Sariawan Pas PMS, Nyebelin Banget!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Sariawan Pas PMS, Nyebelin Banget!

Sariawan Pas PMS, Nyebelin Banget!

22 Nov 2019

Sariawan Pas PMS, Nyebelin Banget!

Kamu pasti udah nggak asing lagi sama gangguan menstruasi yang tiba-tiba muncul seperti jerawatan, moody, pusing, ingin ngemil, dan lainnya kan, Girls? Tapi, kamu sadar nggak sih, kalau sariawan juga bagian dari gangguan menjelang menstruasi? Kondisi ini sama seperti bagian tubuh lainnya, kesehatan gigi juga dipengaruhi banget sama naik turunnya hormon reproduksi. Gangguan ini bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri yang memicu kerusakan pada gigi, gusi bengkak dan rongga mulut yang terasa kering, Girls.

Pada periode ini, biasanya kamu bakal gampang mengalami sariawan. Hal ini dikarenakan naik turunnya kadar hormon progesteron yang sangat tinggi menjelang menstruasimu, Girls. Kondisi ini menyebabkan selaput rongga mulutmu membengkak, dan kadar kolagen yang turun drastis membuat menurunnya kemampuan selaput rongga mulut untuk memperbaiki diri. Akibatnya, pas terjadi luka malah jadi susah sembuh, dan aktivitas bakteri yang meningkat bisa menyebabkan terbentuknya sariawan, Girls!

Sebenarnya, kamu nggak perlu pergi ke dokter untuk mengobati sariawan lho. Karena jenis gangguan ini akan hilang sendiri seiring meningkatnya kekebalan tubuhmu. Tapi, nyeri yang dirasakan sering banget mengganggumu pas lagi makan kan, Girls? Coba deh, kamu lakukan tips di bawah ini!

  • Mengkonsumsi makanan lembut yang gampang ditelan, atau potong-potong makanan sampai kecil, atau bisa juga kamu haluskan makanan tersebut.
  • Mengkonsumsi air dingin atau es. Cara ini membuat rasa kebas, sehingga nyeri akibat sariawan cenderung mereda.
  • Berhati-hatilah saat kamu menyikat gigi, sehingga luka sariawan nggak bertambah besar.
  • Berkumur dengan larutan garam. Kamu bisa membuatnya dengan melarutkan 1 sdt garam ke dalam 250L air hangat, lalu aduk sampai garam larut.
  • Pakai obat sariawan yang dijual bebas di apotek. Pakai kapas bertangkai untuk mengoleskan obat ke sariawan sebanyak 3 - 4 kali sehari.
  • Kalau kamu nggak tahan nyerinya, cobalah mengkonsumsi pereda nyeri yang mengandung parasetamol. Sebaiknya, konsumsi obat tersebut seperlunya aja, Nah, sekarang kamu udah tau kan, Girls, kalau sebenarnya sariawan juga bagian dari gangguan menjelang menstruasi lho! Kalau kamu mengalami kondisi ini, coba lakukan tips di atas selama 2 minggu untuk meredakan nyerinya. Kalau sariawannya nggak hilang juga, sebaiknya segera periksakan lebih lanjut ke dokter ya, Girls!

Yuk, ajak teman-teman cewekmu untuk baca artikel ini! Supaya mereka juga mengetahui gangguan lain dari PMS!

 

 

Related Articles

First Timer
26 Sep 2019

Malas Olahraga Pas Menstruasi? Duh, Nggak Zaman!

Kalau selama ini kamu masih menganggap olahraga pas menstruasi itu nggak berpengaruh apa-apa, berart...
First Timer
13 Sep 2019

Prepare Menjelang Menstruasi

Menjelang atau beberapa hari di awal menstruasi, para cewek memang merasakan berbagai gejala yang bi...
First Timer
26 Jul 2021

10 Mitos Menstruasi yang Perlu Kamu Ketahui, No. 10 Sering Terjadi!

Hai, girls! Siapa nih yang sering denger kalau lagi menstruasi itu gak boleh keramas karena pas mens...