‘Sahabat’ Cewek Pas Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

‘Sahabat’ Cewek Pas Menstruasi

‘Sahabat’ Cewek Pas Menstruasi

10 Sep 2019

‘Sahabat’ Cewek Pas Menstruasi

Saat menstruasi, para cewek pasti butuh benda yang bisa menyerap darah menstruasi yang keluar. Benar kan, Girls? Pembalut adalah benda yang bisa menyerap darah menstruasi, dan berbentuk mirip lembaran. Sekarang ini para cewek umumnya memakai pembalut sekali pakai. Tapi ternyata ada lho, pembalut jenis lain yang bisa kamu pakai saat menstruasi. Dalam sejarahnya, pembalut ada dua jenis, yaitu:

  1. Pembalut yang bisa dipakai berulang kali

Jenis pembalut ini umumnya terbuat dari kain. Setiap selesai dipakai, pembalut ini bisa dicuci, dikeringkan, lalu dipakai lagi. Pemakaian pembalut ini dibantu dengan adanya tali khusus atau kancing ke celana dalam. Pembalut yang satu ini harus benar-benar kamu rawat secara tepat supaya selalu steril saat akan kamu pakai kalau lagi menstruasi. Memang sih, perlu usaha yang lebih, tapi itu kembali lagi sama pilihan masing-masing kok, Girls.

  1. Pembalut sekali pakai

Ini adalah jenis pembalut yang umum di Indonesia. Jenis pembalut ini dipakai di luar tubuh, yaitu dengan cara menempelkan bagian perekatnya di sisi dalam underwear-mu. Pembalut ini dibuat dari bahan yang bisa menyerap cairan dan dilengkapi dengan sayap (wings), sehingga pembalut lebih erat menempel dan nggak gampang bergeser. Selain praktis, pembalut sekali pakai ini juga membuat cewek yang lagi menstruasi tetap bisa beraktivitas tanpa rasa cemas. Setelah dipakai, pembalut ini tinggal dikemas rapi dan dibuang ke tempat sampah. Hal terakhir yang perlu kamu tau adalah pembalut ini dikemas secara steril, sehingga bisa langsung dipakai kapanpun kamu butuhkan. Sama sekali nggak ribet kan, Girls?

Selain pembalut, ada juga yang namanya pantyliner. Pasti kamu pernah dengar kan? Pantyliner ini sekilas mirip pembalut, tapi ukurannya jauh lebih kecil dan tipis. Biasanya dipakai untuk menjaga daerah kewanitaanmu supaya nggak lembap dan tetap bersih. Walaupun kecil, pantyliner ini punya manfaat yang besar untuk kamu lho! Ada tiga macam pantyliner yang bisa kamu pakai, yaitu untuk dipakai sehari-hari, saat cairan lagi banyak ataupun menjelang dan sesudah menstruasi.

Pantyliner dibuat dari bahan yang hampir sama dengan pembalut, yaitu lembut dan bisa menyerap cairan. Menjelang menstruasi, pantyliner bisa kamu andalkan kalau tiba-tiba keluar darah menstruasi. Jadi kamu nggak ribet bolak-balik ke toilet untuk mengecek udah menstruasi atau belum, Girls. Kalau udah selesai menstruasi, pantyliner juga masih kamu butuhkan untuk menampung bercak-bercak darah yang mungkin masih keluar. Jadi, kamu nggak perlu pakai pembalut yang tebal dan underwear-mu bakal tetap bersih!

Sekarang kamu tau kan, ‘sahabat’ saat menstruasi itu bukan cuma pembalut aja? Karena ada juga pantyliner yang bentuknya lebih tipis dari pembalut yang bisa mengatasi cairan vagina atau flek-flek di hari terakhir menstruasimu. So, jangan lupa untuk masukkan dua benda tersebut ke dalam emergency kit-mu ya, Girls!

Jangan lupa share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka tau tentang info ini!

Related Articles

First Timer
30 Mar 2022

Ini Alasan Muncul Keputihan Terutama Menjelang Menstruasi

Ada banyak tanda yang menandakan bahwa siklus menstruasi segera datang, mulai dari nyeri pada bagian...
First Timer
27 Nov 2019

Warna Kecokelatan Setelah Menstruasi, Apa tuh?

Biasanya setelah kamu selesai menstruasi, kamu akan berpikiran nggak perlu pakai pembalut lagi, iya ...
First Timer
11 Dec 2019

Cowok Tahu Kamu lagi Menstruasi? Pede Aja!

Saat menstruasi kamu pernah salah tingkah nggak, Girls, karena takut kalau teman cowok tahu? Kalau i...