Ramuan Alami Pereda Kembung
ask dr laurier

Ramuan Alami Pereda Kembung

Ramuan Alami Pereda Kembung

27 Sep 2019

Ramuan Alami Pereda Kembung

Kamu sering merasakan kembung menjelang menstruasi nggak, Girls? Biasanya kembung akan terjadi karena adanya pengumpulan gas dan cairan di rongga perut sebagai akibat dari reaksi sistem pencernaan terhadap peningkatan kadar hormon reproduksi di dalam tubuhmu. Akhirnya, kamu jadi merasa nggak nyaman karena kembung ini deh, Girls. Eits, tapi tenang aja! Kamu bisa atasi kembung menjelang menstruasimu pakai bahan-bahan alami di bawah ini lho!

  • Jahe

Jahe adalah rimpang atau jenis akar yang dikenal sebagai bumbu dapur dan bahan jamu. Jahe diketahui bagus banget untuk meredakan gangguan di sistem pencernaanmu dengan cara merangsang produksi enzim yang bisa mendorong gas keluar dari saluran pencernaan. Cara bikinnya juga gampang kok. Ambillah jahe sebesar ruas ibu jari, parut sampai halus, masukkan ke dalam gelas, seduh dengan dua gelas air panas, dan tambahkan madu dan perasan air jeruk. Voila! Minuman sehat dan enak udah siap kamu minum deh!

  • Chamomile

Jenis bunga ini bisa dikonsumsi dalam bentuk teh celup siap seduh. Teh chamomile biasanya diminum saat malam hari karena bisa meredakan ketegangan otot-otot tubuhmu. Tapi, chamomile juga bisa merangsang enzim pencernaan yang bisa mendorong gas dalam perutmu keluar. So, kalau kamu sering mengalami kembung, pastikan kamu punya stok teh celup chamomile di rumah ya, Girls.

  • Pekak

Pekak yang bentuknya seperti bintang diketahui memiliki kandungan anti-spasmodic, yaitu unsur yang bisa meredakan kekejangan usus akibat pengumpulan gas di saluran pencernaan. Caranya, seduh pekak dengan air panas sampai sarinya keluar, lalu tambahkan madu, susu atau coklat supaya lebih enak untuk kamu minum.

Gimana, Girls? Meredakan kembung menjelang menstruasi ternyata gampang kan? Selain gampang, kamu juga bisa mengolah bahan-bahan alami di atas menjadi minuman yang enak. So, jangan lupa untuk mencobanya di rumah ya, Girls! Karena kalau kembungmu hilang, aktivitasmu juga jadi nggak terganggu deh!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka bisa meredakan kembung menjelang menstruasinya!

Related Articles
First Timer
07 Oct 2019

Tangan Bersih Selama Menstruasi

Girls, kamu sadar nggak sih, kalau kuman pemicu infeksi pasti selalu ada di sekitarmu lho! Walaupun ...
First Timer
27 Nov 2019

Masa Subur Itu Apa sih?

Girls, kamu tau nggak, sebenarnya ada makna lain dibalik masa pubermu? Setelah kamu mengalami peruba...
First Timer
24 Sep 2019

Tembus?! Nggak Usah Panik!

Di usia remaja, saat hormon reproduksi di dalam tubuh belum seimbang, biasanya volume darah menstrua...