ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Spotting Itu Apa ya?

Spotting Itu Apa ya?

02 Dec 2019

Spotting Itu Apa ya?

Girls, kamu pernah nggak mengeluarkan bercak-bercak darah padahal belum waktunya kamu menstruasi? Hmm….kamu tau itu namanya apa? Ini disebut dengan spotting atau bercak-bercak darah dikeluarkan dari tubuh, saat dinding rahim sedikit-sedikit meluruh di antara periode menstruasi. Secara medis, kondisi ini dikenal sebagai abnormal uterine bleeding – perdarahan rahim yang nggak normal, bleeding between periods, intermenstrual bleeding – perdarahan di antara dua siklus menstruasi, dan menorrhagia.

Berdasarkan data medis, menstruasi seharusnya berlangsung antara 2 – 10 hari. Tapi, rata-rata perempuan mengalaminya antara 3 – 7 hari. Selama menstruasi, darah yang dikeluarkan dari rahim sebanyak 30 – 80 ml, atau sama dengan 2 – 8 sendok makan. Menstruasi terjadi secara berulang sesuai siklus masing-masing perempuan, paling sering adalah 21 hari dan paling jarang setiap 35 hari.

Kalau kamu mengalami spotting, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan kalau bercak darah tersebut berasal dari saluran vagina, bukan dari saluran kemih ataupun saluran pembuangan. Jangan membersihkan vagina pakai cairan pembersih supaya spotting juga dapat dibersihkan. Pada dasarnya, spotting adalah proses alamiah dan harus dibiarkan keluar, tapi memang perlu dipantau oleh dokter.

Spotting bisa terjadi karena berbagai hal, seperti: stres, perubahan kadar hormon reproduksi akibat penggunaan kontrasepsi, nutrisi yang buruk, olahraga berlebihan dan ekstrem, atau kekurangan cairan lubrikan saat melakukan hubungan seksual, karena pergesekan saat penetrasi. Biasanya, kalau masalah utama sudah teratasi, maka spotting bakalan berhenti.

Selain kondisi di atas, kalau spotting terjadi berkepanjangan dan disertai nyeri, bisa aja menandakan gejala masalah kesehatan yang serius, seperti:

  • Hamil anggur
  • Fungsi tiroid yang rendah
  • Trauma atau gangguan di permukaan vagina akibat hubungan seksual, infeksi, polip pada rahim, kutil genital, masuknya benda asing ke dalam saluran vagina, atau tumor
  • Prosedur kateterisasi
  • Penggunaan obat-obatan

So, jangan sampai kamu biarkan spotting yang disertai gejala nggak nyaman ini berlama-lama terjadi sama kamu, Girls! Sebaiknya, kamu segera memeriksakan diri ke dokter supaya masalahmu bisa ditangani dengan baik. And….don’t forget to stay healthy, Girls!

Share artikel ini ke teman-temanmu, yuk, supaya mereka bisa lebih paham tentang spotting!

Related Articles

First Timer
17 Dec 2021

Lendir Serviks, Tanda Penyakit atau Masa Subur?

Berbicara soal organ intim wanita, perlu diketahui ada cairan yang biasa keluar dari vagina selain d...
First Timer
05 Sep 2019

Jerawat Pas Menstruasi? NO WAY!

Girls, kamu pernah nggak sih, pas bangun di pagi hari tiba-tiba ada jerawat tumbuh di wajahmu? Duh, ...
First Timer
19 Nov 2019

Duh! Kenapa ya BAB ku Nyeri Saat Menstruasi?

Nyeri saat BAB di masa menstruasi memang mungkin dialami lho, Girls. Kondisi ini bisa bikin jadi ngg...