di area tersebut.

  • Kemas rapi pembalut sebelum dibuang

Pembalut sebaiknya dibersihkan, dikemas rapat, supaya nggak terbuka, sebelum dibuang ke tempat sampah. Membuang pembalut tanpa membersihkan atau mengemasnya dengan baik berisiko menularkan infeksi tertentu yang mungkin terkandung dalam darah lho, Girls.

  • Mandi teratur

Bukan hanya sekadar membersihkan diri, mandi bisa menyegarkan tubuh, sehingga meredakan kram dan nyeri punggung, membuat mood kita lebih baik, sehingga terasa lebih nyaman. Saat mandi sore hari, upayakan menggunakan air hangat, supaya ketegangan yang kamu rasakan mereda secara optimal.

Simple banget kan, Girls? Dengan begitu kamu bis atetap tampil bersih dan sehat selama masa periode menstruasimu. Tapi, ada juga hal penting lain yang perlu kamu perhatikan, yaitu selalu membersihkan tangan sebelum dan setelah mengganti pembalut, langkah ini adalah dasar menjaga kesehatan kamu, Girls!

Ajak teman-temanmu baca artike ini ya, Girls! Supaya mereka juga bisa menjaga kebersihan diri mereka saat menstruasi!

Related Articles

First Timer
07 Oct 2019

Good Food, Good Mood

Bagi sebagian cewek, periode sebelum menstruasi dianggap sebagai masa yang bikin nggak nyaman karena...
First Timer
11 Oct 2019

Keperawananku Ditentukan Selaput Dara?

Topik tentang hymen atau selaput dara memang selalu jadi hal yang menarik untuk dibahas. Right, Girl...
First Timer
18 Dec 2019

Pemicu Kembung Menjelang Menstruasi

Menjelang menstruasi kamu pernah merasa tiba-tiba kembung nggak, Girls? Kalau iya, kamu nggak perlu ...