Sekilas Info Kram Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Sekilas Info Kram Menstruasi

Sekilas Info Kram Menstruasi

03 Dec 2019

Sekilas Info Kram Menstruasi

Girls, kram yang kamu alami saat menstruasi, sebenarnya sama seperti kram pada bagian tubuh lain lho! Hal ini terjadi akibat kontraksi otot rahim yang sangat intens, dan hambatan aliran darah ke otot, sehingga menyebabkan nyeri. Pada saat menstruasi, cewek bisa aja mengalami kram perut. Kebiasaan hidup sehat, seperti menjaga postur tubuh, konsumsi nutrisi seimbang, dan rutin BAB, adalah hal penting untuk mencegah kram saat menstruasi.

Fyi, nggak semua cewek mengalami kram menstruasi lho, Girls! Sebagian cewek bahkan ada yang sama sekali nggak mengalami kram dan menstruasi, sebagian ada yang merasa nggak nyaman, dan sebagian besar merasa sangat kram dan kesakitan di area perut dan panggul saat menstruasi. Kalau kamu mengalami hal ini, sebaiknya segera bilang pada mama. Untuk meringankan kram dan nyeri, cobalah mandi air hangat, dan pakai kompresan panas sebelum tidur. Selain itu, kamu juga boleh mengonsumsi obat pereda nyeri menstruasi yang bisa dibeli bebas di apotek. Konsumsi obat sesuai aturan yang tertera pada kemasan, supaya bisa berfungsi optimal mengurangi kram dan nyeri menstruasi ya, Girls!

Banyak yang bilang kalau kram menstruasi akan dialami sama seperti saat mama mengalaminya dulu. Kalau mama mengalami kram menstruasi yang sangat mengganggu, maka kamu juga akan mengalaminya. Hmm….tapi ini benar nggak sih? Sebenarnya nggak ada penjelasan medis yang bisa mendukung kesimpulan ini, Girls. Karena menstruasi adalah sebuah kejadian yang normal dan sehat, sehingga nggak harus selalu mengalami kram.

Kalau kamu ternyata sering mengalami kram saat menstruasi, sebaiknya lakukanlah olahraga secara rutin. Karena olahraga bisa membantu meredakan ketegangan, dan melancarkan peredaran darah ke otot rahim, yang sangat penting dipastikan kelancarannya saat menstruasi. So, jangan malas berolahraga ya!

Udah cukup jelas kan, Girls? Jadi, mulai sekarang jangan cemas saat mengalami kram dan nyeri saat menstruasi ya! Sebaiknya kamu lakukan hal-hal yang disarankan di atas, supaya kram dan nyeri segera hilang. Enjoy your red day!

Yuk, share artikel ini ke teman-teman kamu, Girls! Supaya mereka juga makin banyak tau info tentang kram menstruasi!

Related Articles

First Timer
16 Dec 2019

Asal Usul Jerawat Menstruasi

Girls, kamu kepo nggak sih, kenapa setiap kali memasuki masa periode menstruasimu, jerawat selalu sa...
First Timer
25 Nov 2019

Bete Pas PMS? Nggak Lagi deh!

Girls, menjelang menstruasi biasanya semua sistem dan organ tubuhmu bakal bereaksi terhadap naik tur...
First Timer
20 Sep 2019

Menstruasi Bisa Bikin Happy kok!

Menstruasi mungkin jadi waktu yang bikin nggak happy buat cewek. Bukan cuma karena sering merasakan ...