Sambut Menstruasi dengan Happy!
ask dr laurier

Sambut Menstruasi dengan Happy!

Sambut Menstruasi dengan Happy!

26 Sep 2019

Sambut Menstruasi dengan Happy!

Kamu pernah mengalami bad day nggak sih, Girls? Di mana satu hari itu perasaan kamu tiba-tiba nggak karuan, serba salah kalau mau beraktivitas terus gampang marah. Eh, satu hari setelahnya ternyata kamu menstruasi. Baru deh, kamu sadar kalau itu adalah gejala PMS atau Pre-Menstrual Syndrome. Padahal bisa aja kamu udah marah-marah dan bikin sakit hati orang-orang di sekitarmu lho. Duh, pasti bikin kamu awkward dan nggak nyaman deh! Nah, supaya kondisi itu nggak terus kamu alami, coba lakukan hal-hal di bawah ini yuk!

  • Menghitung periode menstruasimu supaya tau kapan PMS datang

Caranya, tandai tanggal di kalender setiap kali hari pertama menstruasimu datang, lalu hitung mundur sekitar 10 hari sebelumnya dan tandai lagi. Nah, waktu yang kamu tandai itulah kemungkinan tubuhmu akan merasakan gejala PMS, seperti emosi yang nggak stabil dan rasa kurang nyaman.

  • Tidur yang cukup

Di usia remaja, tubuhmu perlu waktu tidur yang lebih lama daripada orang dewasa atau anak-anak, yaitu minimal delapan jam di malam hari. Tidur ini bisa menjaga kesehatan mentalmu supaya tetap seimbang. Selain itu, tidur juga bisa membuat emosimu lebih stabil dan nggak bereaksi secara berlebihan terhadap kadar hormon yang naik turun menjelang menstruasi. So, kalau lagi PMS jangan tidur terlalu malam ya, apalagi kalau besoknya kamu harus bangun pagi untuk sekolah.

  • Jangan sampai stres

Stres adalah hal yang dialami tubuhmu saat ada sesuatu yang harus kamu jalani dalam waktu bersamaan seperti belajar di kelas, mengerjakan tugas sekolah di rumah, dan aktivitas ekskul pas weekend. Hal itu bisa bikin tubuh dan pikiranmu jadi stres lho, Girls! Tapi, sebenarnya kondisi itu bisa kamu atasi kalau kamu menjalankannya dengan tenang. Coba deh, luangkan waktu sebentar untuk menenangkan diri di sela kegiatanmu dengan cara berolahraga, mendengarkan musik atau mandi air hangat dengan aromaterapi.

Hal yang harus kamu ingat adalah gejala PMS ini bisa aja nggak kamu rasakan di tanggal yang udah kamu tandai. Maksudnya, kamu baik-baik aja dan masih bisa mengendalikan emosimu. Jadi, pastikan aja untuk selalu peka sama perubahan yang terjadi pada dirimu beberapa hari menjelang menstruasi. So, kamu bisa tetap merasa happy dan nggak bakal awkward sama orang-orang di sekitarmu, Girls!

Share artikel ini ke teman-temanmu yuk, supaya mereka tetap bisa happy menjelang menstruasinya!

Related Articles
First Timer
20 Sep 2019

Menstruasi Bisa Bikin Happy kok!

Menstruasi mungkin jadi waktu yang bikin nggak happy buat cewek. Bukan cuma karena sering merasakan ...
First Timer
23 Sep 2022

Darah Menstruasi Menggumpal, Berbahayakah?

Sama seperti warna darah menstruasi, konsistensi atau tekstur darah menstruasi kamu juga bisa berbed...
First Timer
04 Sep 2019

Siklus Menstruasi Nggak Teratur? Atasi Pakai 4 Cara Ini!

Girls, kamu harus tau nih, kalau menstruasi yang nggak teratur di usia remaja adalah hal yang normal...