Rahasia Si ‘Masa Subur’
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Rahasia Si ‘Masa Subur’

Rahasia Si ‘Masa Subur’

14 Aug 2019

Rahasia Si ‘Masa Subur’

Girls, siklus menstruasi yang dialami perempuan sebenarnya proses yang sangat hebat lho! Kenapa? Karena siklus menstruasi bisa menentukan masa subur setiap perempuan. Tapi kamu tau nggak sih, masa subur itu apa? Masa subur adalah masa tersedianya sel telur yang siap dibuahi supaya bisa terjadi kehamilan. Mungkin di antara kamu masih ada yang belum terlalu paham tentang masa subur atau malah masih percaya sama mitos-mitos yang beredar. Nah, di bawah ini ada beberapa mitos yang harus kamu tau kebenarannya, Girls. Kira-kira apa aja ya?

  • Siklus menstruasi cuma bisa dipahami sama ahli kesehatan

Ungkapan yang satu ini nggak benar, Girls. Setiap perempuan bisa banget kok, memahami siklus menstruasinya. Caranya gampang, kamu tinggal mempelajari siklus dan kebiasaan menstruasimu, serta perubahan tubuhmu setiap bulannya supaya kamu mengerti siklus menstruasi dan kondisi dirimu sendiri, Girls.

  • Stres bisa menyebabkan nggak subur

Stres dan kesuburan memang berhubungan. Tapi bukan berarti stres bisa secara langsung memengaruhi atau menghambat kesuburan. Stres memang bisa memperlambat proses ovulasi karena pengaruh hormonal. Tapi kalau hubungan seks yang rutin dilakukan pada masa subur nggak juga menunjukkan hasil, maka kondisi inilah yang berpotensi menimbulkan stres. Usaha yang terlalu keras untuk merencanakan kehamilan, sering menyebabkan aktivitas seksual jadi nggak menyenangkan dan bisa memicu stres.

  • Kesuburan adalah masalah perempuan

Faktanya, potensi laki-laki dan perempuan yang nggak subur memiliki presentasi yang hampir sama, yaitu sekitar 40% terjadi pada perempuan, 40% pada laki-laki, dan 20% lagi pada pasangan suami-istri.

  • Perempuan nggak bakal punya sel telur lagi kalau udah menopause

Perempuan terlahir dengan jumlah telur yang banyak banget lho, Girls! Sekitar 300 - 500 sel telur atau bahkan lebih. Saat menopause, tubuh perempuan memang berhenti merespon hormon yang menyebabkan ovulasi. Tapi, sel telur masih tetap berada di dalam tubuh walaupun udah nggak bisa bereproduksi lagi.

  • Siklus normal menstruasi adalah 28 hari

Ingat, Girls, patokan 28 hari itu nggak berlaku untuk semua perempuan! Tapi, kebanyakan perempuan meyakini kalau siklus menstruasi yang normal adalah selama 28 hari. Padahal siklus normal menstruasi perempuan itu sekitar 21 - 35 hari, dan setiap perempuan punya siklus menstruasi yang beda-beda. Pada beberapa perempuan bahkan ada yang siklus menstruasinya sampai 45 hari.

  • Perempuan subur sepanjang waktu

Perempuan itu sebenarnya nggak subur selama beberapa hari saat mengalami ovulasi. Faktanya, sel telur dalam kondisi yang baik cuma 12 - 24 jam setelah dilepaskan dari ovarium. Maka, dalam satu fase perempuan bisa dibilang sangat subur selama 24 jam (satu hari). Setelah sel telur dibuang, maka diperlukan sel telur baru untuk dibuahi. Sedangkan, kalau laki-laki memang selalu subur sepanjang waktu, Girls.

Wah, ternyata nggak semua info tentang kesuburan itu benar lho, Girls! Buktinya, beberapa info di atas ada yang cuma mitos kan? Kalau kamu membaca atau mendengar hal-hal tentang kesuburan dan siklus menstruasi, lebih baik cari tau dulu dari sumber terpercaya ya, supaya kamu nggak salah membedakan mana mitos dan faktanya!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka nggak gampang percaya sama mitos tentang masa subur!

Related Articles

First Timer
20 Sep 2019

Darahnya Sedikit, Harus Diganti Nggak ya?

Di hari-hari terakhir menstruasi, saat darah yang keluarnya cuma sedikit biasanya bikin rasa cemas d...
First Timer
16 Dec 2020

Sudah Benarkah Caraku Membersihkan Vagina Saat Menstruasi?

Membersihkan vagina adalah bagian dari usaha menjaga kesehatan reproduksi yang perlu kamu lakukan, t...
First Timer
20 Jun 2019

Selamat Datang Masa Remaja!

Girls, coba deh, kamu iseng bolak-balik lagi album fotomu. Lihat foto-foto pas kamu masih kecil samp...