Selama Menstruasi, Butuh Berapa Pembalut ya?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Selama Menstruasi, Butuh Berapa Pembalut ya?

Selama Menstruasi, Butuh Berapa Pembalut ya?

06 Sep 2019

Selama Menstruasi, Butuh Berapa Pembalut ya?

Girls, kamu pasti udah paham banget kan, kalau pembalut adalah salah satu benda yang harus selalu dimiliki para cewek? Menstruasi yang terjadi berulang setiap siklusnya bikin kamu harus punya persediaan di rumah, dan untuk dibawa pas kamu pergi. Benar kan, Girls? Nah, supaya kamu punya persiapan yang baik dan nggak kekurangan pembalut selama menstruasi, coba cek tips di bawah ini yuk!

  • Jangan terlalu pas

Jumlah pembalut yang dibutuhkan cewek bisa dihitung berdasarkan lama menstruasinya berlangsung. Menstruasi yang normal berlangsung paling lama sepuluh hari. Nah, jumlah hari itu bisa kamu jadikan patokan. Pembalut harus diganti setiap empat jam sekali pas kamu lagi beraktivitas. Contohnya, kalau kamu beraktivitas dari jam enam pagi sampai jam sembilan malam totalnya adalah 15 jam. Dalam satu hari kamu perlu empat pembalut, lalu dikalikan 10 (ambil contoh durasi terlama menstruasi), maka pembalut yang kamu butuhkan setiap satu siklus menstruasi adalah 40 pembalut.

Kalau menstruasimu cuma delapan hari berarti kalikan empat, hasilnya 32 pembalut. Makin pendek durasi menstruasimu, berarti makin sedikit juga pembalut yang kamu butuhkan. Tapi ingat ya, jangan menyiapkan pembalut pas-pasan! Lebihkan dari jumlah yang udah dihitung, karena bisa aja kamu lebih sering mengganti pembalut pas darah menstruasimu lagi banyak, Girls.

  • Beda waktu, beda juga pembalutnya

Karena aliran darah menstruasi itu berbeda pada siang dan malam hari, berarti kamu juga butuh pembalut yang khusus untuk malam hari. Jenis pembalut malam biasanya dibuat dengan ukuran yang lebih panjang supaya bisa mencegah terjadinya tembus ke area samping atau belakang sesuai dengan posisi tidurmu. Pembalut malam lebih baik dipakai saat kamu bersiap-siap untuk tidur, jadi kamu nggak perlu cemas dan bisa tidur nyenyak sepanjang malam. Untuk jumlah pembalut malam sesuaikan aja sama durasi menstruasimu, karena biasanya pembalut malam cuma dipakai satu aja setiap harinya.

Selain disimpan di lemari pakaianmu, kamu juga harus selalu membawa cadangan pembalut di dalam tasmu untuk berjaga-jaga ya! Karena pembalut bentuknya praktis, ringan, udah dikemas rapi dan bersih jadi pasti aman untuk kamu bawa saat pergi beraktivitas diluar, Girls.

Gimana? Sekarang kamu tau kan, berapa banyak pembalut yang kamu butuhkan selama menstruasi? Karena durasi menstruasi setiap cewek berbeda, jadi kamu hitung sendiri pakai cara di atas ya. Kalalu udah tau berapa banyak pembalut yang kamu perlukan, kamu jadi nggak perlu khawatir tiba-tiba kehabisan pembalut deh, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka tau jumlah pembalut yang diperlukan selama menstruasinya!

Related Articles

First Timer
03 Sep 2019

Kenapa Tubuhku Tumbuh Bulu?

Sebelum memasuki masa puber, tubuh seorang cewek akan ditumbuhi sama bulu-bulu seperti di ketiak, se...
First Timer
23 Aug 2019

Trik Simple Bersihkan Noda Bekas Tembus

Mengalami kejadian tembus pas menstruasi memang hal yang nggak menyenangkan banget. Kadang hal ini b...
First Timer
25 Sep 2019

Menstruasi Berhenti Pas Berenang? Kok, Bisa?

Kamu pernah mendengar cerita temanmu berenang pas menstruasi terus tiba-tiba darahnya berhenti kelua...