ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Salah Pilih Pembalut? Waspada Iritasi!

Salah Pilih Pembalut? Waspada Iritasi!

22 Dec 2022

Salah Pilih Pembalut? Waspada Iritasi!

Girls, tahukah kamu kalau asal memilih pembalut bisa membuatmu gak nyaman saat beraktivitas, bocor, dan bahkan bisa menyebabkan iritasi di area kewanitaan? Nah, supaya kamu gak mengalaminya, yuk cari tahu apa saja risiko saat salah memilih pembalut dan juga bagaimana caranya memilih pembalut yang tepat untukmu!

Penyebab Iritasi Akibat Salah Pilih Pembalut

Iritasi pada area kewanitaan yang terjadi akibat pembalut bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:

  • Bahan pada permukaan pembalut

Permukaan pembalut yang kurang halus akan meningkatkan risiko iritasi akibat gesekan yang terjadi selama beraktivitas. Apalagi permukaan pembalut adalah area yang langsung bersentuhan dengan vagina dan kulit di sekitarnya, sehingga sangat rentan menimbulkan iritasi jika permukaannya tidak extra lembut.

Baca Juga: Cara Tepat Memakai Pembalut

  • Bahan penyerap

Berbagai merek pembalut mungkin menggunakan teknologi berbeda untuk mendukung daya serapnya agar darah menstruasi tidak bocor. Pembalut yang digunakan harus memiliki daya serap cepat dan maksimal agar permukaan pembalut tetap kering dan tidak lembap, sehingga tidak menimbulkan iritasi. Terutama ketika menstruasi sedang deras-derasnnya.

Ketika area kewanitaan mengalami iritasi akibat salah  memilih pembalut, maka akan menunjukkan beberapa gejala seperti:

  • Gatal
  • Munculnya sensasi panas
  • Ruam kulit
  • Pembengkakan
  • Keputihan

Mengatasi dan Mencegah Iritasi Akibat Pembalut

Apabila kamu merasakan gejala-gejala iritasi pembalut, maka cobalah untuk memilih pembalut yang aman untuk kulit sensitif. Sebab mungkin saja, pembalut yang kamu gunakan kurang sesuai dengan kulitmu. Selain itu, karena area kewanitaan merupakan bagian yang sensitif, kamu disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. Terutama jika gejala yang dirasakan sudah cukup parah.

Jika masalah iritasi ini sudah berhasil sembuh, maka selanjutnya kamu bisa berusaha mencegah iritasi akibat pembalut dengan beberapa cara berikut ini:

  • Mengganti pembalut secara rutin

Meskipun pembalut memiliki daya serap yang tinggi, tetapi tetap saja ada batasannya. Kamu disarankan untuk mengganti pembalut setiap 4 jam sekali agar bisa terbebas dari lembap yang bisa menyebabkan munculnya iritasi. Selain itu, mengganti pembalut secara rutin juga bisa membuatmu bebas bocor saat darah menstruasi sedang deras-derasnya.

Baca Juga: Pembalut, Cuci Dulu atau Langsung Buang, Ya?

  • Memasang pembalut secara tepat

Pastikan pembalut terpasang secara benar karena jika tidak, bisa berisiko menimbulkan iritasi. Misalnya ketika ada bagian pembalut yang terlipat dapat menimbulkan iritasi akibat terjadinya gesekan antara kulit dengan pembalut.

  • Menjaga kebersihan area kewanitaan

Setiap kali mengganti pembalut, pastikan kamu mencuci bersih area kewanitaan. Kamu bisa menggunakan air bersih dan membersihkannya secara lembut. Selain itu, jangan lupa untuk mengeringkan area kewanitaanmu agar tidak lembap dan menimbulkan iritasi.

  • Memilih pembalut yang tepat

Pastikan memilih pembalut yang aman untuk kulit sensitif seperti Laurier Healthy Skin. Laurier Healthy Skin telah teruji klinis mencegah lembap dan mencegah iritasi sehingga aman untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Dengan 3D Pori bergelombang, membuat permukaan pembalut tidak sepenuhnya bersentuhan dengan area kewanitaan sehingga meningkatkan 80% sirkulasi udara. Selain itu permukaannya yang extra lembut, nyaman di kulit.

Dengan menggunakan Laurier Healthy Skin dan tidak lupa untuk menggantinya secara rutin terutama saat hari deras, kamu bisa selalu beraktivitas dengan nyaman tanpa takut lembap maupun iritasi lagi.

Related Articles

First Timer
03 Dec 2019

PMS-ku Terlalu Cepat atau Lambat ya?

Girls, PMS atau gejala-gejala sebelum menstruasi yang kamu alami memang relatif banyak jenisnya lho!...
First Timer
11 Aug 2022

Menstruasi Tidak Teratur, Normalkah? Kapan Harus ke Dokter?

Momen menarche atau menstruasi pertama setiap anak perempuan itu berbeda-beda. Kalau menurut penelit...
First Timer
04 Dec 2019

Tanggal Berapa ya, Menstruasiku?

Girls, para ahli kesehatan udah menyarankan semua cewek supaya mereka memantau masa menstruasinya. H...