Serba-serbi Nyeri Menstruasi
ask dr laurier

Serba-serbi Nyeri Menstruasi

Serba-serbi Nyeri Menstruasi

06 Jan 2020

Serba-serbi Nyeri Menstruasi

Girls, sebenarnya nyeri menstruasi adalah hal yang wajar dialami para cewek setiap menjelang atau selama menstruasi. Biasanya nyeri menstruasi ini dirasakan di perut bagian bawah atau bahkan bisa  menyebar ke punggung bawah, pinggang, panggul, otot paha atas sampai betis. Kondisi nyeri ini biasanya dibarengi pusing dan mual. Duh, pokoknya bikin nggak nyaman dan ganggu aktivitas banget deh!

Nah, ternyata penyebab dari rasa nyeri menstruasimu adalah karena dalam lapisan rahim, tubuhmu memproduksi zat bernama prostagladin yang berfungsi memicu kontraksi otot untuk melepaskan sel dinding rahim dan akhirnya menimbulkan rasa nyeri atau kram. Kadar zat prostagladin yang tinggi juga bisa memengaruhi kondisi tubuhmu jadi gampang merasa lemas, mual dan pusing. Nyeri akan bertambah saat darah menstruasi keluar melalui leher rahim yang sempit sehingga memicu peregangan dan menyebabkan rasa sakit. Eits, tapi kamu nggak usah khawatir, Girls! Supaya nyeri menstruasimu reda, lakukan aja cara-cara di bawah ini:

  • Olahraga teratur

  • Mandi air hangat atau kompres bagian perut yang terasa nyeri pakai air hangat

  • Mengonsumsi minuman hangat seperti teh atau cokelat

  • Perbanyak mengonsumsi vitamin, kalsium dan magnesium. Kamu bisa mendapatkannya dari buah-buahan dan sayuran

  • Mengurangi asupan kafein dan garam

  • Minum obat pereda nyeri

Kalau kamu mengalami perdarahan yang berat dan rasa nyeri berlangsung lama, lebih baik langsung beritahu mama supaya bisa berkonsultasi dengan dokter dan mendapat penanganan yang tepat.

Sekarang kamu tau kan, apa penyebab dari nyeri menstruasimu? Selain itu, kamu juga tau cara mengatasinya. Jadi, kalau kamu udah terlanjur merasakan nyeri, lakukan aja cara-cara di atas supaya kamu tetap bisa beraktivitas dengan nyaman selama menstruasi, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka tau penyebab nyeri menstruasinya!

Related Articles
First Timer
03 May 2013

4 Tips Buat Detoks Tubuhmu Pas Menstruasi

Kamu sering ngerasa capek padahal nggak begitu banyak aktivitas? Atau... Jadi gampang sakit terus su...
First Timer
17 May 2022

Baru Pertama Menstruasi, Yuk Cari Tahu Info Pentingnya!

Memasuki usia sepuluh tahun adalah tanda masa pubertas anak-anak. Buat anak perempuan, periode ini b...
First Timer
06 Sep 2019

Miss V Bersih Setiap Hari!

Girls, kamu tau nggak sih, ternyata setiap hari vaginamu memproduksi cairan yang bisa membersihkan s...