ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Rambut Rontok saat Menstruasi, Wajar Gak Sih?

Rambut Rontok saat Menstruasi, Wajar Gak Sih?

10 Jul 2024

Rambut Rontok saat Menstruasi, Wajar Gak Sih?

4. Gaya Rambut

Siapa yang suka mengubah-ubah gaya rambut? Nah, jika kamu hobi mewarnai, mengeriting, atau meluruskan rambut, maka bisa meningkatkan risiko rambut rontok. Tidak hanya gaya rambut yang melibatkan bahan kimia atau proses pemanasan saja, ternyata sering menguncir rambut juga bisa meningkatkan risiko rambut rontok, lho.

5. Perubahan Hormon

Hormon dalam tubuh memiliki beragam fungsi penting dan ketika terjadi perubahan pada kadar hormon dapat menyebabkan beragam masalah, termasuk kerontokan rambut. Salah satunya ketika terjadi peningkatan pada hormon androgen yang menyebabkan folikel mengeras, sehingga menghambat masuknya nutrisi dan rambut menjadi rontok.

Benarkah Rambut Semakin Rontok saat Menstruasi?

Bagaimana dengan masalah rambut yang terasa semakin rontok saat menstruasi? Apakah hal tersebut memang benar?

Ternyata rambut yang semakin rontok selama menstruasi memang bisa terjadi dan hal yang wajar. Penyebabnya ada dua, yaitu:

1. Perubahan hormon. Pada saat menstruasi, terjadi penurunan kadar estrogen dalam tubuh. Inilah yang menyebabkan kerontokan rambut lebih banyak terjadi saat menstruasi. Selain itu, juga terjadi peningkatan hormon androgen yang membuat kemungkinan rambut rontok semakin besar.

2. Anemia. Anemia adalah kekurangan sel darah merah dalam tubuh, sementara di dalam sel darah merah terdapat hemoglobin yang merupakan protein untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, termasuk folikel rambut. Jika jumlahnya berkurang, maka kebutuhan oksigen folikel tidak akan cukup dan menyebabkan kerontokan rambut terjadi.

Potensi terjadinya kerontokan rambut saat menstruasi bisa semakin meningkat jika kamu mengalami menorrhagia, yaitu keluarnya darah dalam jumlah berlebihan saat menstruasi. Sebab, dengan banyaknya darah yang keluar maka tubuh bisa mengalami anemia yang menyebabkan kerontokan rambut terjadi.

Baca juga: Penyebab Menorrhagia Itu Apa sih?

Jika saat ini kamu mengalami masalah kerontokan rambut saat menstruasi dan masih khawatir dengan kondisi ini, kamu juga bisa kok melakukan konsultasi pada dokter. Kamu juga bisa bertanya ke Ask dr. Laurier seputar gangguan reproduksi lain, masalah kesuburan, siklus menstruasi, keputihan menjelang haid, kesehatan organ reproduksi, kehamilan, dan lainnya. Semua pertanyaan kamu akan dijawab oleh dokter obgyn yang sudah berpengalaman.

Related Articles

First Timer
12 Sep 2019

Ganti Pembalut Tiap Habis BAK Itu Wajib Nggak sih?

Walaupun udah sering mengalami menstruasi, kamu pasti masih suka merasa nggak nyaman kan, Girls? Hal...
First Timer
16 Sep 2019

Underwear Nyaman, Menstruasi Jadi Aman

Sama halnya seperti pilihan warna dan model, jenis underwear yang kamu pakai pas menstuasi juga terg...
First Timer
01 Oct 2019

Apa Aja sih, yang Terjadi Saat Puber?

Girls, coba deh, kamu bandingkan foto dirimu empat tahun yang lalu sama sekarang, kamu pasti bisa me...