Siklus Menstruasi Nggak Teratur? Atasi Pakai 4 Cara Ini!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Siklus Menstruasi Nggak Teratur? Atasi Pakai 4 Cara Ini!

Siklus Menstruasi Nggak Teratur? Atasi Pakai 4 Cara Ini!

04 Sep 2019

Siklus Menstruasi Nggak Teratur? Atasi Pakai 4 Cara Ini!

Girls, kamu harus tau nih, kalau menstruasi yang nggak teratur di usia remaja adalah hal yang normal lho. Hal ini terjadi karena saat remaja tubuhmu masih mengalami proses pertumbuhan. Tapi, bukan berarti kamu nggak melakukan apapun dan membiarkan siklus menstruasimu terus-terusan nggak teratur, Girls! Nah, supaya menstruasimu tetap teratur, kamu bisa lakukan beberapa hal di bawah ini!

  • Pilih makanan yang tepat

Saat masa pertumbuhan, sebenarnya kamu nggak punya pantangan apapun untuk mengonsumsi sesuatu. Boleh aja kok, makan dan minum yang kamu mau asal sesuai sama kebutuhanmu dan jangan berlebihan, Girls. Karena makanan dan siklus menstruasi itu berhubungan satu sama lain. Selain nutrisi yang cukup seperti karbohidrat, protein, mineral dan vitamin sebagai makanan utamamu, ternyata ada makanan lain yang bisa membantu mengatur siklus menstruasimu lho, yaitu buah nanas dan pepaya. Kedua jenis buah ini punya kandungan mineral bernama bromelain yang berfungsi untuk membantu proses peluruhan endometrium dari rahim, sehingga menstruasimu jadi lancar. So, jangan lupa masukkan salah satu buah ini ke dalam food list rutinmu ya!

  • Istirahat yang cukup

Istirahat dan relaksasi adalah salah satu hal yang dibutuhkan tubuhmu. Karena sel-sel baru bakal terbentuk dan bisa berfungsi secara optimal kalau istirahatmu cukup. Saat ini rata-rata cewek remaja tidur selama 7 – 8 jam sehari. Padahal cewek butuh istirahat selama 9 jam per hari sampai akhir usia 18 tahun supaya proses pertumbuhannya baik. Kalau kamu nggak bisa tidur di siang hari, berarti kamu harus tidur lebih cepat di malam harinya, supaya jam istirahatmu terpenuhi dengan baik.

  • Relaksasi

Untuk relaksasi, kamu nggak harus melakukannya dengan liburan atau pijat ke tempat spa, Girls. Karena kamu bisa lakukan kegiatan simple seperti mandi air hangat dengan sabun yang wangi atau mendengarkan lagu favoritmu sambil membaca novel. Coba deh, lakukan salah satunya karena kegiatan-kegiatan itu juga bisa bikin kamu relaks dan lebih tenang. Tubuh yang segar dan relaks bisa membantu proses pertumbuhanmu berlangsung lebih baik, sehingga fungsi organ-organ di tubuhmu bakal bekerja secara optimal. Dengan begitu, hormon di dalam tubuhmu jadi seimbang dan menstruasimu tetap teratur, Girls!

  • Olahraga secara teratur

Kalau kamu berpikir olahraga yang teratur itu adalah jadwal pendidikan jasmani di sekolah yang cuma seminggu sekali, maka nggak cukup, Girls. Karena tubuhmu harus digerakkan secara rutin minimal 30 menit setiap harinya supaya tubuhmu selalu sehat. Kamu bisa melakukan olahraga yang kamu suka seperti ikut klub basket dis ekolah, menirukan gerakan zumba lewat video online atau jalan santai di sore hari. Setiap kali kamu bergerak, tubuhmu bakal menghasilkan hormon endorfin. Hormon inilah yang bisa membuat tubuhmu tetap segar, sehingga pertumbuhanmu bisa berlangsung dengan baik.

Sekarang kamu udah tau kan, kegiatan apa aja yang bisa membantu siklus menstruasimu tetap teratur? So, tinggal kamu lakukan secara rutin aja ya! Karena kalau siklus menstruasimu teratur, kamu nggak bakal takut kena suatu penyakit atau repot sama menstruasi yang mungkin datang tiba-tiba, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka tau cara mengatasi siklus menstruasi yang nggak teratur!

Related Articles

First Timer
26 Jul 2021

10 Mitos Menstruasi yang Perlu Kamu Ketahui, No. 10 Sering Terjadi!

Hai, girls! Siapa nih yang sering denger kalau lagi menstruasi itu gak boleh keramas karena pas mens...
First Timer
11 Sep 2019

Emergency Kit Pas Menstruasi

Di usia remaja seperti sekarang ini, saat proses pertumbuhan fisikmu masih berlangsung, maka tubuhmu...
First Timer
17 Apr 2019

Apa Kamu Peduli Sama Kesehatanmu Saat Menstruasi? Yuk, Cari Tahu di Sini!

Saat menstruasi kamu harus lebih aware sama kesehatanmu lho, Girls! Kira-kira kamu termasuk orang ya...