Siklus Nggak Teratur Menjelang Solat Ied? Bisa Dihitung Kok!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Siklus Nggak Teratur Menjelang Solat Ied? Bisa Dihitung Kok!

Siklus Nggak Teratur Menjelang Solat Ied? Bisa Dihitung Kok!

10 Dec 2019

Siklus Nggak Teratur Menjelang Solat Ied? Bisa Dihitung Kok!

Girls, kalau siklus menstruasimu nggak teratur, alias nggak selalu datang setiap bulan, pastinya bikin kamu cemas, kan? Apalagi buat kamu yang merayakan Idul Fitri pasti selalu was-was, karena takut nggak bisa ikutan sholat Ied. Hmm…sebenarnya kamu bisa kok, memperkirakan datangnya menstruasi walaupun siklusmu nggak berulang dengan tepat. Yang kamu butuhkan adalah catatan siklus menstruasimu minimal 4 siklus terakhir, Girls. Siklus itu apa sih?

Kamu harus tau nih, Girls, siklus adalah jumlah hari setiap kamu berulang mendapatkan menstruasi. Cara mengetahui siklus menstruasimu adalah dengan menghitung jumlah hari sejak hari pertama menstruasi yang satu ke hari pertama menstruasimu yang lain. Biar kamu nggak bingung, akan dicontohkan dalam hitungan yang lebih nyata aja ya. Jadi misalnya kamu ingin tahu kapan hari pertama menstruasimu bulan Juli 2020 ini? Maka data yang perlu disiapkan adalah data menstruasi 4 siklus sebelumnya. Jadi kalau dihitung mundur, maka yang dibutuhkan adalah data siklus bulan Juni, Mei, April dan Maret.

Misalnya siklus Juni 30 hari, Mei 31 hari, April 30 hari, dan Maret 29 hari. Langkah selanjutnya, jumlahkan semua siklus itu, dan bagi 4 karena kita perlu menemukan angka rata-ratanya. Hasilnya adalah 120. Jika 120 dibagi 4, maka hasilnya adalah 30. Jadi inilah siklus rata-ratamu, yang bisa dipakai menentukan hari pertama menstruasi di bulan Juli. Cara memastikan hari pertama menstruasimu di bulan Juli adalah dengan menambahkan angka 30 itu, ke tanggal yang bertepatan dengan hari pertama menstruasimu di bulan Juni, Girls. Misalnya kamu menstruasi pada tanggal 22 Juni, maka 4 + 30 hari, akan bertepatan dengan tanggal 22 Juli.

Nah, udah nggak cemas lagi kan, Girls? Coba deh kamu ikuti hitungan siklus di atas, supaya nggak was-was saat menjelang hari raya Idul Fitri, Girls. Biar kamu bisa memastikan apakah bisa ikut sholat Ied atau nggak, di siklus menstruasimu yang nggak teratur ini. Yuk, hitung siklus menstruasimu mulai dari sekarang, Girls!

Bagikan artikel ini ke teman-teman cewekmu ya, Girls! Supaya mereka juga bisa menghitung siklus menstruasinya yang nggak teratur menjelang sholat ied!

Related Articles

First Timer
12 Dec 2019

6 Kebiasaan yang Bisa Memperburuk Jerawatmu!

Girls, di masa periode menstruasimu, ketika kadar hormon tubuhmu nggak seimbang, hal ini yang menyeb...
First Timer
20 Feb 2019

Kapan Menstruasiku Datang Lagi?

Sebenernya simple lho, Girls, kalau kamu mau tau hari pertama menstruasimu selanjutnya. Gimana sih, ...
First Timer
21 Jul 2022

Pendarahan di antara Menstruasi, Normalkah?

Siklus menstruasi rerata perempuan berkisar pada rentang 21–35 hari. Artinya, seorang perempua...